Apakah Psikotest Bisa Dipelajari?

Saat ini hampir semua perusahaan melakukan seleksi dengan menyisipkan psikotes ke dalam salah satu alurnya. Banyak sekali psikotes yang bisa diakses di internet dengan mudah baik gratis, misalnya DISC, Personality Plus dan lain-lain. Lalu apakah Psikotest bisa untuk dipelajari terlebih dahulu agar hasil lebih maksimal ?

Psikotest adalah evaluasi yang digunakan untuk menilai kondisi psikologis dari seseorang. Macam-macam tes psikologi antara lain Tes Intelegensi, Tes Bakat, Tes Prestasi, Tes Kreatifitas, Tes Kripribadian, Tes Minat, dan Tes Neuropsikologi. Tidak semua macam dari tes dapat dibaca langsung oleh orang awam. Misalnya tes kepribadian dalam bentuk Draw a Person (DAP) atau Tes WARTEGG hanya bisa diinterpretasi oleh profesional yaitu psikolog.

Psikotes akan membantu recruiter untuk mengetahui sifat, kepribadian, hingga karakter apakah calon kandidat cocok pada posisi tertentu di perusahaan. Pada dasarnya untuk sifat, kepribadian, dan karakter tersebut sudah terbentuk dari kecil melalui lingkungan dan genetik serta dalam proses yang lama, dan hal ini bisa jadi sulit untuk berubah. Sedangkan saat ini banyak jenis pekerjaan yang disarankan untuk kepribadian atau karakter tertentu, misalnya seorang sales harus mempunyai kepribadian dan karakter yang bisa mempengaruhi orang lain.

Lalu sebagai calon kandidat, apakah psikotes dapat dipelajari? Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh jobseeker. Jawabannya tergantung dari jenis psikotes yang akan digunakan. Untuk psikotes misalnya penalaran logika dan Aritmatika, Tes Numerical, Kreapelin, dan Pauli bisa saja dilatih untuk pengerjaannya. Namun untuk jenis-jenis yang berhubungan dengan tes kepribadian misalnya Tes WARTEGG dan Draw A Man (DAP), dan HTP  sangat sulit hasilnya untuk dimanipulasi karena jawabannya merupakan manifestasi dari alam bawah sadar kita. Selain itu, interpretasi dari tes kepribadian tersebut juga hanya boleh dilakukan oleh psikolog.

Meskipun begitu ada hal-hal yang bisa kamu siapkan sebagai jobseeker agar pelaksanaan psikotes dapat berjalan dengan lancar, antara lain :

  1. Pastikan fisik dalam kondisi prima
    Saat melakukan psikotes pastikan kamu dalam kesehatan yang baik. Hal tersebut karena biasanya pelaksanaan psikotes membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan ketahanan untuk dapat berpikir dengan intens. Hindari begadang dimalam harinya dan konsumsi makanan yang bergizi. Apabila kondisimu dalam keadaan prima harapannya hasil dari psikotes akan lebih maksimal.
  2. Pahami jenis Psikotest yang akan diujikan
    Tidak ada salahnya kamu mencari tahu terlebih dahulu jenis Psikotest yang akan diujikan. Misalnya akan ada tes PAULI yang mana tes tersebut diharuskan untuk dapat menghitung cepat. Agar hasil semakin maksimal kamu bisa berlatih berhitung menggunakan simulasi lembar jawab Tes PAULI yang sekarang banyak tersebar di internet.
  3. Jawab dengan jujur saat tes Kepribadian
    Tes kepribadian adalah untuk mengetahui sikap dan karakter seseorang. Tidak ada jawaban benar dan salah dalam tes kepribadian. Namun ada karakteristik kepribadian tertentu yang dipersyaratkan di suatu posisi. Isilah semua pertanyaan dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan yang kamu rasakan.
  4. Manfaatkan waktu sebaik mungkin
    Psikotest biasanya memiliki rentang waktu di tiap bagiannya. Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan dengan baik agar tidak membuang-buang waktu, misalnya untuk meraut pensil. Kamu bisa mempersiapkannya dengan menyiapkan dua pensil yang siap pakai. Sehingga ketika salah satunya rusak kamu tidak perlu membuang waktu untuk merautnya. Selain itu, ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal kamu bisa memulainya dari soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Pilihlah soal yang kamu yakin kamu bisa mengerjakannya dengan benar dibandingkan fokus ke soal yang sulit dan memakan banyak waktu.

Demikian pembahasan mengenai psikotes. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengikuti tips-tips yang disarankan diatas agar lebih terbiasa dan waktu pengerjaan menjadi lebih efektif. Biasanya seorang recruiter juga akan menggunakan beberapa jenis psikotes untuk bisa menilai validitas dari hasil jadi jangan sampai kamu tidak mengerjakan dengan jujur ya !

Referensi:
nn. 2022 Lagi Lamar Kerja? Ini 7 Tips Jawab Soal Psikotes Kerja Biar Lolos. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://www.karier.mu/blog/umum/tips-jawab-soal-psikotes-kerja/
Putri. 2018. Ini Alasan Mempelajari Soal Sebelum Psikotes Tidak Disarankan. Diakses pada tanggal 20 April 2023. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/04/196/1986788/ini-alasan-mempelajari-soal-sebelum-psikotes-tidak-disarankan

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.