Self-Awareness Untuk Memperbaiki Diri dan Memperbaiki Hidup

Ketika berada dalam suatu masalah, kita seringkali bersikap tidak terima dan menyalahkan orang lain karena tidak mau menyalahkan diri sendiri. Padahal jika kita mencoba memahami diri sendiri, akan menjadi langkah yang baik dalam membangun kesadaran diri.

Self-awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan individu untuk bisa mengidentifikasi dan memahami dirinya secara utuh, baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran dan cara adaptasi dengan lingkungan.

Kenapa sih self-awareness menjadi hal yang penting dalam kehidupan kita. Dengan adanya self-awareness membuat individu bisa mengenali berbagai potensi dalam dirinya baik kekuatan, kelemahan hingga kepribadian. Olehkarena itu dapat dimanfaatkan dan dievaluasi sebagai langkah peningkatan kualitas diri. Selain itu, individu yang memahami dirinya sendiri akan cenderung tidak mudah tersinggung atau sakit hati ketika diberikan kritik dan saran dari orang lain. Karena individu tersebut sadar bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki dan bisa menyaring segala masukan yang membangun. Fokusnya lebih ke arah perbaikan diri dan membuatnya ingin terus belajar. Ia akan lebih terbuka sehingga bisa memperluas pola pikirnya. Dengan self-awareness kita menjadi lebih percaya diri dalam situasi dan kondisi apapun serta membangun komunikasi efektif dengan orang lain. Individu yang memiliki kesadaran diri selalu mampu memikirkan terlebih dahulu kata-kata apa yang harusnya diungkapkan dan diatur terlebih dahulu sebelum diucapkan.

Berikut cara membangun self-awareness yang bisa kamu lakukan:

  1. Menerapkan pola pikir yang sehat
    Menerapkan pola pikir yang sehat dengan lebih peka terhadap apa yang dilakukan bukan hanya sekadar melakukan akan membantu kita dalam mengerti keadaan dan kondisi di sekitar kita.
  1. Mempercayai kemampuan diri sendiri
    Kita mempercayai kemampuan diri sendiri akan meningkatkan kemampuan kita dalam bersikap lebih berani untuk mengungkapkan keyakinan sebagai upaya untuk memperlihatkan eksistensi/keberadaan kita. Dengan begini, kamu dapat membuat keputusan yang tetap meskipun kamu sedang berada di kondisi yang tidak pasti.
  1. Evaluasi diri sendiri
    Melakukan evaluasi diri akan menemukan kekuatan dan kelemahan dalam dirimu sehingga kamu bisa memperbaiki apa yang kurang dan meningkatkan apa yang ada dalam dirimu.
  1. Meluangkan waktu untuk merenung
    Dengan meluangkan waktu sejenak untuk merenung, kamu bisa melakukan introspeksi diri dan mengelola emosi yang sedang kamu rasakan sehingga akan lebih tenang dan menghilangkan stress serta akan membuat kita lebih fokus pada tujuan hidup.
  1. Mengendalikan emosi
    Dengan kontrol emosi ini, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui makna dari emosi yang kamu rasakan. Kamu juga akan mengetahui penyebab emosi itu muncul, hubungan antara emosi yang sedang dirasakan dengan apa yang dipikirkan sehingga kamu bisa mengontrol pengaruh emosi terhadap kinerja atau semangat diri.

Meskipun bukan hal yang mudah untuk melakukannya, namun jangan ragu untuk mencoba ya. Dengan kita memiliki self-awareness akan berpengaruh positif pada diri kita dan lingkungan jika kita bisa mengendalikannya dengan baik.

Referensi:
Diaz, A. 2022. Baik untuk Kesehatan Mental, Inilah 5 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Memahami Diri Sendiri. https://www.beautynesia.id/life/baik-untuk-kesehatan-mental-inilah-5-cara-meningkatkan-self-awareness-untuk-memahami-diri-sendiri/b-244865 diakses pada tanggal 28 Juli 2022
Dinata, W. 2022. Pentingnya Membangun Self-Awareness Demi Hidup Lebih Baik. https://goodside.id/article/pentingnya-membangun-self-awareness-ubglc diakses pada tanggal 28 Juli 2022
Rahmawati, D. 2020. Pentingnya Self-Awareness untuk Kesehatan Mental. https://www.sehatq.com/artikel/cara-efektif-membangun-self-awareness-atau-kesadaran-diri#cara-membangun-self-awareness diakses pada tanggal 28 Juli 2022

Disusun oleh Ira Setyawati, S.Psi., M.A.