Tips Optimalkan LinkedIn

Kemajuan teknologi mempermudah banyak hal termasuk dalam proses recruitment dan mencari kerja. LinkedIn merupakan platform jaringan professional terbesar di dunia di internet. LinkedIn salah satu platform yang dapat digunakan untuk menghubungkan dan memperkuat hubungan professional. LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk menampilkan diri sehingga menjadi jalan untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar di dunia kerja. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting agar profilmu lebih mudah di-notice dan menarik HR.

  1. Menggunakan Nama Asli dan Foto Profil yang Menarik
    Karena platform ini bersifat professional, maka gunakanlah nama lengkap tampa tambahan yang aneh-aneh. Begitu juga dengan penampilan foto, pilihlah yang menunjukkan atau menampilkan keprofesionalan dirimu, tetapi tidak harus foto yang kaku seperti pass foto atau foto KTP ya. Kamu bisa menggunakan pakaian formal atau rapih dengan pose yang tidak berlebihan. Kamu meminta pendapat atau pandangan orang lain sebagai bahan pertimbangan dalam memilih foto. Hal ini penting untuk diperhatikan karena foto bisa memberikan kesan pertama bagi yang melihatmu.
  1. Menggunakan copy writing dalam ‘menjual diri’ untuk mengisi Headline & Summary profil
    Headline adalah deskripsi yang ada di bawah foto dan nama, sehingga akan langsung dibaca pertama kali. Bagian ini hanya bisa menggunakan 120 karakter, maka masukkan kalimat singkat tapi mencuri perhatian. Bisa kamu tuliskan spesialisasimu, benefit yang bisa kamu berikan, dan kredibilitas. Contoh : “Digital Merketing Specialist | Efficiency & Efectiveness Focus”. Setelah itu tambahkan Summary dirimu pada bagian About. Bagian ini disediakan 2000 karakter untuk mendeskripsikan dirimu dengan lebih panjang. Kamu bisa menceritakan bidang keahlianmu, lama pengalaman, sertifikasi, penghargaan, dan atau nilai-nilai atau filosofi kerjamu. Contoh :
  1. Detailkan Pengalaman yang kamu punya
    Pengalaman ini bisa mencakup pengalaman kerja, organisasi, voluntary, project, dan aktivitas lainnya yang kamu rasa relevan untuk ditampilkan. Perlu diperhatikan untuk mengurutkan pengalamanmu berdasarkan yang terbaru di atas. Meskipun detil, tetapi buatlah 1 paragraf yang berisikan 2 hingga 3 klimat pendek tetapi tetap merangkum pengalamanmu. Kemudian cantumkan jobdesk beserta impact atau hasil dari kegiatan atau pekerjaanmu tersebut. Tuliskan dalam kata-kata, angka atau persentase, atau metrik yang mudah dipahami. Contoh :
  1. Menambah Jumlah Koneksi
    Manfaat dari LinkedIn adalah memperluas koneksi, oleh karena itu gunakanlah fitur ini. Kamu boleh dan bisa menambahkan koneksi dengan HR tempat kerja impianmu, orang-orang yang kamu idolakan, dan juga orang-orang yang berada di bidang-bisang yang serupa denganmu atau yang kamu inginkan untuk berkolaborasi. Jika akun orang tersebut tidak membuka koneksi kamu bisa klik tombol “follow”. Biasanya pengguna LinkedIn akan membagi-bagikan materi-materi sesuai isi pikiran, bidang, dan keahlian mereka. Jadi jangan membatasi dirimu hanya terkoneksi dengan orang yang memang sudah kenal saja ya.
  1. Meminta Rekan Kerja atau Kolegamu mengisi kolom Rekomendasi
    Kolom ini menjadi wadah untuk menampilkan penilaian oranglain mengenai dirimu. Sehingga fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menambahkan kepercayaan orang lain mengenai kredibilitas kerjamu maupun karakter pribadimu. Ada link bertuliskan “ask for recommendation” yang bisa kamu klik dari orang-orang yang kamu pilih. Setelah itu kamu tinggal menunggu feedback dari mereka. Contohnya nanti akan tampil seperti ini :

 

  1. Cantumkan Skill yang Relevan dan Skill-Endorsement
    Bagian ini merupakan tempat dimana kamu bisa secara bebas menuliskan berbagai kemampuan yang kamu miliki. Baik itu hard-skill maupun soft-skill, bersifat spesifik ataupun unik. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tidak harus mencantumkan semua kebolehan diri yang kamu miliki. Cantumkanlah yang relevan dengan bidangmu, yang mendukung pertumbuhan karirmu, dan yang dibutuhkan oleh bidang usaha atau pekerjaanmu. Dengan begitu kamu akan terlihat menarik karena memiliki sesuatu yang menjadi keuntungan bila bekerja bersama dirimu. Selanjutnya, untuk membuat daftar skillmu makin terpercaya, kamu bisa menambahkan skill endorsement juga. Skill endorsement bisa didapatkan dari koneksimu di LinkedIn. Kamu bisa mengajak barter koneksimu atau meminta tolong kepada mereka untuk memberikanmu endorsement. Caranya minta mereka untuk klik tombol “endorsement” pada skill yang ada di list-mu seperti ini gambar di bawah ini.

    Jika sudah mendapatkan endorsement maka tampilan pada halamanmu akan menjadi seperti ini :

 

  1. Aktif dan Mengunggah secara rutin
    Dikarenakan platform ini juga termasuk social media, maka kamu bisa aktif bersosialisasi dengan cara memberikan komentar yang bermakna pada unggahan teman, bergabung pada sebuah grup dan berinteraksi didalamnya, berbagi pikiran dengan membuat postingan yang bermanfaat.

Referensi :
https://www.linkedin.com/help/linkedin/answer/a548441/apa-itu-linkedin-dan-bagaimana-cara-menggunakannya-?lang=in
https://spesolution.com/blog/7-cara-optimasi-profil-linkedin-agar-auto-dilirik-hrd
https://www.hipwee.com/sukses/optimasi-linkedin/

Ditulis Oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog