Alasan Pegawai Betah Bekerja

Banyak tim HR yang mengeluhkan susahnya mendapat talent karyawan yang bagus dan cocok bagi perusahaannya. Banyak yang menduga bahwa karyawan suka berpindah-pindah dan mendapatkan opportunity yang lebih baik. Seringkali dianggap tidak loyal. Atau lebih dikenal denga istilah kutu loncat. Pasalnya banyak yang menyebutkan bahwa factor gaji menjadi hal Utama untuk menentukan karyawan tersebut betah atau tidak di perusahaan. Padahal banyak factor yang menjadi penentu.

Qerja.com membuat list apa sajakan yang membuat karyawan betah di perusahaan:

1. Gaji
Gaji menjadi pertimbangan pertama bagi karyawan untuk betah di tempat kerja. Tapi ingatlah bahwa gaji bukan satu-satunya factor.

2. Kekeluargaan
Suasana kantor yang kekeluargaan biasanya membuat karyawan merasa kantor adalah rumah kedua. Sehingga tali persaudaraan antar karyawan menjadi lebih rekat dan berbagai aktivitas suka diadakan.

3. Lingkungan
Lingkungan kerja yang nyaman memperkuat karyawan betah bekerja. Ketika merasa lingkungan kerja yang nyaman, mendukungnya untuk memiliki performa yang bagus.

4. Tunjangan
Tunjangan yang diperoleh selain gaji, juga merupakan hal yang menarik bagi karyawan. Setiap perusahaan memberikan tunjangan yang berbeda pada masing-masing posisi.

5. Fasilitas
Tak berbeda denga tunjangan. Fasilitas juga termasuk hal yang menarik untuk dipertimbangkan bagi karyawan untuk betah.

6. Boss
Hubungan yang baik denga boss akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan nyaman, sehingga membuat kita akan lebih bersemangat untuk bekerja.

7. Jenjang Karir
Jenjang karir di perusahaan perlu menjadi pertimbangan untuk memutuskan stay or leave. Apabila di perusahan tersebut dirasa sudah tidak ada jenjang karir selama 3 tahun mendatang, lebih baik kita bersiap-siap untuk mencari pekerjaan yang baru.

8. Bonus
Tidak semua perusahaan memberikan bonus pada karyawannya. Hanya saja bonus bisa menjadi pertimbangan bagi kita. Ada tidaknya bonus bagi karyawan. Ataupun jumlah besarannya.

9. Waktu
Quality of work life sangatlah penting bagi karyawan. Kita perlu mempertimbangkan waktu kerja yang proporsional untuk tetap stay di perusahaan.

10. Kesempatan belajar
Adanya kesempatan belajar seluas-luasnya yang diberikan oleh perusahaan menjadi pertimbangan penting untuk kita tetap berkembang bersama perusahaan. Kesempatan ini seringkali susah didapatkan oleh karyawan, olehkarena itu kita sebagai karyawan perlu mengecek kesempatan ini.

 

Disusun oleh Ira Setyawati

Sumber dari:

Teowira, S. (2016). Infografik: 10 Alasan Pegawai Betah Bekerja. Retrieved from https://www.qerja.com/journal/view/644-infografik-10-alasan-pegawai-betah-bekerja