Penyebab Karyawan Resign

Belum lama ini Glints Indonesia menemukan bahwa ada penyebab karyawan Indonesia resign pada 1500 karyawan dengan rentang umur 23 – 33 tahun (Glints Indonesia, 2022), yaitu:

  1. Tidak berkembang (30%)
    Alasan utama karyawan memilih resign adalah tidak berkembang. Selama bekerja, kita berharap akan berkembang dari sisi skills dan kepribadian seiring dengan perkembangan perusahaan. Jika kamu sudah merasa bahwa tidak ada hal yang bisa dikembangkan lagi, maka sudah saatnya kamu mulai mencari pekerjaan yang baru.
  2. Gaji (26,7%)
    Alasan utama kedua adalah gaji. Hal ini menjadi salah satu faktor penguat untuk resign. Bertambahnya kebutuhan keluarga seringkali membuat kita mencari-cari kesempatan baru untuk melamar pekerjaan yang baru denga gaji yang lebih tinggi. Walaupun begitu, kita harus menyadari bahwa dengan gaji yang meningkat akan seiring dengan tanggung jawab yang lebih besar pula.
  3. Toxic Working place (20%)
    Lingkungan kerja seringkali menjadi salah satu alasan kita keluar mencari pekerjaan yang baru. Lingkungan yang “toxic” memberikan kesulitan bagi kita untuk beradaptasi dengan baik dan memberi energi negative pada diri kita saat bekerja sehingga kita tidak bisa menampilkan kinerja yang optimal. Contoh lingkungan yang toxic seperti: manajemen atau atasan tidak memperlakukan kita dengan baik, aturan tidak jelas, kurangnya transparan, tidak mendapatkan hak sebagai karyawan.
  4. Tidak ada jenjang karir (7,3%)
    Tidak ada jenjang karir menjadi salah satu penguat untuk resign. Tentu saja kita berharap dalam bekerja ada rangkaian pengalaman kerja yang kita bangun dan akan mendekati tujuan akhir. Idealnya, perjalanan dalam karir akan meningkat dari satu posisi ke posisi lainnya yang lebih tinggi. Apabila tidak ada kari
  5. Ingin beralih karir (6%)
    Peralihan Karir juga menjadi salah satu penyebab karyawan ingin resign. Dimana karyawan tersebut merasa stag dengan karirnya, tidak merasa akan ada perubahan jenjang karirnya membuat dirinya untuk berpikir beralih karir. Selain itu, apabila kita merasa bahwa karir yang telah kita jalani selama ini bukanlah karir yang kita inginkan, kita cenderung ingin mencari tahu apa yang memang menjadi passion kita dan mencoba karir yang baru.

Kelima penyebab yang telah disebutkan diatas menjadi salah satu penguat karyawan untuk resign. Hanya saja kita perlu memikirkan segala resiko dan tantangan yang akan kita hadapi sebelum kita resign. Dan sebaiknya perlu untuk mempersiapkan diri tidak hanya secara finansial tapi juga secara mental, denga begitu kita tidak akan merasa menyesal di kemudian hari. Apabila ada kesulitan saat bekerja, jangan buru-buru untuk meninggalkan pekerjaan kita ya.

Semangat terus ya Binusian.!!

Sumber dari: https://www.instagram.com/p/CaWgxkElGpQ/

Oleh: Ira Setyawati, S.Psi., M.A. (Student Career Development – Internship Center)