Effective Interview

Interview merupakan kesempatan bagi recruiter untuk benar-benar mengenal calon karyawan. Biasanya akan digali mengenai keahlian dan persyaratan yang dibutuhkan pada posisi yang kosong. Biasanya di sesi ini, akan mengetahui kecocokan budaya, semangat, inisiatif, tujuan, sikap dan ketrampilan komunikasi dari calon karyawan dengan perusahaan. Interview yang efektif harus dibangun oleh recuiter untuk mendapatkan gambaran kemampuan professional calon kandidat, kualitas calon kandidat, serta kecocokan dengan budaya organisasi.

Berikut untuk tips interview yang efektif yaitu:

  1. Buat suasana merasa nyaman
    Melakukan kontak mata, dan membangun raport atau awal hubungan yang baik akan membuat nyaman pembicaraan sebelum masuk ke pertanyaan-pertanyaan yang sulit.
  2. Pertanyaan terbuka
    Recruiter perlu menyiapkan panduan pertanyaan sehingga bisa dilakukan improvisasi berdasarkan jawaban yang berbeda-beda dari calon kandidat. Begitu pula sebaliknya dari sisi calon kandidat, perlu menyiapkan beberapa jawaban dari pertanyaan recruiter sehingga bisa menjawab dengan detail, tidak secara umum.
  3. Listen more, talk less
    Interview ini akan mengenai calon kandidat. Jadi perlu untuk mendengarkan dengan saksama. Perhatikan isyarat non-verbal seperti postur tubuh, pakaian, make up. Bagaimana calon kandidat bercerita mengenai pengalamannya. Dan biasanya di akhir interview, calon kandidat diberikan waktu untuk mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan, posisi dan lain-lain.
  4. Buat catatan
    Kadang sulit untuk mengingat jawaban atau pertanyaan saat interview. Buat catatan agar memudahkan kamu untuk mengulasnya di kemudian hari.
  5. Pahami apa yang tidak bisa dibicarakan
    Dalam interview pastikan hanya membahas mengenai pekerjaan, lingkungan kerja. Sedikit membahas mengenai kehidupan pribadi calon kandidat. Hindari diskriminasi mengenai usia, ras, agama, jenis kelamin, disabilitas, dan lain-lain.

Referensi:
Dwinda, A. 2020. Teknik Wawancara Kerja yang Efektif bagi HRD. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023. https://employers.glints.com/id-id/blog/teknik-wawancara-kerja-yang-efektif-bagi-hrd/
Hafidz, L. 2023. 6 Cara Melakukan Wawancara yang Efektif. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023. https://talentics.id/resources/blog/cara-melakukan-wawancara/
Nn. 2023. How to Conduct an Effective Interview. The Hartford. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023. https://www.thehartford.com/business-insurance/strategy/hiring-first-employee/conduct-interviews

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.