Cara Melewati Quarter Life Crisis

Hi teman-teman kalau beberapa minggu lalu kami sudah memberikan penjelasan mengenai Quarter Life Crisis, nah pada artikel berikut ini kita bahas yuk Cara Menghadapi quarter life crisis agar kamu tidak harus merasa terjebak. Kamu dapat belajar untuk mengatasi emosimu dan menjalani masa transisi ini. Kamu dapat mulai memahami pola negatif yang mungkin perlu diubah. Dan berikut ini tips menghadapi Quarter Life Crisis:

1. Identifikasi Masalah
Luangkan waktu untuk mengidentifikasi apa yang membuatmu mempertanyakan diri sendiri dan merasa tidak tenang, nantinya kamu akan mulai dapat mengurangi perasaan cemas tersebut. Jika kamu mulai melakukan perubahan sikap terhadap sebuah keputusan dan pilihan ini untuk hidupmu, maka Kamu dapat menggantinya dengan yang positif.

Ketika mulai mengidentifikasi bahwa kamu menekan diri sendiri untuk berada pada titik tertentu, Kamu dapat mulai menggantinya dengan pemikiran yang lebih rasional. Misalnya, dapat mengubah pemikiranmu tentang "Saya harus berada dalam peran tertentu dalam karier saya” atau "Saya seharusnya sudah menikah sekarang". Lalu Kamu dapat mulai menggantinya dengan pikiran yang lebih realistis "Saya berada tepat ditempat yang saya inginkan" atau "Saya menuju ke arah yang terbaik untuk hidup saya."

2. Temukan Apa yang Membuat Kamu Bahagia
Bagaimana Kamu tahu apa yang benar-benar membuat Kamu bahagia? Pertama-tama Kamu harus mengetahuinya dan dapat melakukannya suatu hal dengan penuh ketekunan, dan dari sini kamu dapat mengidentifikasi apa yang membuatmu merasa bahagia.

Jika Kamu berfokus pada apa yang menurutmu yang harus dilakukan dan membandingkan dirimu dengan teman dan keluarga, maka kamu akan kehilangan tujuan yang sebenarnya. Ikuti hasratmu dan gunakan itu sebagai motivasi untuk mencapai tujuan pribadimu.

3. Menjaga Kesehatan Diri
Berfokus pada diri sendiri akan membuatmu meluangkan waktu untuk menyelaraskan pikiran dan perasaanmu untuk mengurangi pikiran negatif dan merasa lebih percaya diri dalam pengambilan keputusan. Misalnya rutin olahraga di pagi hari, mendengarkan musik yang di sukai atau berjalan-jalan di taman dapat membantu kamu merasakan lebih banyak kedamaian dalam hidup.

4. Buat Rencana
Saat Kamu lebih rileks dan merasa tenang, kamu dapat meluangkan waktu untuk membuat rencana. Meluangkan waktu untuk menuliskan apa yang kamu inginkan dalam hidup dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut, misal dengan membuat tujuan kecil setiap minggunya yang mungkin akan lebih mudah untuk dicapai dan diharapkan dengan menyusun perencanaan tersebut dapat membuatmu bisa menentukan sebuah keputusan yang tepat untuk langkahmu berikutnya.

Setelah Kamu memiliki rencana tersebut, Kamu dapat mulai menerapkan langkah-langkah kecil untuk membuat perubahan yang dapat membantu memperbaiki sikapmu. Jika sikapmu terhadap diri sendiri jadi lebih positif maka Kamu dapat meningkatkan kepercayaan diri.

5. Mencari Pekerjaan / Kesibukan Sampingan
Walaupun benar bahwa pekerjaan sampingan juga membutuhkan waktu, tenaga, dan dedikasi, Kamu dapat melihat ini sebagai cara untuk terlibat dalam hobi dan minat dengan bonus menghasilkan uang dan berhubungan dengan orang lain. Kamu tidak pernah tahu, pekerjaan sampingan Kamu dapat berubah menjadi hasrat penuh waktu Kamu dan bahkan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Kamu bayangkan. Didik diri Kamu sendiri tentang perusahaan atau memiliki bisnis sendiri dan jangan takut untuk mencoba.

6. Temukan Dukungan
Menemukan dukungan dengan teman dan keluarga akan membantu Kamu merasa diakui. Memiliki sistem pendukung yang sehat akan membuat Kamu merasa aman dalam mengekspresikan pikiran dan perasaan Kamu. Ketika Kamu terbuka dan rentan, orang lain juga dapat membagikan perasaan mereka dan Kamu mungkin mulai menyadari bahwa Kamu tidak sendirian.

7. Cari Bantuan Profesional
Ketika Kamu sampai pada titik di mana Kamu berkata, 'Saya tidak tahu harus berbuat apa lagi,' maka ini saatnya untuk mencari bantuan profesional. Hubungi penyedia layanan kesehatan atau temukan terapis yang berspesialisasi. Ceritakan apa yang kamu alami sehingga mereka tahu bagaimana cara membantumu. Jika Kamu merasa tidak tahu harus mulai dari mana, tanyakan pada seseorang yang kamu percayai. Menemukan sumber daya yang tepat akan membuat perbedaan dan membantumu merasa lebih percaya diri dalam bergerak maju melalui proses ini.

Edited  by Zia, M. Psi. Psikolog
Sumber : https://www.choosingtherapy.com/quarter-life-crisis/