Job seeker wajib melamar pada perusahaan seperti ini

Mencari pekerjaan merupakan masa-masa yang menegangkan. Apalagi kadang cemas-cemas dapat pekerjaan setelah lulus. Yuk kita cek ya.

  1. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan
    Kelengkapan dokumen merupakan faktor utama yang perlu kamu siapkan, agar lolos dalam seleksi berkas. Biasanya ada beberapa perusahaan yang cukup menyiapkan resume, CV, Ijazah, dll. Namun, ada juga yang meminta SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
  1. Buat resume sebagus mungkin
    Masukkan informasi yang padat, singkat, dan jelas ke dalam resume. Serta cantumkan posisi yang kamu apply dan kontak kamu agar mudah dihubungi.
  1. Buat CV yang lengkap
    Buat CV kamu semenarik mungkin agar kesempatan lolos semakin besar. Tidak perlu siapkan CV yang terlalu panjang, tapi memenuhi kualifikasi yang disyaratkan, deskripsikan detail setiap pengalaman dan pencapaian yang sudah kamu raih.
  1. Membangun portofolio
    Portofolio tidak hanya untuk melamar kerja di bidang kreatif saja, tapi dengan adanya portofolio akan membuat kamu terlihat lebih menonjol dibandingkan kandidat lainnya. Dalam portofolio, cantumkan untuk sertifikat pelatihan, dokumentasi pengalaman, hasil karya atau bahkan pencapaian dari hal yang kamu lakukan.
  1. Selalu Buka Website Pencari Kerja
    Aktif mencari lowongan kerja di berbagai platform akan membuat kita menemukan lowongan yang sesuai baik melalui LinkedIn, Jobs, Indeed, atau platform dari Career Center di Perguruan Tinggi kamu.
  1. Rajin mengikuti pelatihan
    Mengikuti pelatihan sesuai bidang yang ingin kamu tekuni akan membuat kemampuanmu berkembang dan akan mendapat nilai plus.
  1. Perluas networking
    Membangun personal branding yang baik dan membangun komunikasi dengan orang dalam di berbagai perusahaan. Melalui LinkedIn, kamu bisa bertemu dengan banyak professional dan mendapatkan ilmu serta wawasan melalui postingannya atau aktif untuk berinteraksi dengan mereka.

Nah jadi kamu bisa ikuti langkah-langkah di atas agar bisa lolos seleksi dan mendapatkan pekerjaan impian. Jadi upgrade terus skills kamu ya.

Referensi:
Citra, A. 2023. Jobseeker Tips; Perlukah Memiliki Portofolio untuk Melamar Kerja? Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://id.prosple.com/campus/jobseeker-tips-perlukah-memiliki-portofolio-untuk-melamar-kerja
Larasati, A. 2022. Jobseeker Wajib Tahu! Ini Cara Melamar Kerja yang Baik Biar Auto Lolos. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://www.gamelab.id/news/2030-jobseeker-wajib-tahu-ini-cara-melamar-kerja-yang-baik-biar-auto-lolos

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.