Alumni Profile - Andry Yohannes Direktur - PT. Enviro Bio Lestari.

                Andry Yohannes Binusian 2000 jurusan Komputer Akuntansi, Univesitas Bina Nusantara, yang saat ini berkarir sebagai Managing Director PT. Enviro Bio Lestari yang berlokasi di Jakarta.

Perjalanan Andry Yohannes dari lulus kuliah hingga saat ini.

                Pada tahun 1995, Andry memulai perkuliahannya di BINUS University dengan mengambil jurusan Komputer Akuntansi. Saat memulai kuliah Andry sudah bekerja sehingga membuat Andry kuliah di kelas malam (istilah yang sering digunakan oleh mahasiswa saat itu, karena perkuliahan dimulai pada malam hari) dengan jumlah sks sebanyak 16 SKS. Tepatnya pada tahun 2000 Andry menyelesaikan jenjang S1-nya, dikarenakan minat yang cukup besar terhadap perkembangan teknologi pada waktu itu, pada tahun 2002, Andry memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 ke University of Technology Sydney yang berada di Australia dengan mengambil jurusan Computer Science (Master of Science in Computing). Baginya menjadi sebuah tantangan tersendiri karena program studi yang diambilnya bisa dikatakan berbeda dengan program studi yang diambil pada jenjang sebelumnya. Saat sesi wawancara pihak University of Technology Sydney mempertanyakan terkait perbedaan program studi yang akan dia ambil, sehingga memerlukan dukungan berupa rekomendasi dari dosen. Bapak Subekti, dosen yang mengajar saat itu kemudian membantu Andry dengan menuliskan sebuah surat rekomendasi yang menyatakan bahwa Andry memiliki kemampuan dan pengetahuan yang dapat dijadikan bekal Andry untuk melanjutkan studi di University of Technology Sydney. Selain memerlukan surat rekomendasi pihak universitas juga meminta Andry untuk menerjemahkan silabus yang dipelajari saat berkuliah di BINUS University. Salah satu nilai tambah yang dilihat oleh University of Technology Sydney adalah Andry sudah mempelajari Bahasa pemrograman Cobol yang cukup  terkenal di masa itu. Sehingga Andry diterima oleh University of Technology Sydney di program studi Computer Science (Master of Science in Computing).

             

   Pada tahun 2004 setelah menyelesaikan pendidikan dari University of Technology Sydney, Andry memutuskan kembali ke Indonesia dan kembali bekerja di perusahaan sebelumnya yang ditinggalkan ketika melanjutkan pendidikan di Australia. Andry bekerja di PT. Hardaya Inti Plantations selama kurang lebih 4 tahun lamanya. Selama bekerja Andry menganggap bahwa bekerja di Indonesia sudah menjadi zona nyaman, Andry ingin mencari peluang dan kesempatan baru lainnya. Oleh karena itu Andry memutuskan untuk kembali negara ke Australia yang dirasa akan memiliki lebih banyak tantangan dan pengalaman baru. Setelah berangkat ke negara Australia Andry sudah mencoba bekerja di beberapa industri yang berbeda-beda, diantaranya business process outsourcing, fashion, textile printing dan lainnya.

                Setelah melalang buana bekerja di negara kanguru selama kurang lebih 7 tahun lamanya merantau, sekitar akhir tahun 2015 Andry kembali ke Indonesia bekerja secara remote di sebuah perusahaan teknologi informasi yang ada di Australia. Beberapa bulan di Jakarta, Andry mendapat penawaran dari teman-temannya untuk mensupervisi sebuah proyek Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, yaitu proyek  pengolahan air limbah yang dimana keberadaan pengolahan air limbah tersebut membuat masyarakat sekitar cukup terganggu mulai dari air yang tercemar, bau, dan lain-lain. Setelah mengerjakan proyek tersebut kurang lebih 6 bulan, Andry bersama teman-temannya melihat potensi yang cukup besar untuk mendirikan perusahaan pada bagian pengolahan limbah, dan di awal tahun 2017 Andry Bersama dengan teman-temannya mendirikan sebuah perusahaan yang mengkhususkan pada produk bio-teknologi khususnya untuk pengolahan air limbah yang diberi nama PT. Enviro Bio Lestari dan Andry dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur.

