Working Over Time Worth or Not

Bekerja itu baik karena membuat individu tetap aktif dan cerdas, tetapi bekerja lembur sama sekali tidak sepadan. Memang bekerja overtime mungkin kamu akan lebih banyak dapat bayaran, tapi apa asyiknya memiliki jumlah yang hanya mengakibatkan kesehatanmu memburuk. Kamu perlu mengecek apakah layak untuk bekerja lembur?

Kapan bekerja lembur layak dilakukan? Bekerja lembur mungkin sepadan jika kamu bisa menjawab YA pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Apakah kamu menggunakan uang ekstra yang kamu peroleh dengan sengaja?
    Ketika kita pertama kali mendapatkan uang ekstra biasanya cenderung memancing kita untuk berbelanja. Tapi jangan kalap ya. Dengan uang ekstra itu, kamu bisa mulai melunasi hutang ataupun buat simpanan/investasi kamu. Disengaja adalah melihat sebagai peluang.
  1. Apakah kamu menyisihkan sebagian uang yang kamu hasilkan untuk tujuanmu?
    Tujuan ini untuk menjadi penyemangat ketika kita memutuskan untuk lembur sehingga bisa menginspirasi kita. Tujuan tidak selalu berarti finansial, tapi juga bisa sebagai hal yang ingin kamu lakukan/sesuatu yang penting.
  1. Apakah kamu masih bisa meluangkan waktu untuk memprioritaskan kebutuhanmu sendiri seperti tidur dan keluarga?
    Keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Orang seringkali bertanya bagaimana caranya. Namun, saat ini lah kita perlu belajar prioritas. Dengan melakukan prioritas, kita bisa memilih hal yang ingin kita lakukan terlebih dahulu dan sembari melanjutkan aktivitas kita.

Nah, sekarang bandingkanlah dengan situasi kamu? Apakah bekerja lembur adalah hal yang sepadan untuk kamu lakukan sekarang?

Referensi :
Lent, A. 2021. Is Working Overtime Worth It? It Depends! https://www.clevergirlfinance.com/blog/is-working-overtime-worth-it/ diakses pada tanggal 28 Juni 2022
Reddy, K. 2022. Working Overtime: Is it Really Worthy or Too Much? https://content.wisestep.com/working-overtime-really-worthy-much/ diakses pada tanggal 28 Juni 2022

Disusun oleh Ira Setyawati, S.Psi., M.A.