6 Cara Jitu Untuk Menjalin Koneksi

Hi Binusian, beberapa orang dapat dengan mudah menjalin koneksi, sementara beberapa yang lainnya membutuhkan waktu. Hal yang membuat mudah menjalin koneksi biasanya jika kamu bertemu rekan yang memiliki kampung halaman yang sama ataupun kamu bertemu orang-orang yang memiliki minat atau hobi profesional yang sama denganmu.

Faktanya dalam beberapa kasus, menjalin koneksi masih membutuhkan lebih banyak usaha. Dari tips berikut ini, kamu dapat mempelajari cara lebih mudah terhubung dengan orang lain, yuk disimak :

1. Jadilah Diri Sendiri
Jadilah versi dirimu sendiri tanpa harus berpura-pura, tidak masalah jika kamu pernah membuat kesalahan dalam proses penyesuaikan diri, tetaplah menjadi diri sendiri dan berusaha menjalin hubungan yang tulus.

2. Hormati Batasan Setiap Orang
Kemungkinan ketika mengenal orang baru, kamu akan menemukan batasan mereka dengan cepat. Misalnya mungkin mengetahui bahwa dia tidak ingin membicarakan tentang kehidupan pribadinya, jangan memaksa mereka untuk membagikan hal-hal atau cerita yang tidak mereka inginkan. Kamu harus bisa menghargai batasan yang ada.

3. Tetap Fokus Pada Saat Berbicara.
Jika kamu berbicara dengan seseorang, fokuslah pada mereka, dengarkan ceritanya dengan baik dan jangan melihat ponsel secara intens atau banyak memikirkan hal lainnya agar konsentrasimu tidak terpecah. Perhatikan juga gerak tubuhmu saat berbicara dengan rekanmu agar mereka merasa kamu peduli dan menghargai mereka.

4. Bergerak Melewati Permukaan
Setelah beberapa kali kamu berbicara dengan orang tersebut, cobalah untuk masuk dalam lebih dalam. Kamu dapat bercerita dan bertukar informasi mengenai obrolan ringan, tujuan apa yang mereka miliki untuk masa depan? Apa harapan dan impian terbesar mereka? Ini semua adalah pertanyaan yang memberi lebih banyak wawasan tentang siapa orang itu dan bagaimana kita dapat terhubung dengannya.

5. Jadilah Pendengar Yang Baik
Mendengarkan seseorang secara aktif saat mereka berbicara, mendengarkan dengan pikiran terbuka membuatmu mengenal mereka lebih baik. Rekanmu akan senang berada didekat pendengar yang baik karena hal itu membuat mereka merasa didengarkan dan dimengerti.

6. Pertahankan Kontak Mata
Menjaga kontak mata adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan kepada seseorang bahwa kamu tertarik dengan apa yang dikatakan. Saat bertatap muka , ingatlah untuk tidak terlalu menatap rekanmu secara intens, lakukanlah kontak mata dalam jumlah normal sudahlah cukup.

Saya harap tips-tips ini akan membantu kamu dapat membangun koneksi yang lebih baik dalam jangka panjang bersama-sama rekan dan dunia kerjamu.

Sumber : https://www.betterup.com/
Edited by : Zia – Binus Career