Pengalaman Andry Yohannes bekerja sebagai Direktur PT. Enviro Bio Lestari

                Menurut Andry, tantangan bekerja di PT. Enviro Bio Lestari yaitu melakukan edukasi ke perusahan-perusahaan untuk tidak langsung membuang air limbah ke badan air, melainkan mengajak perusahaan untuk mengolah air limbah tersebut terlebih dahulu agar tidak mencemari dan menjaga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Di Indonesia sendiri menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk melakukan edukasi terkait hal tersebut, dikarenakan beberapa perusahaan menganggap bahwa air limbah perusahaan pada dasarnya tidak memiliki value sehingga mengolahnya berarti menambah beban biaya produksi. Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan Peraturan Pemerintah terkait ambang batas air limbah perusahaan yang diperbolehkan sesuai dengan jenis industrinya. Dinas Lingkungan Hidup saat itu memiliki keterbatasan dalam cakupan pengawasan, sedangkan jumlah perusahaan di Indonesia yang menghasilkan air limbah sangat banyak dengan ukuran perusahaan yang beragam, mulai dari perusahaan kecil hingga besar, sehingga tidak semuanya masuk dalam pengawasan Dinas Lingkungan Hidup. PT. Enviro Bio Lestari cukup mudah untuk masuk ke beberapa perusahaan yang memiliki integritas bagus. Perusahaan rekanan Pak Andry mau untuk menerima edukasi terkait pengolahan air limbah, namun sering kali Andry menemui perusahaan-perusahaan lain memanggil PT. Enviro Bio Lestari ketika perusahaan tengah menghadapi masalah setelah mendapat teguran dari Dinas Lingkungan Hidup terkait temuan baku mutu air limbah yang berkapasitas tinggi dan tidak boleh langsung dibuang ke badan air. Perusahaan Pak Andry biasanya dipanggil oleh perusahaan karena kebutuhan khusus dari perusahaaan itu sendiri, sebagai contohnya untuk mendapatkan sertifikat Majelis Ulama Indonesia (MUI) dimana perusahaan diharuskan untuk mengolah air limbahnya dengan baik dan benar. PT. Enviro Bio Lestari memiliki produk-produk bio-teknologi untuk pengelolaan air limbah dengan pemanfaatan bakteri untuk mengurai kandungan organik yanga ada pada air limbah (pengolahan secara biologi). Proses ini selain efektif juga aman terhadap lingkungan untuk suatu masa depan yang berkelanjutan.

Bagaimana pandemi Covid-19 mempengaruhi pekerjaan?

                Menurut Andry, Covid-19 cukup mempengaruhi semua kalangan masyarakat dan juga bisnis perusahaan. Pandemi juga mempengaruhi beberapa sektor industri sehingga menyebabkan perusahaan yang terdampak menutup pintu. Hal ini dirasa ketika Pak Andry ingin menawarkan kerjasama dengan beberapa perusahaan dalam prosesnya harus melalui banyak proses, otorisasi dan protokol. Pandemi Covid-19 juga mempengaruhi beberapa sektor industri, baik yang mengalami penurunan ataupun peningkatan, salah satu contoh industri yang tidak mengalami penurunan yaitu sektor industri yang bergerak di bagian food and beverage (industri makanan) dan tetap menggunakan produk dari PT. Enviro Bio Lestari untuk pengolahan air limbah. Melihat perkembangan pasar PT. Enviro Bio Lestari juga melakukan riset ke perusahaan yang merupakan pelanggan, Andry tergerak untuk membantu perusahaan langganan dengan cara memberikan produk secara gratis selama periode tertentu sehingga membantu perusahaan pelanggan agar dapat survive menjalankan industrinya. Andry memiliki filosofi bisnis yang mana dimengerti juga oleh stakeholder PT. Enviro Bio Lestari, “Bukan hanya sekedar mencari keuntungan dari pelanggan, tetapi bagi kami pelanggan adalah partner (mitra), apa yang PT. Enviro Bio Lestari terima maka akan dikembalikan juga ke pelanggaan terutama disaat mereka membutuhkan”. Hal ini terbukti ketika beberapa perusahaan yang sudah dibantu, saat bisnis mereka kembali stabil bahkan membaik, maka perusahaan tersebut terus menggunakan produk PT. Enviro Bio Lestari hingga saat ini.

