Membuat CV tampak berkesan

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu dokumen yang perlu disiapkan oleh job seeker saat melamar kerja. Dalam CV berisi informasi mengenai pengalaman, Pendidikan dan profil diri job seeker. Olehkarena itu, CV perlu disusun dan dibuat dengan menarik agar mudah dipahami serta meninggalkan kesan yang unik.

Bagaimana membuat CV tampak berkesan dan menarik perhatian Tim Human Resources perusahaan?

  1. Cantumkan data-data penting dan sesuai
    Tentukan mana yang benar-benar penting dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu tetap mencantumkan data diri, seperti nama lengkap, kontak, alamat, pengalaman sebelumnya, dan skill serta prestasi jika ada.
  1. Layout CV yang menarik atau desain yang minimalis
    Membagi layout CV menjadi dua bagian, dengan kolom sempit di sisi kiri/kanan halaman sehingga mudah dibaca. Pada sisi kiri bisa berisi biodata singkat, kontak, skill, kompetensi penggunaan aplikasi, bahasa. Sedangkan pada sisi sebelah kanan dapat diisi dengan pengalaman kerja, Pendidikan, kualifikasi. Gunakanlah desain yang minimalis/sederhana tetapi menarik dan menunjukkan seluruh keunggulanmu. Tidak menggunakan banyak warna, tidak menggunakan font-font yang berbeda, dan warna yang tidak mencolok.
  1. Sesuaikan CV dengan keahlian, pengalaman kerja, dan pengalaman magang
    Sesuaikan desain CV dengan keahlian khusus yang dimiliki, pengalaman kerja dan pengalaman magang. Jangan memberi detail yang terlalu berlebih dan membuat kesan bertele-tele. Berikan data yang singkat, padat dan jelas serta cukup 1-2 halaman. Selain itu menggunakan bahasa inggris.
  1. CV ATS Friendly
    ATS atau Application Tracking System adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk mempermudah mereka menyeleksi kandidat sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Biasanya tidak perlu foto dan tidak menggunakan logo dan simbol.

CV yang menarik akan membuat kesan pada recruiter untuk membaca CV jobseekers. Ada banyak website yang membantu jobseeker dalam membuat CV. Pastikan yang harus diingat oleh jobseeker bahwa CV adalah gerbang perusahaan untuk mengenali kemampuanmu di antara sekian banyak pesaing lainnya, sehingga kamu perlu untuk menampilkannya semenarik mungkin.

Referensi:
Nn. 2019. Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik. CNN Indonesia. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190715121443-284-412177/cara-membuat-cv-lamaran-kerja-yang-benar-dan-menarik.
Nn. 2022. 15 Contoh CV Menarik dan Cara Membuatnya. Kumparan.com – Kabar Harian. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023. https://kumparan.com/kabar-harian/15-contoh-cv-menarik-dan-cara-membuatnya-1yMMwnvWKWV/full
Rahmat, A.M., 2023. Tips Menulis dan Contoh CV Sederhana yang Tetap Memukau. Diakses pada tanggal 30 Juli 2023. https://glints.com/id/lowongan/contoh-cv-sederhana/

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.