Lakukan ini jika dapat undangan kerja

Mendapatkan undangan interview kerja merupakan sebuah pencapaian yang membahagiakan. Ini menunjukkan bahwa kualifikasi kamu menarik perhatian perusahaan dan kamu selangkah lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Namun, masih ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan diri dan memastikan kamu memberi kesan terbaik pada saat interview.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan setelah menerima undangan interview kerja:

  1. Ucapkan terima kasih dan konfirmasi kehadiran
    Kirimkan email ucapan terima kasih dan konfirmasi kehadiran kepada pewawancara, kamu juga bisa mengirimkan pertanyaan terkait apakah ada ketentuan untuk pakaian yang akan kamu gunakan saat interview di perusahaan.
  2. Pahami Posisi dan Perusahaan
    Sebelum melakukan persiapan interview, penting untuk memahami secara detail posisi yang kamu lamar dan perusahaan yang kamu masuki. Pelajari tentang deskripsi pekerjaan, visi, misi, budaya  perusahaan, dan nilai-nilai perusahan. Semakin kamu memahami posisi dan perusahaan yang kamu lammar, semakin siap kamu untuk menjawab pertanyaan dan tunjukkanlah antusiasme kamu.
  3. Pelajari Pertanyaan Interview Umum
    Ada beberapa pertanyaan yang umum diajukan oleh HR, seperti “ceritakan tentang diri kamu” atau “apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?”. Lakukan riset dan persiapkan jawaban kamu untuk pertanyaan-pertanyaan ini. Jawaban yang terstruktur dan jelas akan menunjukkan bahwa kamu telah melakukan persiapan dan memiliki pemahaman yang baik.
  4. Siapkan Pertanyaan untuk Pewawancara
    Interview bukan hanya tentang kamu menjawab pertanyaan, tetapi juga harus bisa menunjukkan antusiasme dan minat kamu terhadap perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Siapkan pertanyaan untuk pewawancara tentang peran, budaya perusahaan, dan juga jenjang karir di perusahaan tersebut.
  5. Latihan Interview
    Lakukan latihan interview dengan teman ataupun keluarga. Latihan ini bisa membantu kamu untuk lebih percaya diri, mengasah kemampuan komunikasi, dan memastikan jawaban kamu terstruktur dengan baik. Berlatihlah menjawab berbagai jenis pertanyaan, termasuk pertanyaan yang tidak terduga.
  6. Persiapkan Diri Secara Fisik dan Mental
    Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan makan makanan yang sehat. Gunakan pakaian yang rapi dan profesional  sesuai dengan budaya perusahaan, pastikan tiba di tempat interview tepat waktu atau lebih awal. Tunjukkan sikap positif, antusias, dan sopan kepada semua orang yang kamu temui.
  7. Tindak Lanjut Setelah Interview
    Kirim email ucapan terima kasih kepada pewawancara setelah interview. Hal ini menunjukkan rasa terima kasih kamu atas waktu dan pertimbangan mereka.

Mendapatkan undangan interview kerja adalah kesempatan emas untuk menunjukkan kemampuan dan antusiasme kamu. Dengan melakukan persiapan yang matang, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Referensi:
Rahayu, I. R. S., & Ika, A. (2022). Dapat Undangan online interview? Yuk Simak Tips interview Kerja Ini. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2022/02/04/055005426/dapat-undangan-online-interview-yuk-simak-tips-interview-kerja-ini?page=all
Hidayati, K. F. (2023). 6 cara follow up interview Kerja + Contoh Email & WhatsApp-Nya. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/follow-up-interview-kerja/ Maulana, S. (2023). Lakukan 4 Hal Ini Jika Kamu Mendapatkan Undangan Interview, HRD Auto Suka!. Ayo Jakarta.com. https://www.ayojakarta.com/khazanah/7611526683/lakukan-4-hal-ini-jika-kamu-mendapatkan-undangan-interview-hrd-auto-suka

Penulis: Ardhia Indah Cahyani