Jenis-Jenis Profesi pada Marketing

Berkarier di dunia marketing seperti terlihat simple tapi sebenarnya cukup hectic lho. Jika kamu mampu dalam hal analisa serta hal-hal kreatif, maka marketing adalah tempat untukmu berkarir. Dan berikut ini beberapa jenis profesi pada marketing yang bisa kamu pilih sesuai passionmu

  1. Brand Marketing
    Teknik ini merupakan cara pemasaran suatu produk yang bertujuan mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya dengan cara memperkenalkan brand produk tertentu.
  2. Digital Marketing
    Kegiatan ini merupakan teknik pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuannya untuk menjangkau banyak konsumen dengan cara yang lebih efisien.
  3. Event Marketing 
    Kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mempromosikan bisnis, merek, produk, hingga jasa yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Untuk mengadakan kegiatan event marketing, ada tahapan yang perlu kamu lalui mulai dari perencanaan kegiatan, eksekusi, hingga evaluasi kegiatan.
  4. Content Marketing 
    Content marketing adalah teknik pemasaran yang menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan menarik, dengan melibatkan target audience yang jelas dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang bisa mendapatkan keuntungan.
  5. Product Marketing 
    Suatu kegiatan pemasaran suatu produk yang dikembangkan oleh perusahaan tentang bagaimana, kenapa, kapan, dimana dan mengapa perusahaan mempromosikan produk tersebut.
  6. Niche Marketing
    Kegiatan niche marketing memiliki target konsumen dan pasar lebih spesifik sehingga lebih tepat sasaran. Misalnya pada bidang kesehatan, kebugaran tubuh dan lainnya.
  7. Strategi Pemasaran
    Strategi ini dirancang untuk mempromosikan jasa atau produk. Strategi pemasaran merupakan keseluruhan usaha dari suatu bisnis untuk menarik konsumen dengan memberikan prospek yang tepat sehingga membuat konsumen menjadi pelanggan tetap untuk produk yang ditawarkan.
  8. Analisis Pemasaran
    Kegiatan ini merupakan proses pengelolaan serta mempelajari metrik data untuk menentukan return on investment (ROI) pemasaran untuk melihat faktor atau hal-hal apa saja yang memengaruhi keberhasilan usaha pemasaranmu.

Nah, jadi sudah tahukan apa-apa saja jenis-jenis profesi dalam dunia marketing. Kalau minat kamu pada bidang apa?

Disusun oleh : Zia, S. Psi, M. Psi.