Cara Menghilangkan Rasa Takut dan Malu saat Presentasi

Melakukan presentasi merupakan hal yang tidak bisa di hindari bagi seorang mahasiswa. Hampir Sebagian besar tugas mashasiswa akan bersinggungan dengan kewajiban untuk persentasi. Sebenarnya masa kuliah 4 tahun dapat menjadi tempat dan waktu yang cukup untuk meningkatkan kemampuan presentasi sebelum memasuki dunia kerja. Akan tetapi, presentasi seringkali menjadi momok yang menakutkan dan banyak mahasiswa terjebak di dalamnya karena tidak juga berhasil menghilangkan rasa takut dan malu untuk presentasi.

Jika kamu menginginkan kemampuan menghilangkan rasa takut dan malu saat presentasi, pahamilah dan coba lakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Bertemanlah dengan rasa takut
    Tahukah kamu bahwa sebenarnya rasa takut ada pada semua manusia. Yang membedakan adalah memaknai rasa takut dan bagaimana merespon ketika rasa takut datang. Oleh karena itu mulailah dengan mengubah sudut pandangmu, lihatlah presentasi bukan sebagai hal yang menakutkan tapi tantangan yang bisa ditaklukan. Malu adalah mekanisme otomatis yang mengaktifkan mode pasif, diam, atau mundur ketika berhadapan dengan sesuatu yang memunculkan rasa takut. Pilihlah mode aktif, yaitu tetap bergerak dan maju. Sebab sampai kapanpun kamu pasti akan selalu bertemu, harus menghadapi, dan melalui rasa takut itu. Berfikirlah bahwa rasa takut itu hadir sebagai seorang teman yang memberi tahukanmu bahwa kamu harus belajar dan melatih diri pada bagian itu.
  1. Temukan Caramu menenangkan Diri
    Rasa takut dan malu akan membuat tubuh kita memunculkan respon-respon tertentu. Cobalah kamu amati yang terjadi pada tubuhmu ketika rasa itu datang menghampiri. Sebab, setiap orang bisa jadi berbeda-beda. Ada yang merasakan kaki tangan menjadi lemas, ada yang keringatan, ada yang jantung berdegub kencang, ada yang gemetaran, ada yang sakit perut, ada yang kebelet pipis, bahkan ada juga yang sesak nafas. Nah, jika kamu sudah menyadarinya, coba cari cara untuk meredakan respon tubuhmu tersebut. Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini :
  • Senam ringan seperti stretching, menggerak-gerakkan kaki, tangan, leher, pinggang
  • Senam wajah A I U E O
  • Mengatur nafas dengan menarik nafas yang dalam dan menghembuskan perlahan
  • Mengobrol dengan orang sekitar agar merasa nyaman
  • Mencari tempat sepi untuk mengafirmasi diri dengan kata-kata positif seperti
  • Berdoa

Selain tips-tips itu kamu juga bisa menemukan cara lainnya ya.. jadi temukan cara yang kamu rasa pas buatmu dan bisa meredakan respon tubuh yang mengganggu ketika rasa takut dan malu itu mendatangi.

  1. Mempersiapkan Diri
    Menemukan cara menenangkan diri merupakan persiapan mental. Sebelum memulai persentasi ataupun tampil kamu juga perlu untuk mempersiapkan diri secara teknis. Hal ini mencakup materi dan peralatan yang dapat menunjang presentasimu. Jangan mengejar kesempurnaan, sebab jika kamu mengejar kesempurnaan maka kamu tidak akan menemui titik ujungnya, dan itu bisa membuatmu selalu tidak siap. Mempersiapkan diri juga bisa berupa mempersiapkan waktu. Contohnya adalah datang sebelum waktu presentasi dimulai. Waktu ini bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan diri dengan ruangan dan juga memastika peralatan yang akan kamu gunakan telah siap dan dapat berfungsi dengan baik.
  1. Latih dirimu
    Beberapa tips yang kamu baca di atas akan percuma jika tidak benar-benar kamu lakukan dan coba ya. Kunci dari kemampuan menghilangkan rasa takut dan malu saat presentasi adalah terus melatih dirimu, hingga kamu akhirnya menyadari rasanya berteman dengan rasa takut dan malu, menemukan cara menenangkan diri, dan mempersiapkan diri.
    Kemampuan ini merupakan salah satu soft-skills yang perlu untuk kamu latih secara terus menerus. Sebab seorang public speaker sekalipun tetap kerap dihampiri oleh rasa takut karena berbagai situasi.

Created by:
Ajeng Diah Hartawati