Cara Jitu Pengingat Materi Kuliah

Belajar dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tidak ada batasan untuk kita  terus belajar, baik didalam kelas maupun belajar dari lingkungan pekerjaan, karena tujuannya ialah untuk menambah pengetahuan kita mengenai segala hal yang hendak ingin kita pahami. Nah, gimana jika kita sudah belajar dengan baik namun kita masih belum bisa mengingat hal yang kita pelajari dengan baik ? berikut strategi yang dapat kamu lakukan agar dapat mengingat pelajaran dengan baik.

  • Paksakan diri untuk terus mengingat kembali
    Salah satu cara untuk terus mengingat mengenai pelajaran yang telah kita dapatkan adalah dengan sering melakukan  Recalling atau mengingat kembali semua hal yang telah kita pelajari, karena dengan selalu mengingat ketika kita membutuhkan informasi yang diperlukan akan lebih mudah kita dapatkan. 
  • Membuat catatan kecil
    Dengan mencatat hal – hal yang dianggap penting dapat membantu kita untuk terus dapat mengingat kembali apa yang telah kita pelajari, seperti yang kita ketahui ingatan manusia sangatlah terbatas apabila sering diberi informasi terus menerus. Oleh karenanya membuat catatan yang kita anggap penting perlu dilakukan, baik menuliskannya di buku catatan, handphone, komputer, sticky note, dsb. 
  • Menganggap pelajaran yang telah dipelajari itu penting
    Dengan menganggap penting baik itu pelajaran ataupun pekerjaan yang kita lakukan akan membuat kita melakukan usaha lebih dalam mempelajari dan mengerjakannya, sehingga usaha kita dalam memahaminya juga lebih besar lagi. 
  • Menghubungkan hal baru yang telah dipelajari dengan yang sudah dipelajari sebelumnya
    Setelah kita melakukan strategi – strategi yang di sebutkan tadi, untuk mengingat kembali apa yang kita pelajari adalah mengasosiasikan hal yang baru saja kita pelajari dengan hal yang sebelumnya. 
  • Merefleksikan diri dari apa yang telah di pelajari
    Merefleksikan pelajaran dan pengalaman yang yang kita dapatkan untuk meningkatkan kemampuan diri yang lebih baik lagi.  

Nah, demikian strategi-strategi yang dapat kamu lakukan agar dapat terus mengingat apa yang telah kamu pelajari, sehingga jika kamu membutuhkan informasi dapat kamu ketahui dengan mudah.

 

Disusun oleh Dian Wahyuni