Cara Menjawab Ketika Diminta Untuk Menceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview

Proses interview adalah cara seorang recruiter untuk dapat menemukan informasi yang berguna untuk proses seleksi bagi calon karyawan. Tidak jarang recruiter akan menanyakan “coba ceritakan tentang diri anda?” Pertanyaan tersebut tidak hanya iseng ditanyakan lho. Melainkan juga cara recruiter untuk menilai apakah pelamar ini betul-betul memahami tentang dirinya dan value yang mereka miliki. Mungkin pertanyaan itu sekilas terlihat seperti mudah untuk dijawab. Namun pada kenyataannya pertanyaan ini cukup tricky dan perlu persiapan dan perhatian untuk merangkai jawabannya. Berikut adalah tips untuk cara menjawab apabila kamu mendapatkan pertanyaan tersebut :

  1. Buka dengan penjelasan di masa sekarang
    Buka atau awali dengan hal yang saat ini sedang kamu focus lakukan. Apabila kamu seorang fresh graduate sampaikan bahwa kamu adalah lulusan baru, jurusan apa, dan dari univertias apa. Dan apabila kamu sudah pernah bekerja kamu bisa jelaskan kantor dan tanggung jawab yang pernah kamu lakukan.
  1. Ceritakan pengalaman alur mundur (past)
    Setelah membuka dengan apa yang menjadi fokusmu sekarang tambahkanlah apa pengalaman yang sebelumnya telah kamu miliki. Misalnya bagi seorang lulusan baru sampaikanlah apa yang dulu saat masih aktif berkuliah kamu lakukan, contoh mengikuti penelitian, organisasi, ataupun kepanitiaan. Jelaskan juga apa kontribusimu pada pengalaman sebelumnya.
  1. Sampaikan pencapaian yang pernah dimiliki
    Apabila dipengalaman sebelumnya kamu pernah memiliki pencapaian yang menarik maka sampaikanlah, misalnya kamu pernah memenangkan lomba atau telah mencapai target tertentu. Ceritakan caramu secara singkat untuk mencapai goal tersebut agar recruiter mempunyai gambaran bagaimana kamu meraihnya. Dalam hal ini kamu bisa menyampaikan dengan metode STAR.
  1. Perhatikan tatanan bahasa dan gaya penyampaian
    Bagaimana caramu untuk menyampaikan kalimat-kalimat diatas juga harus diasah lho. Pastikan kamu menyampaikan inti dari jawaban, tidak berputar-putar dan mudah dipahami. Jelaskan jawaban secara singkat, padat, namun tetap menarik untuk didengar. Selain itu, kamu bisa menggunakan bahasa yang tidak terlalu rumit dan bawalah kesan yang lebih friendly.
  1. Jangan menghafal jawaban
    Meskipun dari awal kamu sudah mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut jangan sampai terpaku pada hafalan. Hal tersebut akan membuat kurang natural dan kaku. Karena jawaban yang kamu sampaikan pada dasarnya adalah pengalamanmu, kamu bisa menceritakan secara story telling tentang apa yang sudah pernah kamu lakukan sebelumnya. Hindari pula membaca ulang kalimat yang telah tertera di CV.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, harapannya kamu lebih percaya diri dan sistematis dalam menceritakan diri sendiri. Ingatlah untuk tetap jujur, positif, dan fokus pada kualifikasi yang membuatmu menjadi pilihan yang tepat untuk posisi tersebut. Selamat berlatih!

Referensi :
https://www.binaracademy.com/blog/contoh-jawaban-ceritakan-mengenai-diri-anda

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog