Networking Membuka Keberuntungan Lebih Luas

Networking adalah salah satu skill penting yang dapat menunjang karier. Walaupun sangat penting, masih banyak orang belum tahu cara melakukan networking. Kata networking berasal dari kata network yang artinya jaringan. Artinya, networking adalah membangun jaringan. Jaringan yang dimaksud di sini adalah menjalin hubungan sosial. Seseorang yang mampu mengembangkan networking-nya, akan memiliki banyak teman atau kenalan dengan latar belakang yang berbeda. Jika kamu mampu menjaga hubungan yang baik satu sama lain, yakinlah akan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Dalam dunia kerja ada istilah business networking. Hal ini merupakan proses bertemu orang lain, bertukar informasi, dan menjalin hubungan profesional yang bermanfaat.

Mengapa networking penting untuk karier? Sebab Networking dapat memberikan keberuntungan yang lebih luas. Berikut ini gambaran keberuntungan yang dimaksudkan :

  1. Mendapat lebih banyak Kesempatan karier
    Dengan personal branding yang baik, circle relasi akan memandang kamu dengan citra positif. Saat mengetahui informasi lowongan, mereka dapat merekomendasikan kamu.
  1. Memperluas Wawasan dan Informasi
    Saat kamu membutuhkan informasi tertentu, kamu bisa mendapatkan dari jaringan relasi. Contohnya kamu sedang mencari staf keuangan untuk perusahaan. Kamu meminta rekomendasi dari relasi yang bekerja di firma keuangan.
  1. Menemukan Peluang bisnis
    Saat membangun hubungan, kamu dapat bertukar ide. Dari sini dapat muncul gagasan untuk mengembangkan bisnis yang baru bersama relasi tersebut.
  1. Keterampilan Interpersonal Semakin Berkembang
    Kamu akan belajar menempatkan diri karena terbiasa berada di lingkungan yang berbeda. Kamu paham cara berbicara dengan orang yang lebih tua, lebih senior, termasuk yang lebih junior.
  1. Meningkatkan personal branding
    Dengan keterampilan interpersonal yang baik secara otomatis personal branding kamu di mata orang lain akan semakin positif. Kredibilitasmu semakin meningkat oleh orang lain. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih percaya diri.

Nah setelah mengetahui manfaatnya jadi tertarik kan mulai nyicil networking dari sekarang. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mendapatkan network :

  1. Berkenalan dengan orang-orang saat menghadiri events
  2. Menjalin komunikasi dengan baik
  3. Bertuka kartu nama dan social media
  4. Percaya diri
  5. Menawarkan bantuan
  6. Mengikuti berbagai komunitas dan organisasi
  7. Membentuk kelompok networking sendiri

Created by.
Ajeng Diah Hartawati