Alumni Profile - Zilvia Iskandar (News Anchor Metro TV)

Zilvia Iskandar merupakan seorang presenter berita (News Anchor) di stasiun televisi Metro TV. Ia bergabung ke Metro TV sejak tahun 2012. Zilvia juga merupakan seorang alumni BINUS University yang mengambil program studi Sastra Inggris serta Ia juga merupakan salah satu alumni terbaik BINUS University 2012 dengan predikat summa cumlaude. Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah diterima oleh Zilvia adalah sebagai Presenter Terbaik pada ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017.

 

Bagaimana perjalanan kuliah di BINUS University dan bagaimana BINUS UNIVERSITY membekali anda masuk ke dunia kerja.

Perjalanan Zilvia semasa menempuh pendidikan di BINUS University dimulai pada tahun 2008 dengan mengambil program studi (Prodi) Sastra Inggris, Zilvia memilih program studi Sastra Inggris karena memang sejak dari sekolah dasar, ia sudah menyukai pelajaran bahasa inggris. Ini tidak lepas dari banyaknya hal yang menguntungkan bagi Zilvia dari pelajaran bahasa inggris, karena sejak masih masih duduk di bangku sekolah dasar Zilvia sudah mengikuti lomba-lomba dan uniknya selalu menang jika lomba tersebut berhubungan dengan bahasa inggris. Berdasarkan itulah yang membuat Zilvia ingin mendalami pelajaran bahasa inggris lebih jauh, dan pada saat itu juga BINUS University memliki program studi Sastra Inggris, serta BINUS University juga menyediakan beasiswa melalui jalur prestasi.

Mungkin orang-orang akan bertanya apakah relevan ketika Zilvia yang merupakan lulusan dari program studi Sastra Inggris tetapi pada saat ini bekerja sebagai presenter berita? Zilvia bisa mengatakan bahwa ini sangat relevan dan juga sangat membantu. Karena dalam program studi Sastra Inggris, Zilvia belajar mengenai struktur bahasa, diksi, semantik, belajar untuk menyampaikan pesan secara efisien, dan banyak lainnya. Pelajaran ini menjadi bekal yang sangat membantu Zilvia ketika pertama kali bergabung dengan Metro TV pada 1 Mei 2012 dengan mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8.

Selain itu, Zilvia selalu merasa di BINUS University tidak hanya menjadi tempat kuliah saja, tetapi BINUS University juga sangat aktif mendorong semua mahasiwanya untuk masuk dan bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) secara aktif untuk terus berkembang. Salah satu UKM yang diikuti oleh Zilvia secara aktif adalah UKM Bina Nusantara English Club (BNEC), bahkan Zilvia pernah menjadi Presiden pada UKM BNEC periode 2010-2011. Ia mengantarkan BNEC meraih penghargaan The Best Student Organization in BINUS University untuk pertama kalinya sejak 18 tahun. Pengalaman aktif dalam UKM ini membuat Zilvia belajar banyak hal diantaranya cara berorganisasi, membuat acara, membuat proposal, presentasi, mencari sponsor, mencari peserta, mempromosikan sesuatu, dan banyak lagi. Sehingga ketika memasuki dunia kerja, pengalaman dari UKM BNEC menjadi modal penting bagi Zilvia untuk semakin percaya diri dan tidak canggung ketika dihadapkan untuk bertemu, berdiskusi, bekerja sama, satu tim dengan orang-orang yang baru, hingga harus mencapai tujuan bersama.

Selain aktif berorganisasi, Zilvia juga kerap mengikuti berbagai macam lomba sejak sekolah hingga lulus kuliah. Mulai dari lomba siswa/siswi berprestasi, cerdas cermat, olimpiade Matematika, baca puisi, duta wisata daerah, debat dan presenting.

 

 

Pengalaman hidup yang berkesan, baik pengalaman manis ataupun pahit.

