Stres kerja? Yuk direlease

Stres kerja?

Kadang kala kita mengalami kondisi stress saat berada dalam penuh tekanan di tempat kerja. Kita akan merasa nervous dan khawatir sehingga tanpa sadar kita bersika marah-marah, agresif, relaks atau tidak kooperatif. Akhirnya pekerjaan kita menjadi terhambat dan bahkan cenderung tidak selesai tepat waktu. Kita juga bisa menanggapi stress tersebut secara positif dan negative. Stres dapat dipandang secara positif apabila kita merasa terpancing untuk meningkatkan usahanya dalam memperoleh hasil yang maksimal, sedangkan stress dipandang negative apabila ternyata memberikan hasil yang menurun pada produktivitas karyawan.

Salah satu upaya kita untuk menurunkan stress kerja dengan cara direlease, berikut untuk caranya:

  1. Kenali Batas Kemampuan
    Mengenali batas kemampuan kamu dengan baik akan dapat mengoptimalkan waktu yang dibutuhkan dan strategi yang harus dilaksanakan agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik serta menghindari kelelahan berlebihan.
  1. Sharing dengan Rekan Kerja
    Membuka obrolan dan sharing dengan rekan kerja dapat menciptakan suasana dan hubungan kerja yang lebih positif sehingga kamu bisa rileks dan lebih nyaman.
  1. Melupakan pekerjaan sejenak
    Beban dan target pekerjaan tidak jarang membuat kita menjadi stress. Jika kamu ingin melupakan pekerjaan sejenak, kamu bisa mencari hiburan yang bisa membuat pikiran dan tenagamu kembali pulih, seperti menonton film, karaoke, berkebun, mendengarkan musik, dan lainnya.
  1. Jaga pola hidup
    Membuat pola hidup sehat seringkali kita lupakan karena hectic-nya pekerjaan. Istirahat yang cukup, makanan bergizi, dan berolahraga secara rutin akan melindungi kesehatan fisik kita dan mental dari stres pekerjaan.
  1. Mindfulness
    Ada beberapa teknik yang dilakukan saat mindfulness seperti duduk dalam posisi senyaman yang didapat, bernafaslah seperti biasa, coba untuk fokus merasakan setiap tarikan dan hembusan nafas. Dengan melakukan ini, kita akan menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah.

Referensi:
Sartika, D. 2023. Stres Kerja. Diakses pada tanggal 20 Juli 2023. https://repository.penerbitwidina.com/publications/560437/stres-kerja
Nn. 2023. Inilah 5 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja. Prudential. Diakses pada tanggal 20 Juli 2023. https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/inilah-lima-cara-mengatasi-stres-di-tempat-kerja/

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.