Tips To Get Yourself A Great Career

  1. Find a mentor

Untuk mendapatkan karir yang kamu inginkan, seorang mentor sangatlah penting dalam membantu kamu untuk menemukan karir yang tepat. Kamu dapat mencari seorang mentor di lingkungan kampus seperti itu dosen, keluarga, senior, teman, maupun menemukan seorang mentor dari lingkungan sosial sekitar kamu yang sudah memiliki pengalaman dan interest yang sama dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan.

  1. Set your priorities right

Bagi kamu yang masih kuliah atau mahasiswa tingkat akhir, mungkin banyak kegiatan yang dilakukan. Jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan, sebaiknya kamu fokus untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan.

  1. Keep you hopes high

Mengalami penolakan dari lamaran kerja  telah kamu kirim disaat kamu mengharapkan pekerjaan, bisa saja menurunkan harapan kamu dalam mendapatkan pekerjaan. Sebagai fresh graduate, mungkin membutuhkan waktu untuk mendapatkan career path yang diinginkan. Kamu perlu bersabar dan terus belajar, pengalaman buruk yang kamu dapatkan sebagai pembelajaran untuk menjadi lebih lagi.

  1. Keep adding to your resume

Perbaruilah resume atau CV kamu. Kamu dapat menuliskan skill dan penghargaan apa saja yang kamu dapatkan baik diwaktu masih kuliah, ditempat magang maupun pekerjaan lain yang kamu kuasai. Dan pastikan selalu update CV kamu sebelum mengirimkan lamaran untuk menarik perhatian dari recruiter. 

  1. Be nice at work

Ketika kamu sudah menyelesaikan kuliah dan masih bekerja dengan status magang atau kontrak di ditempat kerja. Berikanlah sikap positif dan baik kepada setiap orang, karena mungkin saja kamu bisa menjadi karyawan tetap nantinya.

  1. Be willing to take risks

Banyak fresh graduate yang bekerja belum sesuai dengan passion masing-masing. Jangan takut untuk mengambil resiko jika kamu tidak nyaman dengan pekerjaan saat ini, kamu dapat mencari pekerjaan lain yang sesuai dengan passion kamu dengan melihat prospek terlebih dahulu sebelum memutuskan keluar dari pekerjaan sekarang.   

  1. Maintain a professional social media profile

Dengan perkembangan teknologi, kamu tidak harus melamar pekerjaan langsung datang ke perusahaan. Kamu dapat menggunakan aplikasi sosial media seperti aplikasi untuk profesional yaitu Linked In, kamu hanya perlu mengupdate profil kamu sebaik baik mungkin untuk menarik perhatian recruiter.

 

Disusun oleh Dian Wahyuni