Pengalaman yang baik dan berkesan dalam hidup Zilvia salah satunya ketika ia masih duduk di bangku sekolah, Zilvia sangat suka untuk mengeksplorasi banyak hal. Sehingga sedari kecil orang tua sangat mendukung Zilvia untuk mengikuti berbagai macam lomba-lomba, tidak hanya lomba yang bersifat akademis sepeti cerdas cermat dan olimpiade, tetapi juga lomba yang bersifat olahraga pada perayaan 17 agustusan, seni, bernyanyi, bermain drama, membaca puisi, pidato, dan banyak lagi. Dari mengikuti lomba-lomba ini Zilvia belajar ternyata banyak manfaatnya, belajar hal baru di luar zona nyaman itu sangat membantu Zilvia untuk mengenal diri sendiri lebih jauh. Sedangkan dalam perkuliahan Zilvia, tidak hanya terpaku untuk belajar, membuat tugas, membuat paper, ataupun lainnya, tetapi juga turut aktif di unit kegiatan mahasiswa (UKM). Pengalaman aktif dalam UKM ini menjadi pengalaman yang sangat manis yang membantu Zilvia lebih mengenal diri sendiri, sehingga Zilvia mengetahui hal-hal yang ia sukai, seperti public speaking, dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kalau berbicara mengenai pengalaman pahit, sewaktu masih menempuh pendidikan di BINUS University Zilvia pernah memiliki mindset bahwa belajar itu hanya demi nilai, harus mendapatkan indeks prestasi (IP) 4.00 dan semuanya mata kuliah harus nilai A. Mindset Ini tidak juga menjadi pengalaman yang benar-benar pahit juga, karena dari mindset tersebut juga memiliki sisi positif yaitu membuat Zilvia menjadi fokus, disiplin, gigih dan juga ambisius. Sedangkan dari sisi negatifnya, Zilvia belajar hanya untuk sekedar nilai bukan belajar untuk benar-benar memahami isi dari pelajaran tersebut, tidak mencari contoh-contoh yang relevan ataupun studi kasus didalam kehidupan sehari-hari, sehingga akhirnya banyak pelajaran-pelajaran yang mudah terlupakan.

Ini menjadi pelajaran hidup bagi Zilvia, sehingga saat ini jika Zilvia memiliki suatu impian, Zilvia tidak hanya mengejar hasil tetapi a long process we have to enjoy it sehingga ilmu itu bisa mengakar dalam diri.

 

Pengalaman menerima ALUMNI RECOGNITION AWARD pada prosesi Wisuda 60 yang lalu, dan bagaimana anda menyikapi penghargaan ini untuk kedepannya.

Pertama-tama Zilvia sangat bersyukur atas penghargaan Alumni Recognition Award yang bukan hanya untuk diri Zilvia sendiri melainkan Zilvia persembahkan juga untuk alumni-alumni BINUS University lainnya. Pengharagaan ini menjadi tanda bahwa BINUS University selalu memperhatikan lulusan dan alumni-alumninya. Alumni Recognition Award ini menjadi pengingat bagi Zilvia sebagai presenter berita untuk menjadikan pekerjaan ini bermanfaat terhadap orang banyak diantaranya dalam menyampaikan informasi yang benar, apalagi pada saat ini banyak informasi/berita yang beredar dikalangan masyarakat yang keliru dan hoaks. Berita hoaks dampaknya bukan hanya terjadi salah paham tetapi juga bisa menimbulkan perselisihan, kerusuhan, hingga perpecahan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini membuat Zilvia merasa bahwa pekerjaan sebagai presenter sungguh sangat relevan diera saat ini.

Zilvia mengucapkan banyak terimakasih kepada BINUS University, bisa melihat pekerjaan sebagai presenter berita bukan hanya pekerjaan dimana seseorang yang hanya tampil dengan menggunakan pakaian yang rapi, menggunakan make-up dan hanya tampil di televisi. Melainkan BINUS University bisa melihat pekerjaan sebagai presenter berita ini memiliki manfaat terhadap masyarakat. Penghargaan Alumni Recognition Award ini menjadi penyemangat bagi Zilvia untuk terus konsisten, memiliki tanggung jawab moral, dan juga harus sungguh-sungguh menerikan yang terbaik untuk orang lain.

 

Background usaha/pekerjaan saat ini.

