Alumni Profile - Ihza Azyu Azra - CEO Kodio

     Ihza Azyu Azra, Binusian 2021 jurusan Management. Saat ini memiliki usaha yang bernama Kodio dan menjabat sebagai (Chief Executive Officer ) CEO .

Bagaimana perjalanan kuliah di BINUS University dan bagaimana BINUS membekali anda masuk ke dunia usaha.

     Ihza memulai perkuliahan di BINUS University pada tahun 2017 pada jurusan Management dan Ihza tidak terlalu sulit untuk mengikuti materi yang diajarkan dikarenakan sewaktu SMA Ihza berasal dari jurusan IPA, dibuktikan ketika lulus dari BINUS University, Ihza menerima predikat cumlaude, dan menyelesaikan pendidikan pada 2021. Bagi Ihza, perjalanan kuliah di BINUS University cukup seru, dan ini juga menjadi pengalaman pertama untuk menempuh pendidikan disekolah swasta, karena selama ini Ihza selalu menempuh pendidikan disekolah negeri.

     Tentunya Ihza merasa menjalani pendidikan disekolah swasta lebih menyenangkan dan seru, karena sistem pendidikan dan aturan yang lebih mudah dan tidak terlalu ribet. Selama perkulihan juga Ihza mengalami banyak lika-liku dalam pendidikan dan juga perbedaan budaya dimana Ihza berasal dari Bandung.

     Ihza merasa sangat terbantu mengenai pengetahun dalam membangun sebuah usaha, karena BINUS University sendiri memiliki program 3+1, dan 1 tahun bisa langsung terjun ke Industri. Ini menjadi poin plus bagi Ihza dibandingkan orang lain karena sudah memiliki bekal bekerja dan praktek secara langsung dilapangan. Sewaktu menjalani program 3+1, Ihza memilih magang di salah satu marketing agency yaitu Sharkmind, dimana Sharkmind menangani brand-brand besar yang bernilai puluhan juta dolar.

     Secara tidak langsung juga program 3+1 yang diberikan oleh BINUS University sangat membantu Ihza. Meskipun Ihza pernah mengalami dilema, dimana Ihza harusnya bisa lulus 3,5 tahun tetapi tertunda dan menjadi 4 tahun untuk menyelesaikan pendidikan S1. Selain itu juga, BINUS University juga menyiapkan para mahasiwanya dengan mata kuliah entrepreneur 1 dan 2, ada juga mata kuliah bisnis produk canvas dll. Ini bisa menjadi panduan awal dan fundamental cara berpikir kedepannya. BINUS University juga memiliki perpustakaan yang cukup lengkap dan ter-update tentang bisnis, sehingga sewaktu masih menempuh pendidikan di BINUS, Ihza bersama temannya beberapa kali singgah ke perpustakaan untuk sekedar membaca ataupun meminjam buku-buku tersebut.

     BINUS University juga selalu mengadakan event-event onsite yang menghadirkan pembicara-pembicara yang berkualitas dan dari sana Ihza bisa menambah pengetahuan dan informasi secara gratis. Ihza juga pernah mengikuti BINUS Startup Accelerator dari BINUS University dimana program ini merupakan fasilitas untuk membantu mahasiswa dan alumni belajar membangun startup.  Program ini dibimbing oleh dosen-dosen dan coach-coach  yang ahli pada bidang ini serta juga diberi kesempatan untuk pitching.  Bagi Ihza, secara langsung dan tidak langsung BINUS University telah memberikan fasilitas yang luar biasa dalam bisnis dan karir yang Ihza capai saat ini.

     Ketika telah menjalani program magang selama 3 bulan dan Ihza berada pada divisi digital strategis, dan karena performa dari Ihza yang terus meningkat dan sangat bagus, maka Ihza diberikan kesempatan untuk promosi naik menjadi marketing manager. Dimana Ihza bertanggung jawab terhadap brand-brand dari klien. Pada saat menjadi marketing manager, Ihza memiliki beberapa staf yang bahkan memiliki background pendidikan yang lebih tinggi dari ihza. Hal ini menjadi tantangan sendiri, karena cukup jarang anak muda harus menangani staff yang lebih tua.

