Making a Great Start in Career Planning Through Assessment

Membuat career planning yang jelas merupakan hal yang penting kita lakukan. Agar kamu tidak kehilangan kesempatan untuk pertumbuhan, kemajuan dan kepuasan dalam pekerjaan kamu. Ada beberapa alasan kenapa kamu membutuhkan perencanaan karir yaitu:

  1. Buat tujuan yang jelas
    Dengan tujuan yang jelas akan membantu kamu merancang langkah-langkah menuju masa depan. Hal yang ingin kamu capai, roadmap menuju kesuksesan yang kamu bayangkan.
  1. Identifikasi kekuatan dan kelemahan kamu
    Bagian ini merupakan tahapan untuk refleksi diri dan self-awareness. Kamu bisa memilih jalur karir yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu sehingga bisa menemukan kepuasan kerja dan kesuksesan karir. Selain itu, pada tahap ini kamu bisa menggunakan beragam tes seperti tes personality, tes minat bakat, dan lain-lain untuk membantu kamu dalam memahami kemampuan dirimu.
  1. Cari Kepuasan kerja
    Kamu bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan, minat dan value yang kamu miliki. Ketika kamu merasa puas dengan pekerjaanmu, biasanya akan lebih produktif, engaged dan sukses.
  1. Rencana untuk Progres Karir
    Dengan kamu bersikap proaktif dalam mencari peluang karir, kamu memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk peningkatan karir. Peningkatan karir akan memberikan kesempatan untuk pertumbuhan, mengembangkan skill yang baru dan kesempatan networking dengan orang lain.
  1. Mencapai kesuksesan finansial
    Dengan menetapkan tujuan spesifik dan memetakan jalur karir, kamu akan membuat keputusan yang tepat mengenai Pendidikan, pelatihan dan peluang kerja yang menghasilkan gaji yang lebih tinggi dan stabilitas keuangan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Ada banyak rangkaian tes assessment yang bisa kita ikuti seperti:

  1. Value
    Hal ini mencakup faktor-faktor seperti tingkat gaji yang diinginkan, lebih suka interaksi dengan orang lain atau menyendiri di tempat kerja, seberapa besar kontribusi bagi masyarakat, dan seberapa besar gengsi bagi pekerjaan kamu serta apa yang ingin kamu lakukan di sisa hidup kamu.
  1. Minat
    Kesukaan dan ketidaksukaan pada beragam aktivitas, orang ataupun objek sehingga bisa menemukan pekerjaan yang paling cocok.
  1. Kepribadian
    Dengan mengetahui karakteristik kepribadian akan memudahkan kamu dalam bekerja. Seperti tipe orang ekstrovert tidak akan tahan untuk bekerja di belakang meja, ia perlu untuk berinteraksi dengan orang lain.
  1. Bakat
    Dengan mengetahui kemampuan dan kekuatan kamu, akan bisa membantu kamu dalam memahami kebutuhan atas pendidikan, pelatihan dalam menggunakan waktu, uang, dan upaya yang diperlukan untuk memulai karir yang baru.

Dengan bersikap proaktif dalam mengatasi rintangan, kamu tetap fokus dan termotivasi dalam mengejar tujuan karir. Secara teratur, kamu perlu meninjau dan menyesuaikan rencana karirmu sesuai kebutuhan, serta mencari dukungan dan bimbingan dari mentor dan professional lain. Dengan begitu, kamu bisa mencapai kesuksesan dan kepuasan dalam karirmu dan mencapai potensi penuh.

Referensi:
Nallalingham, L. 2023. Why You Need a Career Plan: A Guide to Career Planning. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023. https://www.linkedin.com/pulse/why-you-need-career-plan-guide-planning-lee-nallalingham
Nn. 2023. The 6-Step Career-Planning Process. Indeed.com. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2023. https://www.indeed.com/career-advice/career-development/career-planning-process

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.