Saat ini Zilvia Iskandar bekerja sebagai news anchor atau presenter berita di Metro TV. Zilvia bergabung pada 1 Mei 2012 dengan mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8. Setelah tuntas menjalani pelatihan jurnalistik selama 2 bulan, Zilvia mulai diterjunkan dalam tugas peliputan di lapangan yaitu sebagai reporter lapangan selama 9 bulan dan sejak Februari 2013 Zilvia mulai membawakan Headline News dan program Metro Malam. Bekerja sebagai news anchor bukan hanya tampil untuk membaca berita. Zilvia selalu menyampaikan kepada rekan-rekan reporter yang baru “kalau kita hanya sekedar menyampaikan informasi saja, anak kecil juga bisa, dikarenakan saat ini sudah banyak youtuber, vlogger, influencer, selebgram, artis-artis yang menjalankan tugas seperti wartawan, seperti mereka memiliki podcast”. Hal ini yang harus membuat seorang news anchor bisa lebih baik dari mereka, karena pekerjaan seorang news anchor dituntut untuk menyampaikan informasi  dengan benar dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang pastinya memiliki manfaat yang besar bagi banyak orang.

Sebelum menjadi seorang news anchor, pada awalnya Zilvia menjadi seorang reporter yang ditugaskan di lapangan. Di Metro TV seorang yang ingin menjadi news anchor akan dimulai dengan menjadi seorang reporter di lapangan. Sehingga rekan-rekan tidak perlu khawatir mengenai jurusan yang spesifik, karena semua jurusan bisa menjadi seorang wartawan. Dalam prosesnya rekan-rekan akan mendapat pelatihan dasar bagaimana menjadi seorang jurnalis dari HRD, kemudian menjadi seorang reporter bukan hanya terbatas pada live report saja (siaran langsung/laporan langsung) melainkan lebih dari itu dan juga bisa dikatakan memiliki banyak tugas dan pekerjaan. Seorang reporter harus bisa mengejar narasumber, harus paham dengan isu yang terjadi saat ini, bisa melobi narasumber agar bersedia untuk diwawancarai one on one bahkan lebih baik nya lagi bisa menghadirkan narasumber di studio secara langsung untuk kebutuhan acara, lebih luasnya lagi  seorang reporter harus bisa membuah naskah, dan pada saat ini seorang reporter juga harus bisa melakukan melakukan editing video, menggunakan kamera, hingga multi platform (bukan hanya reporter untuk TV melainkan reporter yang bisa untuk radio, sosial media, dan lain-lain), hal ini yang membuat reporter dituntut untuk selalu belajar dan melakukan riset. Kemudian, berikutnya akan ada evaluasi setelah menjadi seorang reporter lapangan, apakah kamu layak atau tidak untuk dipromosikan menjadi seorang news anchor untuk bisa melakukan siaran di dalam studio.

Sebagai news anchor, Zilvia memulai dengan siaran program-program buletin yang isinya lebih banyak membacakan paket-paket/voice over (VO) berita. Saat ini Zilvia diberikan tanggung jawab untuk memegang sebuah program yang berjudul Primetime news di Metro TV petang, pada pukul 17:30 – 20:00 WIB. Program Primetime news ini menghadirkan banyak dialog terhadap berbagai isu, multi narasumber sehingga setiap harinya Zilvia harus selalu membaca, brainstorming bersama produser.

Saat ini juga Zilvia sudah memiliki program sendiri di metro TV sejak tahun 2022 yang berjudul Kontroversi, yang tayang setiap hari kamis pukul 21:30 WIB dan selama bulan puasa program ini tayang pada pukul 21:00 WIB. Program kontroversi ini adalah program talkshow, pro & kontra yang dimana tidak selalu narasumbernya berada pada bagian pro dan bagian kontranya tetapi juga bisa isu nya yang kontroversial ataupun narasumbernya merupakan tokoh yang kontroversial. Jadi program Kontroversi ini selalu menghadirkan sebuah isu tapi digali dari perspektif pro dan perspektif kontra.

 

Apakah yang menjadi motivasi membuat anda tertarik bekerja di program TV dari sejak lulus 2012? apakah mungkin ada role model? boleh di ceritakan siapa role model tersebut? dan mengapa dia?

