Agar Self-Reward menjadi Efektif

Setelah merampungkan pekerjaan, tentu kamu perlu waktu break sejenak untuk rehat. Self-reward adalah sebuah aktivitas yang terlihat remeh tapi ternyata penting dilakukan sebagai bentuk penghargaan diri sendiri dan mengapresiasi diri sendiri atas perjuangan dan pencapaian yang telah diraih.

Berikut untuk beberapa self-reward yang mudah dilakukan, yaitu:

  1. Waktu tidur yang berkualitas
    Tuntutan pekerjaan menuntut kamu untuk lembur sehingga tidur menjadi kurang karena esok pagi harus kembali bekerja. Jangan lagi pikirkan masalah pekerjaan yang sudah atau belum diselesaikan, ketika kamu sudah bersiap tidur. Tidur yang berkualitas tidak hanya akan merilekskan fisik tapi juga pikiran.
  1. Menulis Diary
    Kegiatan ini sangat sederhana tapi merupakan media yang cukup efektif, karena kamu bisa melampiaskan segala unek-unek dengan bebas tanpa perlu bercerita kepada siapapun, dan hati akan menjadi lebih lega.
  1. Berolahraga secara teratur
    Dengan rutin berolahraga akan membantu kita dalam menerapkan pola hidup sehat. Otak akan menghasilkan hormone endorphin dan mampu memperbaiki mood serta sensasi rileks. Bagi sebagian orang, berolahraga merupakan self-reward terhadap badan karena telah membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  1. Rutin meditasi
    Bagi sebagian orang meditasi menjadi salah satu sarana untuk memperoleh ketenangan hati dan pikiran. Aktivitas ini sangat efektif untuk meredakan stress. Hanya saja jika kamu susah untuk melakukan meditasi, kamu bisa sambil berdoa seperti dzikir, melantunkan lagu-lagu rohani.
  1. Membaca buku
    Dengan membaca buku, kita akan sejenak melupakan realita dan hanyut dalam cerita. Selain itu, kamu juga akan memperluas wawasan dan melatih otak untuk lebih fokus.
  1. Menonton film atau serial
    Akses berbagai opsi film atau serial dalam platform dengan harga terjangkau memberikan keleluasaan bagi kamu untuk menonton di rumah.
  1. Berpetualang
    Berpetualang di alam atau menikmati hijau sejuknya alam seringkali membuat kita menjadi lebih fresh dan mengurangi stress sehingga muncul rasa bahagia dan santai
  1. Mentraktir diri sendiri
    Kamu bisa bersenang-senang setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang berat seperti membeli makanan enak di restoran, membeli baju, gadget ataupun pernak-pernik hobi kamu.
  1. Hangout dengan teman-teman
    Menghabiskan waktu dengan teman-teman bukan hanya soal kuantitas tapi juga kualitas. Bisa berbagi keluh kesah, bercanda tawa dengan teman yang benar-benar mengerti merupakan sebuah anugerah. Obrolan ringan akan membuat mood menjadi lebih baik.
  1. Memasak
    Memasak seringkali terasa merepotkan. Namun, justru dari tahapan-tahapan yang ribet, kamu akan merasakan kepuasan dan kebanggaan apabila berhasil memasak. Apalagi banyak resep-resep yang mudah diakses sehingga bisa kamu coba sebagai self-reward.

Dalam menentukan reward yang tepat, pastikan akan memberikan nilai tambah untuk produktivitas kamu. Kamu perlu menyeimbangkan self-reward denga tujuan hidup.

Referensi:
Adinda, R. 2021. Arti Self Reward & Pentingnya Self Reward. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. https://www.gramedia.com/best-seller/self-reward/
Ngalup. 2023. Self Reward Adalah: Manfaat, Contoh, dan Tips-Tipsnya. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. https://ngalup.co/artikel/self-reward-adalah/
Siahaan, N. P. S. 2022. Ingin Self-reward Efektif? Ini Tips agar Tak Malah Merugikan Diri Sendiriñ. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. https://www.harianterbit.com/lifestyle/pr-2745462928/ingin-self-reward-efektif-ini-tips-agar-tak-malah-merugikan-diri-sendiri%C3%B1
Widyawinata, R. 2023. 7 Contoh Self Reward Menyenangkan dan Gratis untuk Kamu. Diakses pada tanggal 20 Juni 2023. https://glints.com/id/lowongan/contoh-self-reward-tanpa-biaya/

Penulis: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.