Kuliah di BINUS University membekali Andry Yohannes masuk ke dalam dunia kerja.

                Pengalaman bekerja Andry secara profesional telah dimulai sejak tahun 1996 yang bekerja di PT. Hardaya Inti Plantations dan pada saat itu pula Andry masih menjalani Pendidikan S1 Semester 2 di BINUS University. Andry menjelaskan bahwa BINUS University baik secara langsung maupun tidak langsung sudah membekali Andry untuk masuk ke dalam dunia kerja, diantaranya adalah ilmu yang terkait bisnis proses, praktikal dan sistem. Sewaktu masih bekerja di PT. Hardaya Inti Plantations, Andry mendapat tugas dan tanggung jawab untuk membuat sistem yang baru untuk perusahaan, ketika perusahaan membuka sebuah perkebunan baru di suatu tempat, maka Andry akan ditempatkan dan diterjunkan selama beberapa  bulan di perkebunan baru tersebut untuk membuat sebuah sistem disana sehingga proses kerja dan sistem operasional perkebunan tersebut bisa sesuai dengan harapan perusahaan.

Tips dalam menemukan passion

                Andry menuturkan bahwa “Hidup harus selalu memiliki target, yang harus dicapai sehingga kita bisa memiliki motivasi untuk mencapai hal tersebut dan harus bisa bekerja semaksimal mungkin dengan apa yang ada ditangan, bukan sekedar berangan-angan”.

Tips to be happy

                Menurut Andry tips untuk happy adalah “Selalu bersyukur, apa yang kita miliki saat ini kita harus selalu bersyukur, tidak perlu membandingkan pencapaian kita dengan orang lain dan selalu kerjakan semua hal dengan maksimal dan yang terbaik dari diri kita.”

Goal dalam karir dan kehidupan pribadi

                Andry memiliki goals agar produk dan jasa PT. Enviro Bio Lestari bisa lebih banyak dikenal, karena pada saat ini PT. Enviro Bio Lestari masih menjual ke perusahaan besar saja, Andry berharap agar bisa memperkenalkan teknologi ini kepada perusahaan-perusahan sekala menengah dan kecil agar lebih banyak orang mengerti tentang pentingnya pengolahan air limbah dan tidak langsung membuang ke badan air, yang tentunya dapat mencemari lingkungan. Menurut peraturan perdagangan di Indonesia menjelaskan bahwa perusahaan perdagangan besar tidak bisa secara langsung melakukan penjualan  secara retail. Maka pada tahun 2019, Andry bersama temannya mendirikan sebuah perusahaan baru dengan nama PT. Solusi Bio Organik yang akan fokus terhadap distribusi penjualan produk secara retail.

                Andry juga memiliki impian untuk “Balance Life”, saat ini Andry menjabat wakil ketua IKABINUS periode 2022-2025 dan juga anggota di beberapa organisasi lainnya, maka dari itu Andry berharap bisa membagi dan mengatur waktu dengan lebih baik agar kehidupan pribadi dan kehidupan berorganisasi bisa berjalan berdampingan dengan baik. Andry juga memiliki filosofi hidup, untuk menabur kebaikan, selalu meluangkan waktu untuk hal yang berguna, dan Andry akan merasa bahagia jika orang juga bahagia.