     Ketika saat pandemi Covid-19, Ihza bersama temannya mulai berfikir untuk menjalankan sebuah bisnis yang saat ini bernama Kodio, dan pada bulan pertama saja Kodio sudah balik modal, dikarenakan mendapat momentum yang pas dengan adanya pandemi, karena pada saat pandemi memaksa setiap orang harus belajar secara online dari rumah dan semua pembelajaran dilakukan secara online. Hal tersebut yang membuat Kodio mulai mendapat respons positif dan terus berkembang sampai bisa menjadi sebuah PT (Perseroan Terbatas).

Bagaimana pengalaman berorganisasi selama berkuliah di BINUS.

     Sewaktu menjalani pendidikan di BINUS University, Ihza mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa yaitu BNCC (Bina Nusantara Computer Club). Awalnya, mengapa Ihza sangat tertarik untuk bergabung dalam BNCC adalah karena Ihza melihat bahwa BNCC memiliki ruko 3 lantai di pinggir jalan. Akhirnya Ihza datang ke boothnya untuk melihat dan bertanya-tanya, dan ihza melihat bahwa BNCC memiliki banyak senior yang luar biasa, salah satunya bos Ihza pernah bergabung di BNCC. Dulu beliau juga pernah presentasi di BNCC tentang cara memulai International dropship dan berhasil mendapatkan 800.000 dollar dalam 8 bulan dan juga menjelaskan bahwa digital marketing akan menjadi salah satu profesi yang akan besar. Hal tersebutlah yang membuat Izha  dari semester 1 sudah mempersiapkan untuk menjadi seorang digital marketing dan juga memotivasi untuk Ihza bergabung ke BNCC. Program-program dari BNCC sangat banyak membantu Ihza, sehingga bisa menjadi seperti saat ini. Ihza juga menyebutkan bahwa UKM ini sangat mandiri bahkan bisa membuat sebuah event dengan sponsor-spponsor dari beberapa unicorn seperti Tiket.Com, Gojek, Grab, Ovo, dan juga Bukalapak.

     Didalam BNCC Ihza masuk dalam divisi PR (Public Relation) dimana Ihza dituntut harus memiliki kartu nama agar bisa mendukung kegiatan dan tanggung jawab dalam divisi tersebut. Ihza juga harus deal bersama klien dan juga pernah jualan software untuk mendapatkan revenue, sehingga Ihza bisa datang ke event2 besar seperti Tech In Asia dimana harga tiketnya bisa 1 sampai 2 juta. Dan dari sinilah Ihza bisa membangun dan mendapat koneksi-koneksi dengan orang-orang baru.

     Ihza juga menjelaskan bahwa organisasi BNCC ini sangat solid dari senior sampai yang baru-baru masuk, dan tentunya organisasi BNCC menjadi wadah bagi Ihza untuk bisa bertumbuh dengan cepat dengan skill yang telah di persipakan sehingga bisa langsung praktek dilapangan, karena BNCC memiliki program kerja yang sistemnya benar-benar rapih dan siapapun yang menjalankan pasti akan bisa menyesuaikan dan hal ini lah akhirnya yang membuat BNCC jadi pabrik yang bisa menghasilkan talenta-talenta yang bagus.

Background usaha saat ini.

     Dimulai sewaktu pandemi Covid-19 dan Ihza memiliki cukup waktu luang. Hal itu membuat Ihza dan temannya ingin menemukan solusi dari permasalah dimana perusahan-perusahaan mengalami kesulitan untuk mencari talent-talent apalagi talent IT. Akhirnya Ihza dan temannya menemukan sebuah ide dengan memulai membuat sesuatu yang simple yaitu membuat video pembelajaran yang dijalankan secara online. Awalnya dimulai dengan membuat website, video, yang di produksi sendiri kemudian mengiklankan usaha ini. Tanpa disangka bahwa hari pertama langsung closing dan juga mendapat reaksi yang bagus dari customer. Hal ini yang membuat Ihza bersama temannya mulai serius menjalani usaha ini, meskipun pada saat itu Ihza bersama teman-temannya masih terikat dan memiliki pekerjaan.

