Manakah yang lebih penting? Proses atau hasil?

Hasil ada karena suatu proses. Apa yang kita dapatkan dari suatu proses pada akhirnya berujung pada sebuah hasil akhir. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan. Hasil adalah tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan proses dapat diartikan sebagai jalan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan atau bisa sebagai tahapan dari suatu usaha.

Hasil cenderung mengarah kepada target pencapaian. Sedangkan proses cenderung mengarah pada suatu usaha. Hasil bersifat statis,karena ketika suatu tujuan yang  kita impikan gagal untuk kita raih maka akan membuat kita merasa sedih, kecewa,bahkan frustasi. Sebaliknya jika suatu tujuan yang kita impikan berhasil kita raih maka kita akan berhenti disaat tujuan itu sudah berhasil. Sedangkan jika kiya fokus pada proses, maka kita akan berusaha terus menerus untuk mencapai tujuan walaupun gagal sekalipun. Berdasarkan proses ini lah kita dapat belajar dan berkembang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa proses lebih penting daripada hasil. Tapi tanpa adanya hasil, maka tidak ada namanya proses. Proses lebih memberikan pembelajaran dan pengalaman atas apa yang kita lakukan, jadikanlah hasil sebagai penyemangat dan motivasi untuk kita terus berkembang dan bertumbuh.

Referensi:
Ouelya, D. H. 2023. Antara Hasil dan Proses, Mana yang Lebih Penting? Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://www.kompasiana.com/dyiena76108/63b9025293cb7c2caa4cbd02/antara-hasil-dan-proses-mana-yang-lebih-penting
Yanto, A. 2020. 5 Alasan Mengapa Suatu Proses Jauh Lebih Penting Dibanding Hasil. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://www.idntimes.com/life/inspiration/andri-andreas-1/alasan-proses-lebih-penting-dibanding-hasil-c1c2.

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.