Pengalaman organisasi Yayasan Obed Edom Indonesia dan Perkumpulan Penghuni Puri Botanical Michelia

                Cikal bakal dari berdirinya Yayasan Obed Edom yaitu di daerah Lampung Timur dan berdiri sekitar tahun 2019. Awalnya Yayasan Obed Edom Indonesia, dimulai dengan kumpulan beberapa orang yaitu Andry dan teman-teman untuk membantu anak-anak dari Pendeta sehingga orang tua (Pendeta) dapat fokus untuk melayani umat dan jemaat di daerah-daerah, dan tidak perlu bekerja secara penuh (full time) untuk keperluan biaya pendidikan dari anak-anak mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, Andry memiliki ide untuk membentuk sebuah Yayasan agar misi kegiatan ini dapat berbadan hukum, sehingga pengajuan proposal dan pelaporan khususnya Laporan Keuangan lebih accountable. Pada awal berdiri Yayasan Obed Edom, Andry ditunjuk sebagai Ketua Pembina. Yayasan Obed Edom Indonesia fokus untuk membantu pendidikan anak-anak kurang mampu dari daerah, contohnya ketika awal pandemi Covid-19, Pemerintah menerapkan peraturan baru yaitu bahwa proses belajar mengajar di lakukan secara online. Dikarenakan tidak semua daerah bisa mengakses jaringan internet yang stabil dan bagus untuk melakukan proses belajar, maka Andry dan teman-teman yang berada pada Yayasan berinisiatif untuk mendirikan sebuah tower jaringan wifi agar anak-anak di daerah tersebut bisa mengakses jaringan internet dan melaksanakan kegiatan belajar secara online. Pada dasarnya Yayasan Obed Edom Indonesia ini bertujuan untuk membantu biaya pendidikan dari anak-anak dari Pendeta di daerah-daerah dan berkembang untuk membantu anak-anak yang kurang mampu dari daerah-daerah untuk mendapat Pendidikan yang terbaik.

                Puri Botanical Michelia merupakan sebuah cluster perumahan dengan memiliki kurang lebih 200 KK (kepala keluarga). Pada suatu titik untuk pengelolaan cluster perumahan akan diserahkan kepada warga dari developer. Pengelolaan perumahan Puri Botanical Michelia telah dimulai oleh warga sejak tahun 2017. Pada tahun 2018 seorang pengurus mengundurkan diri dikarenakan harus bertugas pada Department Perdagangan di New York, dan pada akhir tahun tersebut juga Andry menjadi pengurus pada perkumpulan Puri Botanical Michelia menggantikan salah satu pengurus yang mengundurkan diri, dan Andry bertanggungjawab pada bagian pengawas pengelola. Pada tahun 2019, ketika Andry menjalani tugas sebagai pengawas, salah satu hal yang dilakukan oleh Andry yaitu menaikkan gaji petugas kebersihan dan landscaping, karena pada waktu masuk menjadi pengurus Andry terkejut dikarenakan gaji petugas kebersihan dan landascaping yang diberikan vendor kebersihan dan landscaping yang bekerja pada perumahan Puri Botanical Michelia jauh dibawah UMP (Upah Minimum Provinsi) DKI, sehingga membuat Andry membantu untuk menaikkan gaji mereka dengan cara melakukan tender ulang bagi vendor kebersihan dan landscaping dengan pesyaratan gaji petugas dinaikan sesuai kebutuhan yang layak dengan nilai kontrak kerja yang sama. Pada akhir tahun 2020,  Andry di tunjuk menjadi ketua pada perkumpulan penghuni Puri Botanical Michelia, salah satu hal yang dilakukan Andry adalah melakukan efisiensi terukur dengan menurunkan biaya IPL (Iuran Pengelolahan Lingkungan) pada awal tahun 2021 berkaca pada pandemi Covid-19 yang berdampak kepada usaha maupun pekerjaan penghuni Puri Botanical Michelia. 

Pesan-pesan untuk Binusian

                “Dengan semakin berkembangnya teknologi, selalu gunakan kesempatan yang ada dan jangan pernah lelah untuk belajar, berusahalah untuk selalu memberikan yang terbaik, kerjakan apa yang ada ditangan, bukan sekedar berangan-angan”.

                Saya sangat merekomendasikan BINUS University karena merupakan institusi pendidikan tingkat tinggi yang dinamik, selalu berkembang secara bagus dan adaptif sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja maupun di dunia usaha. BINUS University juga memiliki ekosistem yang bagus mulai dari koneksi dengan mahasiswa, koneksi dengan alumni dan koneksi dengan industri. BINUS University juga menciptakan ekosistem yang sangat bagus dimana sesama binusian selalu saling membantu.