Kenali Value Perusahaan VS Value Diri

Mendapatkan lingkungan kerja dan perusahaan yang nyaman menjadi harapan dari para pencari kerja. Loyalitas tidak selalu linier dengan besarnya nominal gaji yang didapat. Besarnya gaji juga bukan jaminan kita akan lebih bersemangat dan bahagia menjalani pekerjaannya.

Tahukah kamu hal fundamental yang menjadi akar dasar untuk memperkokoh proses pertumbuhan dan perkembangan sebuah perusahaan dan juga diri kita? Coba simak penjelasan di bawah ini ya.

Perusahaan didirikan pasti memiliki tujuan, begitu juga diri kita mencari pekerjaan dan berkarir pasti memiliki tujuan. Apapun tujuan tersebut, itu akan terangkum pada Visi dan Misi. Kekuatan untuk mencapai visi misi perusahaan adalah corporate value. Value merupakan nilai-nilai yang menjadi landasan perilaku dan motivasi karyawan serta persepsi karyawan mengenai perusahaan. Value merupakan kode moral dan etika yang menjadi penentu apa yang sebaiknya  dilakukan  oleh perusahaan dan menunjang tercapainya visi misi perusahaan. Corporate value tidak akan terlaksana tanpa keselarasan dengan value diri para karyawannya. Oleh karena itu, dalam proses recruitment sebuah perusahaan pasti tidak hanya memilih dan memilah kandidat berdasarkan administrasi dan kemampuan teknis tetapi juga melihat apakah value dirinya selaras dengan value perusahaan. Kalaupun belum selaras, apakah karakter orang tersebut dapat menerima value perusahaan.

Salah satu tips yang perlu kamu persiapkan diri melamar kerja adalah menyadari value-value diri dan juga mencari tahu value perusahaan yang akan kamu lamar.  Value diri merupakan nilai-nilai kehidupan yang kita yakini memberikan energi positif bagi tubuh kita, dan menggerakkan melakukan hal-hal yang membahagiakan hati. Ketika hati bahagia, produktifitaspun secara otomatis akan meningkat besar. Itu lah sebabnya perusahaan akan lebih memilih kandidat yang memiliki value selaras dengan value perusahaan.

Mengenal value diri akan membuat diri kita lebih terfokus pada melakukan hal-hal yang penting. Dengan value, semua hal yang kita kerjakan menjadi bernilai dan memunculkan energi yang besar. Kesesuaian value perusahaan dengan value diri juga menjadi salah satu sumber kenyamanan yang dapat meningkatkan loyalitas. Hal ini dikarena value menjadi dasar acuan untuk dapat jalan bersama untuk waktu yang lama. Biasanya ketika ada ketidak selarasan value diri dengan value perusahaan dimana kita bekerja, maka kita akan merasakan kesulitan untuk menyatu. Sebab value merupakan akar dari proses pertumbuhan dan pengembangan diri dan juga perusahaan.  

Dari sekarang coba sadari dan temukan value dirimu ya. Nilai-nilai apa sajakan yang menjadi prinsip hidupmu, yang menjadi acuan bertindak. Contohnya seperti Integritas, Bermanfaat, menyukai Inovasi, Kreatifitas, Konsistensi, dan lain-lain. Pastikan hal itu bukan hanya sekedar tulisan ataupun hafalan melainkan sesuatu yang dihayati dan sebagai cerminan diri di kehidupan sehari-hari.

Created by.
Ajeng Diah Hartawati