     Untuk mengelola usaha ini, ihza bersama teman-temannya menjalankan secara part time dan berkomitmen. Selama 1,5 tahun usaha ini berjalan, Ihza beserta teman-temannya tidak mengambil gaji ataupun keuntungan, tetapi menginvestasikan kembali dengan membuat konten yang baru dan pengembangan website agar lebih bagus dan friendly. Pada saat ini perusahaan Kodio bisa menghasilkan sebanyak 100.000 dolar dalam 1 tahun. Ihza bersama temannya bahkan tidak menyangka bahwa Kodio akan mendapat margin profit sampai sebesar ini, dan ini juga menjadi modal yang sangat bagus bagi Ihza dan temannya dalam memulai sebuah bisnis. Saat ini juga Kodio sudah hadir dan membantu puluhan member/customer diseluruh indonesia secara online. Kodio juga sudah memiliki ratusan ribu followers di instagram dan visitor puluhan hingga ratusan ribu setiap bulannya. Harapan kedepannya agar Kodio bisa menjangkau setiap orang baik dalam dan luar kota agar bisa belajar dengan mudah mengenai IT.

Apa tantangan terbesar anda di usaha saat ini, dan bagaimana cara anda menanganinya.

     Bagi ihza tantangan terbesar saat ini adalah mencari talenta-talenta yang bagus. Karenakan untuk mencari talent yang bagus maka harus dibayar dengan harga yang mahal dan perusahaan-perusahaan yang baru mulai akan langsung kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah invest sebesar jutaan dolar. Karena menurut ihza, didalam startup atau perusahaan tentu talent adalah nomor 1 dalam eksekusi.

     Pada saat ini Ihza masih dalam pencarian talent, guna mendukung dan menjalankan perusahaaan yang dijalani saat ini yaitu Kodio. Karena jika perusahaan ingin berkembang dan besar maka akan dibutuhkan juga talent-talent yang bagus juga. Saat ini juga Ihza terus belajar dan mencari tahu agar selalu relevan dengan zaman saat ini, mulai dari materi yang diajari sehingga selalu sesuai dengan yang konsumen inginkan.

Bagaimana cara membagi waktu

     Ihza menjelaskan bahwa kita harus mengetahui priority management, sehingga kita akan mengetahui hal mana yang harus diprioritaskan. Bagi Ihza sendiri dikarenakan saat ini belum menikah, sehingga masih cukup memiliki waktu luang dan bisa bersantai serta Ihza juga belum memiliki tanggung jawab seperti harus pulang lebih cepat. Maka jika Ihza memiliki waktu, maka ihza akan pulang untuk bertemu orang tua dan adik-adiknya, jika sedang santai maka ihza akan melakukan video call kepada orangtua.

Apa goals kedepannya baik dalam karir dan kehidupan pribadi.

     Ihza Ingin fleksibel dan ingin memiliki bisnis yang sukses dan juga berdampak kepada masyarakat. Untuk target sendiri dalam bisnis, dalam waktu dekat 1-3 tahun kedepan Ihza ingin memiliki valuasi jutaan dollar dan juga Ihza sangat ingin berkeliling dunia serta ingin memiliki wadah untuk membantu banyak orang serta memiliki hidup yang bisa bermaafat untuk orang lain.

Hobby

     Ihza memiliki hobi yaitu bermain Game, dan Ihza menyukai game FIFA, NBA, dan juga game bernuansa pertualangan. Ihza juga memiliki hobi menonton, dan pada tahun ini (2022) Ihza memiliki hobby baru yaitu GYM. Ihza akan datang ke GYM setiap hari senin-sabtu dan istirahat pada hari minggu.

Pesan-pesan untuk Binusian

     Gunakanlah waktu untuk meningkatkan skill dan persiapkan juga skill tersebut dengan menggunakan waktu sebaik mungkin, Sehingga ketika kesempatan datang, kalian sudah siap dari skill dan dengan kesempatan tersebut.

Kenapa anda merekomendasikan kuliah di BINUS

     Karena di BINUS University kalian akan memiliki lingkungan yang tepat untuk meraih impian kalian, BINUS University juga mendukung mahasiswanya dengan fasilitas, pelajaran, dan juga kurikulum yang berbeda dengan kampus yang lain, serta dengan adanya program 3+1 maka disana kalian akan sangat terbantu untuk memulai karir kalian.

Harapan untuk BINUS University.

     Semoga BINUS University bisa menjadi perguruan tinggi dengan standar internasional dan juga memiliki kualitas dunia.