Cara Healing tapi Tetap Produktif

Berdasarkan Cambridge Dictionary, Healing adalah proses pemulihan untuk menjadi baik kembali setelah mengalami luka. Dalam konteks emosi, healing merupakan proses menghadapi stuasi sulit atau emosi yang menyakitkan agar berakhir atau membaik. Berdasarkan KBBI, Produktif adalah bersifat mempu menghasilkan, lebih menekankan pada hasil atau manfaat dari suatu kegiatan.

Healing dapat menjadi produktif jika kamu memahami bahwa dalam proses healing sebenarnya  menjadi proses menghasilkan energi dan hormone-hormon yang berperan dalam memuculkan rasa cinta, kasih sayang, bahagia, dan pengoptimalan kerja fisik dan otak.

Pada umumnya orang awam memaknai healing sebagai sekedar jalan-jalan dan liburan. Padahal Healing tidak hanya mengenai hal tersebut.

Cara Healing yang membuat kamu tetap dalam konteks produktif adalah dengan melakukan aktifitas singkat yang membuatmu merasa senang atau bahagia, meningkatkan well-beingmu, merasa lebih berharga, menjadi lebih berani, meningkatkan kualitas dirimu, atau menghasilkan sesuatu.

Berikut ini beberapa ide yang dapat kamu lakukan sebagai media healing tapi tetap produktif :

  1. Stretching atau melakukan gerakan olah raga ringan
  2. Senyum lebar depan cermin selam kurang lebih 3 menit
  3. Tarik nafas yang dalam dan hembuskan secara perlahan
  4. Berdiskusi tantang ide-ide gila bersama teman
  5. Berbagi, Bersedekah, Berderma, Memberi bantuan pada orang lain
  6. Memuji orang lain
  7. Membaca Buku
  8. Menulis, membuat tulisan (puisi, free writing, membuat quotes)
  9. Merajut
  10. Menggambar, melukis
  11. Bermain music, membuat lagu
  12. Merapihkan dan Bersih-bersih ruangan (menyapu, mengepel, lap debu)

Nah sekarang terlihatkan bahwa healing juga bisa menjadi produktif. Tidak perlu menunggu waktu libur, mengumpulkan uang, dan atau pergi jauh untuk healing kan..

Created by.
Ajeng Diah Hartawati