Sedari kecil Zilvia selalu melihat orang tua selalu membaca koran dan menonton berita, sehingga sedari kecil sudah tertanam bahwa seorang news anchor itu seperti yang terlihat di TV, dan pada saat itu news anchor yang sering dilihat oleh Zilvia ialah Arief Suditomo. Singkatnya pada suatu kesempatan Zilvia pernah satu tim dengan Arief Suditomo, karena pada saat itu Arief Suditomo menjadi pemimpin redaksi di Metro TV. Zilvia mendapat kesempatan untuk bertetap muka secara langsung, berdikusi bersama, berbincang-bincang, bercanda gurau bersama seperti sudah akrab, hingga bisa bekerja bersama. Kalau berbicara role model, sosok yang Zilvia jadikan role mode adalah Arief Suditomo.

Pada awal ketika Zilvia sudah bekerja di Metro TV, Zilvia sudah sangat yakin untuk menjadi seorang presente karena sedari kecil sudah mengikuti berbagai macam lomba-lomba serta menyukai public speaking. Tetapi pada saat itu ketika bergabung untuk bekerja di Metro TV, Zilvia ingin menjadi seorang presenter bukan untuk menjadi wartawan. Maka pada awalnya Zilvia sangat terkejut dengan detail pekerjaan sebagai wartawan yang tergolong berat, dikarenakan seorang wartawan tidak mengenal tanggal merah, harus patroli malam (mendapatkan shift paling akhir) lalu setelah shift malam baru mendapat libur tetapi setengahnya dipakai hanya untuk tidur karena sudah lelah karena patroli malam, besoknya sudah masuk lagi karena mendapat shift pagi, dan sebagai anak baru Zilvia hanya mendapat libur 1 hari dalam 1 minggu. Hal ini yang membuat Zilvia merasa pekerjaan sebagai seorang wartawan pada awalnya sangat berat dikarenakan ketika siaran seorang wartawan dipaksa untuk paham dengan isu yang terjadi, paham politik, belajar hukum, megapolitan, ekonomi, olahraga dikarena pada saat itu seorang wartawan di rolling terus.

Karena yang Zilvia ketahui pekerjaan menjadi seorang wartawan tidak seperti yang ia rasakan saat ini, berdasarkan pengalaman dari salah satu UKM di BINUS University yaitu BINUS TV selama 2 tahun sebagai presenter. Sehingga pada awalnya Zilvia sempat merasa down dan mempertanyakan Is this really what i want? Is this really my dreams? Why it is so hard? Tetapi untungnya Zilvia memiliki cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yaitu curhat dengan seseorang yang bisa memberikan solusi bagi Zilvia, yaitu Benny Fajarai yang merupakan suami Zilvia. Saat itu Benny mengatakan “mana ada orang hebat melalui jalan yang mudah, kalau begini saja kamu sudah menyerah, maka kamu tidak akan bisa mendapat apa-apa” dan hal ini yang membuat Zilvia kembali semangat dan merasa tertantang serta harus membuktikan harus bisa. Sejak itu Zilvia merasa dia harus bisa memaksakan diri, selalu mencoba, be professional, dan seiring berjalannya waktu Zilvia mulai menyukai segala pekerjaan menjadi seorang wartawan, sehingga topik politik, hukum, dan keamanan (POLHUKAM) menjadi topik yang paling disukai oleh Zilvia.

Jadi, itulah yang membuat Zilvia sangat bersyukur karena saat itu Zilvia tidak menyerah dan tidak berpikir untuk mendapat hasil yang instan. Jadi rekan-rekan Binusian bisa belajar dari pengalaman Zilvia. Bahwa kita butuh proses, dan proses itu butuh waktu, kita juga harus sabar dalam menjalaninya karen cepat atau lambat apa yang kita impiakan akan datang tergantung dengan kualitas yang kita berikan.

Hobi dan minat.

Pada saat ini Zilvia memiliki sebuah hobi baru yang hobi tersebut menjadi gaya hidup yang sudah berjalan sekitar 2 tahun yaitu workout dan masak makanan sehat. Dalam 1 minggu saja Zilvia bisa workout  sebanyak 5 kali, kemudian juga suka mengikuti kelas-kelas online mengenai gaya hidup sehat. Karena semakin kesini Zilvia menyadari bahwa kesehatan itu penting.

