6 Manfaat Perencanaan Karir

Halo teman-teman Binusian semua! Untuk mempersiapkan diri untuk masa depan, kamu perlu navigasi didalam proses perjalanannya. Tujuan utamanya untuk membantumu dalam membuat keputusan dan juga langkah karier yang tepat di masa depan. Perencanaan karir yang solid akan membantumu tetap fokus dan termotivasi. Apakah mau tertarik untuk menyusun perencanaan karir sekarang? Simak enam manfaat dalam perencanaan karir berikut ini :

1.  Menambah Pengetahuan
Orang yang memiliki wawasan luas adalah orang yang paham tentang berbagai pengetahuan. Biasanya mereka dapatkan pengetahuan berdasarkan pengalaman pribadinya dan membaca buku, hal ini dapat membantu individu untuk menyadari berbagai peluang karir. Saat kehidupan menuntut sesuatu menjadi serba cepat dan sangat kompetitif, memiliki rencana karir akan memberimu kejelasan saat memilih profesi yang tepat untuk dan juga membantumu menetapkan prioritas.

2.  Self Awareness
Kesadaran diri yang dimaksud adalah dapat memahami diri dalam mencari peluang ataupun target posisi pada sebuah perusahaan, pengetahuan yang cukup membuatmu dapat memilih karir sesuai dengan kompetensimu dengan mengidentifikasi dan memahami diri secara utuh, baik dari sifat, karakter, emosi, perasaan, pikiran dan cara adaptasi dengan lingkungan.

 3.  Pengembangan diri
Kamu perlu fokus, disiplin, memiliki kemauan keras dan latihan untuk dapat konsisten dengan jalur karier yang ingin ditentukan. Ada baiknya juga dalam setiap 6 bulan kamu dapat mengevaluasi kembali tujuan-tujuanmu.

4.  Kepuasan karir
Jika merasa kamu puas berada dalam jalur karir yang telah dipilih, maka kamu dapat dengan mudah untuk termotivasi dan berkomitmen pada tempat kerja. Jika hal ini berjalan baik maka hasil kerja, kesejahteraan fisik dan mental juga akan baik.

5.  Visibilitas
Jika kamu memperoleh pengakuan karena kontribusi serta keterlibatanmu pada kegiatan perusahaan, hal ini dapat membuat atasan mengetahui kapasitas kamu. Sangat penting untuk menjaga performa kerja untuk mencari promosi ditempat kerja. Berikan kesan yang baik untuk rekan kerja dan atasanmu.

6. Rencana pensiun
Dalam perencanaan karir, cobalah untuk memulai investasi dan menyisihkan tabungan untuk masa pensiun hal ini agar kamu terbiasa untuk mengatur keuangan dengan bijak.

Sumber : https://careermasterclass.com/
Edited by : Zia – Binus Career