Aktivitas Penting Di Samping Perkuliahan

Dari berbagai survey menunjukkan bahwa saat ini sarjana begitu melimpah tetapi perusahaan sulit dapat tenaga kerja. Setelah ditelusuri, dari industry menceritakan banyaknya pelamar yang ternyata tidak memenuhi kompetensi. Selain perusahaan, sebenarnya saat ini dunia juga butuh orang-orang yang memiliki kompetensi. Sebab lulus perguruan tinggi tidak menjadi jaminan untuk dapat langsung mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Seringkali para lulusan sarjana pada akhirnya dituntut untuk beradaptasi dengan kondisi dan keadaan yaitu bekerja pada posisi yang tidak linier dengan jurusannya atau bahkan memulai untuk mrintis usaha sendiri. Banyak lulusan perguruan tinggi yang kaget dengan kondisi seperti ini dan kemudian mengalami krisis dalam diri.

Agar kamu tidak menjadi bagian dari lulusan yang kaget dengan kehidupan nyata setelah lulus kuliah, ada baiknya kamu mulai untuk melakukan beberapa aktivitas di samping menjalani kewajiban perkuliahanmu.  Aktivitas-aktivitas ini antara lain :

  1. Berorganisasi
    Aktivitas berorganisasi ini bisa kamu sesuaikan dengan minat kamu ya. Kamu bisa menemukan berbagai organisasi yang ada di dalam kampus maupun luar kampus. Kamu bisa berperan sebagai anggota saja atau pengurus. Apapun posisimu dalam organisasi tersebut, pastikan kamu berperan aktif pada kegiatan maupun aktivitas yang ada. Sebab tujuan dari berorganisasi bukan hanya sebagai status melainkan menjali prose belajar didalamnya seperti berkomunikasi, team work, negosiasi, dll.
  1. Mencari Pengalaman Kerja / Internship / Asistensi
    Ada penelitian yang menunjukkan bahwa 58% perusahaan memasukkan pengalaman kerja sebagai kualifikasi paling popular, dan 48 & lainnya menjadikan pengalaman kerja sebagai faktor kedua terpopuler. Pengalaman bekerja tidak selalu harus menjadi pekerja fulltime loh. Ada macam-macam kegiatan yang bisa termasuk dalam kategori pengalaman kerja/magang/asistensi  yaitu : Kerja paruh waktu (part-time), Freelancer, Asisten dosen, Asisten praktikum.
  1. Pendidikan non Formal
    Pendidikan non-formal yang dimaksudkan disini dapat berupa Seminar, Training, Workshop, dan Certification Course. Pendidikan non-formal ini biasanya bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kemampuan diri yang merupakan technical skill maupun soft skills. Dijaman kemajuan teknologi dan informasi seperti saat ini mempermudah proses belajar dari manapun dengan siapapun. Banyak platform yang menyediakan program pembelajaran tematik dan juga ada yang sistematik.
  1. Menjalani Hobi
    Disela kesibukan dan rutinitas keseharian belajar dan bekerja sempatkanlah untuk melakukan hobimu. Apakah itu melukis, olahraga, traveling, memotret, menulis, membaca buku, mengurus hewan peliharaan, berkebun, hiking, diving, dll. Menajalani hobi dapat membantu meningkatkan hormone serotonin, yaitu hormone kebahagiaan. Hormon ini sangat berperan dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Selain itu hormone ini juga ikut berperan membantu fungsi memori, mengatur nafsu makan, fungsi pencernaan, dan juga siklus tidur. Artinya dengan menjalani hobi, kamu bisa lebih mengoptimalkan fungsi otak, menyehatkan fisik dan juga mental.
  1. Meningkatkan Self-Awareness
    Self-Awareness adalah kesadaran diri untuk mampu memahami perasaan, pikiran, serta mengevaluasi diri. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mengenal dan memahami kekuatan, kelemahan, dorongan, hingga nilai-nilai yang ada dalam diri sendiri maupun orang lain. Seseorang dengan self-awareness yang baik dapat memahami situasi sosial dan lebih mudah melakukan refleksi dan empati. Contohnya, daripada hanya nongkrong duduk-duduk, membicarakan, dan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat, cobalah untuk mengajak teman-temanmu melakukan kegiatan amal. Dimulai dari kecil-kecil dulu yang penting terlaksana. Contoh lainnya, daripada sibuk dengan HP, cobalah untuk mengamati orang-orang disekitar lalu refleksikan kepada dirimu.

Nah, Aktivitas-aktivitas yang disebutkan diatas bisa sesuaikan dengan waktu, energi, kenyamananmu, serta tujuanmu. Jalankan kewajibanmu di perkuliahan dan jangan lupa keep happy ya…

Created by.
Ajeng Diah Hartawati