Toxic Environment When Internship

Istilah lingkungan toxic sering digunakan untuk mengambarkan suatu keadaan yang tidak sehat dan memberi dampak buruk terhadap mental seseorang. Lingkungan kerja yang toxic kerap dijadikan alasan yang digunakan untuk mengundurkan diri/resign pada gen Z dan milenial terutama ketika pertama kali terjun masuk dunia kerja seperti magang atau internship.

Internship menjadi jalan awal untuk mengenal dunia kerja atau professional. Berdasarkan Pasal 1 angka 11 Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pemagangan atau internship adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Sebelum membuat kesimpulan dan pernyataan bahwa lingkungan kerja kita adalah toxic, sebaiknya cek beberapa hal dan lakukan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini terlebih dahulu. Hal ini untuk menilai apakah lingkungan tersebut benar-benar memiliki kondisi yang tidak sehat atau justru diri kitalah yang perlu meningkatkan kemampuan diri.

  1. Tingkat stres/kelelahan yang tinggi
  2. Kurangnya motivasi/antusiasme
  3. Kinerja/produktivitas rendah
  4. Pengembangan profesional terhambat
  5. Turnover yang tinggi

Resign atu keluar dari perusahaan bukanlah obat dari segala kondisi yang tidak nyaman atau tidak menyenangkan pada lingkungan kerja. Akan tetapi, meninggalkan pekerjaan bisa jadi solusi terbaik jika memang lingkungan kerja sudah menyebabkan efek negatif pada kesehatan diri secara menyeluruh mencakup fisik, sosial, finansial, maupun spiritual.

Ditulis oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi :
Rasool SF, Wang M, Tang M, Saeed A, Iqbal J. (2021). How Toxic Workplace Environment Effects the Employee Engagement: The Mediating Role of Organizational Support and Employee Wellbeing. Int J Environ Res Public Health, 26;18(5):2294. doi: 10.3390/ijerph18052294. PMID: 33652564; PMCID: PMC7956351.
Mark C. Perna. (2023). https://www.forbes.com/sites/markcperna/2023/06/13/5-marks-of-a-toxic-work-culture-and-how-you-know-its-time-to-leave/?sh=667f3e5f30a0
Nurrahman, Aldiansyah. (2022). https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6126304/nah-lho-milenial-dan-gen-z-ramai-ramai-resign-karena-tempat-kerja-toxic