Sadari Aktivitasmu agar Berarti dan Bermakna

Seringkali apa-apa yang kita jalani terasa berlalu begitu saja. Rasanya baru kemarin mulai perkuliahan, eh sudah akan ujian akhir semester saja. Rasanya baru kemarin menyandang gelar mahasiswa baru, eh sudah semester 5 dan harus mulai menempuh program enrichment. Rasanya masih belum mendalami dan paham mengenai jurusan yang diambil eh tahu-tahu sudah harus membuat skripsi, mau wisuda, dan memasuki dunia kerja.

Nah, sadar gak sih kalau sebenarnya perasaan seperti itu adalah tanda ketidak siapan kita untuk memasuki setiap babak kehidupan baru. Kenapa tidak siap? Karena kita kurang menikmati, mengamati, menghayati, memaknai, dan menemukan arti dari setiap hal yang kita temui dan kita lakukan. Kita terlalu fokus pada hal-hal bahagia yang “ingin dicapai”. Kita kemudian menjadi tidak menyukai ketidaknyamanan, permasalahan yang datang, dan buru-buru ingin melewatinya, menyelesaikan, ataupun pergi menghindarinya. Padahal ketika hal itu terus dilakukan maka kita tidak memahami fungsi dan esensi dari setiap tahap yang kita lalui dan hadapi.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya setiap peristiwa yang masuk di dalam hidup kita selalu memberi arti dan makna. Setiap langkah dan setiap pergerakan sekecil apapun sangatlah berarti dan bermakna bagi apa yang ingin kita capai. Akan tetapi, seringnya kita terburu-buru menjalaninya dan berfikir bahwa bahagia dan sukses adalah “jika” sudah mencapai apa yang dituju. Padahal kita perlu menyadari bahwa setiap kondisi merupakan sebuah tahapan yang harus disadari fungsinya. Kita bisa berbahagia tanpa perlu menunggu mendapatkan apa yang kita inginkan, kita tidak perlu membenci ketika menemui halingan dan rintangan, kita tidak harus berupaya menjauhkan diri dari kegagalan. Sebab, kita bisa merasakan sukses dan bahagia setiap berhasil menemukan arti dan makna dari yang terjadi dalam perjalanan sebuah proses.

Dalam setiap proses dan apapun yang kita jalani dapat meningkatkan kesadaran diri untuk memahami apa yang ada dalam diri kita. Hal ini juga seringkali disebut sebagai self-awareness. Self-awareness berguna dalam meningkatkan pengetahuan tentang diri. Semakin kita mengetahui tentang kebenaran diri kita, maka akan semakin mudah diri kita melampaui berbagai persoalan dan mengoptimalkan berbagai potensi yang ada dalam diri.

Meningkatkan self-awareness dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pengembangan diri kita. Self-awareness yang baik membuat mudah refleksi diri, menggali pengalaman, mengendalikan emosi, mengamati dengan seksama sehingga kita dapat memahami situasi sosial dan juga orang lain. Hal ini kemudian secara tidak langsung juga menjadi meningkatkan kemampuan kita dalam bersikap dan merespon. Artinya, kita dapat mengendalikan diri dan tidak gegabah. Berikut ini manfaat selanjutnya dari adanya kesadaran diri atau self-awareness dalam hidup :

  1. Tetap Tenang Menghadapai Masa Kritis
  2. Mindfulness
  3. Kerja Lebih Cerdas
  4. Membantu Meningkatkan Relasi
  5. Kesehatan Terjaga

Created by.
Ajeng Diah Hartawati