Apa harapan/tujuan kedepannya baik dalam karir dan kehidupan pribadi.

Untuk karir kedepannya Zilvia masih sangat ambisius untuk memberikan yang terbaik dari apa yang telah di capai oleh Zilvia, tapi juga pada usia saat ini juga Zilvia tidak memiliki target yang spesifik dan lebih ingin menikmati hidup. Untuk impian secara umum Zilvia menginginkan financial freedom.

Apapun target yang diinginkan oleh Zilvia kedepannya, Zilvia hanya ingin menikmati semuanya itu, travelling, lebih sehat, explore the world dikarenakan suami dari Zilvia juga memiliki hobi baru yaitu Ironman. Olahraga Ironman itu sendiri merupakan olahraga yang menggabungkan tiga disiplin yaitu renang, sepeda, lari yang juga disebut triathlon dan berdasarkan hobi ini, Zilvia bersama keluarga memiliki list negara-negara baru untuk dikunjungi sekaligus mengikuti lomba Ironman ini, dan juga suatu saat Zilvia ingin memulai atau membuat sebuah bisnis.

 

Bagaimana cara membagi waktu dalam "Berkarir, Keluarga, dan Pekerjaan"

Bagi Zilvia untuk membagi waktu bukanlah hal yang sulit, karena Zilvia selalu yakin bahwa ketika kita memiliki niat untuk membagi waktu antara Berkarir, Keluarga, dan Pekerjaan, maka kita pasti bisa untuk mengusahakannya. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang bisa membantu kita untuk terhubung dan menyusun jadwal kita sehari-hari.

 

Pesan-pesan untuk BINUS UNIVERSITY.

Selama Zilvia masih menjadi mahasiswa dan menempuh pendidikan di BINUS University, Zilvia merasakan banyak sekali manfaat yang ia terima bukan hanya pada bidang akademis dengan berbagai mata kuliah yang BINUS University sediakan, BINUS University juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan dari mahasiswa, ketika Zilvia tergabung dalam UKM BNEC, UKM ini banyak sekali membuat acara serta mengikuti berbagai macam lomba-lomba, dan peran BINUS University sangan terlihat mulai dari diberikannya ruangan untuk rapat, diberikan budget, dibimbing untuk hal-hal teknis dalam membuat event, bahkan hingga di audit. Jadi pengalaman-pengalaman baik didalam ataupun diluar bangku perkuliahan yang BINUS University berikan kepada mahasiswanya sangat tepat. Sehingga Zilvia sangat beruntung bisa berkuliah dan menempuh pendidikan di BINUS University, apalagi BINUS University sangat mengapresiasi para alumni-alumni nya yang sudah berkaya tidak hanya di bidang informasi teknologi saja tetapi pada semua bidang, diantaranya seperti dibidang yang didalami oleh Zilvia yaitu jurnalistik. Zilvia merasa BINUS University selalu memantau dan mengapresiasi apa yang telah Zilvia lakukan dan juga untuk teman-teman BINUS University hal ini bisa menginspirasi apapun yang ingin kamu lakukan nanti, mudah-mudahan selama duduk di bangku perkuliahan bisa terus untuk mengexplore diri, mencoba semuanya, baik itu hal yang kamu suka ataupun tidak kamu suka, gagal atau berhasil itu bukan hal yang utaman, yang terpenting teman-teman BINUS University sudah melakukan dan mengalami prosesnya, karena dari pengalaman yang seperti itu juga membuat Zilvia lebih mengenal diri sendiri dan juga menjadi lebih baik serta mengetahui apa yang ingin Zilvia lakukan setelah selesai menempuh pendidikan di BINUS University.

 

1 Kalimat atau Harapan untuk BINUS University.

Terimakasih untuk BINUS University, selalu maju terus, saya tau bahwa BINUS University tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan terimakasih juga telah merangkul para alumni, mudah-mudahan kami sebagai alumni selalu semangat untuk berkarya dan berdedikasi sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bisa membanggakan BINUS University.