Seberapa Penting Bagusnya IPK Kuliah

Nilai IPK atau “Indeks Prestasi Kumulatif” merupakan hasil penilaian kuantitatif dari hasil pembelajaran di perkuliahan. IPK adalah nilai ata-rata dari keseluruhan nilai dari semua mata kuliah yang diambil. Sehingga IPK seringkali digunakan sebagai salah satu kriteria dan pengkategorisasian hasil belajar dan akhirnya sebagai salah satu penentu apakah termasuk dalam kategori lulus atau tidak.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, IPK selanjutnya menjadi salah satu lampiran dan bahan seleksi dalam berbagai kondisi. Seperti saat penyaringan penerima beasiswa, sekolah lanjut pada universitas tertentu, dan juga recruitment di dunia kerja. Berikut ini beberapa keuntungan jika memiliki IPK perkuliahan yang bagus :

  1. Berpeluang mendapatkan beasiswa
  2. Berpeluang menjadi asisten dosen
  3. Berpeluang lebih mudah untuk melanjutkan studi
  4. Bisa memenuhi kriteria seleksi kerja tahap administrasi yang menyertakan kriteria IPK
  5. Menunjukkan Kapabilitas Intelektual
  6. Membanggakan Orang Tua

Meskipun begitu, IPK bisa juga disebut “Penting Gak Penting”. Maksudnya IPK juga tidak bisa dijadikan sebagai jaminan kesuksesan dan menjadi tolak ukur paten bagi kemampuan seseorang. Pada realitanya di kehidupan diluar kampus, ada banyak hal juga yang dilihat, dinilai, dan dijadikan tolak ukur yaitu pengalaman-pengalaman dan kemampuan-kemampuan. Seperti diantaranya :

  1. Pengalaman Berorganisasi
  2. Pengalaman Kerja / Internship / Asistensi
  3. Pendidikan non formal seperti training, workshop, atau certification course
  4. Technical Skills, seperti management skills, kemampuan mengoperasikan aplikasi atau alat atau sistem yang sesuai bidang atau jurusan yang kamu ambil, kemampuan menulis, dll.
  5. Soft Skills seperti Kemampuan komunikasi, adaptasi, berfikir kreatif, inovatif, leadership, dll.

Nah, daripada memikirkan dan hanya fokus pada mengejar IPK bagus dengan menjadi kupu-kupu (kulih pulang, kuliah pulang) sebaiknya luangkanlah waktu untuk melakukan kegiatan lain yang bisa menambah pengalaman dan kemampuan kamu ya. IPK yang bagus ditambah dengan adanya portfolio dan daftar pengalaman-pengalaman dan kemampuan-kemampuan yang ditampilkan akan menjadi perpaduan yang luar biasa. Hal ini dapat memperbesar kesempatanmu mendapatkan pekerjaan, lolos seleksi sekolah lanjut, atau diterima di perusahaan-perusahaan yang bonafit.

Created by.
Ajeng Diah Hartawati