Daftar Pertanyaan Jebakan Interview Kerja

Interview kerja merupakan salah satu tahap penting dalam proses rekrutmen kerja dan ini juga merupakan gerbang menuju karir yang kita impikan. Nantinya, pelamar akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan dari pewawancara untuk menilai kemampuan dan kesesuaiannya dengan posisi yang dilamar. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah pertanyaan jebakan. Pertanyaan jebakan ini dirancang untuk menguji kemampuan kita dalam berpikir kritis, berkomunikasi, dan menyelesaikan masalah. Pewawancara juga ingin melihat bagaimana kita bereaksi dalam situasi yang tidak terduga dan bagaimana kita mempresentasikan diri kita.

Berikut adalah beberapa daftar pertanyaan jebakan interview kerja dan cara menjawabnya :

  1. “Ceritakan tentang kelemahan anda”
    Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kamu memandang diri sendiri dan kemampuan kamu.

Cara Menjawab :

  • Sebutkan kelemahan anda dan upaya anda untuk memperbaiki kelemahan tersebut
  • Tekankan pada pembelajaran dan perkembangan diri anda

Contoh Jawaban :
“ Salah satu kelemahan saya adalah saya mudah terdistraksi. Namun, saya telah belajar untuk meningkatkan fokus dengan membuat daftar tugas dan bekerja dilingkungan yang tenang”.

  1. “Mengapa anda resign dari perusahaan sebelumnya ?”
    Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui alasan anda ingin pindah kerja dan apakah anda memiliki masalah dengan atasan dan rekan kerja anda.

Cara Menjawab :

  • Hindari menjelek-jelekkan perusahaan maupun atasan.
  • Fokus pada alasan positif untuk pindah, seperti peluang untuk berkembang atau mencari tantangan baru.

Contoh Jawaban :
“ Saya ingin mencari peluang baru untuk mengembangkan karir saya dan mempelajari lebih banyak tentang industri ini. Saya ingin bekerja di perusahaan  yang memiliki budaya kerja yang inovatif dan suportif seperti perusahaan ini”.

  1. “Jika anda bisa memiliki kekuatan super, apa yang anda inginkan ?”
    Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat bagaimana anda berpikir kreatif dan bagaimana anda menghubungkan kekuatan super dengan pekerjaan

Cara Menjawab :

  • Pilihlah kekuatan super yang relevan dengan posisi yang akan di lamar.
  • Jelaskan bagaimana anda akan menggunakan kekuatan super tersebut untuk membantu perusahaan

Contoh Jawaban :
“Jika saya bisa memiliki kekuatan super, saya ingin memiliki kekuatan untuk membaca pikiran. Dengan kekuatan tersebut, saya bisa lebih memahami kebutuhan dan keinginan klien dengan lebih baik sehingga nantinya saya dapat memberikan solusi yang tepat”.

  1. “Ceritakan tentang kegagalan terbesar anda”.
    Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kamu belajar dari kesalahan dan bagaimana cara kamu bisa bangkit kembali.

Cara Menjawab :

  • Pilihlah kegagalan yang tidak terlalu besar dan relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  • Jelaskan apa yang kamu pelajari dari kegagalan tersebut.
  • Tekankan pada bagaimana kamu bangkit kembali dan menjadi lebih kuat.

Contoh Jawaban :
"Salah satu kegagalan terbesar saya adalah ketika saya gagal menyelesaikan sebuah proyek tepat waktu. Dari pengalaman itu, saya belajar untuk lebih teliti dalam manajemen waktu dan komunikasi. Saya juga belajar untuk lebih proaktif dalam menyelesaikan masalah”.

Pertanyaan jebakan interview kerja adalah hal yang wajar. Dengan mengetahui jenis pertanyaan jebakan dan cara menjawabnya, kamu bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Referensi:
Adiharja, K. (n.d.). 11 Pertanyaan Jebakan Saat interview Dan Contoh Jawabannya. Geekhunter. https://geekhunter.co/artikel/karir/pertanyaan-jebakan-saat-interview/
Citra, A. (n.d.). 7 Pertanyaan jebakan saat interview fresh graduate Dan Cara Menjawabnya. Prosple Indonesia. https://id.prosple.com/interviews/7-pertanyaan-jebakan-saat-interview-fresh-graduate-dan-cara-menjawabnya
Dian, K. P. (2008). 75 Cara Ampuh Lolos Wawancara Kerja. WahyuMedia.
Hidayati, K. F. (2023). 15 Pertanyaan Menjebak Saat interview Yang Wajib Kamu Waspadai. Glints Blog. https://glints.com/id/lowongan/pertanyaan-menjebak-saat-interview/

Penulis: Ardhia Indah Cahyani