Persiapkan Karirmu di Tahun 2023

Persaingan mencari lapangan pekerjaan seakan terasa semakin sulit setelah lulus pada tahun-tahun ini, namun di seluruh dunia sebenarnya permintaan untuk lulusan dengan kualifikasi pendidikan tinggi sedang banyak sekali dicari. Sudahkah ada bekal yang cukup untuk kaliah memasuki dunia kerja dengan persaingan yang lebih ketat?

Yuk, simak sedikit tips untuk kamu dalam upaya memperisiapkan diri dalam menyusun jalan karir di tahun baru yang sebentar lagi akan segera tiba!

  1. Persiapkan atau Pelajari keahlian baru
    Ikuti kursus yang memberikan bekal pelatihan mengenai skill atau bahasa internasional yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini, guna menunjang pengetahuan dan skill kamu untuk melamar kerja.
     
  2. Perbaharui CV dan LinkedIn
    Jangan lupa untuk memperbaharui informasi yang terdapat didalam CV mengenai info pribadi (jika ada perubahan terkait no. HP, email ataupun alamat tinggal), info pendidikan atau pekerjaan terakhir dan jika ada, tambahkan kursus atau part-time yang sedang kamu jalani saat ini.
     
  3. Melamar pekerjaan di Website Karir sesuai dengan kualifikasi
    Masukan lamaran kamu pada lowongan pekerjaan yang seuai dengan kriteria, keahlian serta kesesuaian pengalaman atau kemampuan dirimu, semakin sesuai kriteria pekerjaan yang kamu lamar dengan dirimu maka peluang untuk di Interview akan semakib besar.
     
  4. Latihan Interview
    Kamu bisa melatih diri untuk berbicara didepan cermin sendirian, ataupun boleh meminta bantuan orangtua dan teman. Siapkan list pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan pada saat sesi interview bersama perusahaan (Misalnya mengenai Profile perusahaan, Kekurangan dan Kelebihan diri kamu). Latih diri kamu bagaimana cara menjawab agar tidak terlihat tergesa-gesa, tidak terlalu cepat atau lambat, suara terdengar tegas dan informasi yang diberikan dapat diterima dengan baik.
     
  5. Mencari pendapatan tambahan
    Terakhir untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa memanfaatkan beberapa platform media sosial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya bisa berjualan live di Tiktok, Instagram ataupun Facebook.

Kira-kira bagaimana? Sudah siap untuk menyambut peluang karir yang baru di tahun 2023?

Disusun oleh : Zia, S. Psi, M. Psi, Psikolog – Binus Career.
28 November 2022