Articles

Tips Berkomunikasi yang Baik Dengan Rekan Kerja

Berkomunikasi di tempat kerja adalah hubungan interpersonal dan profesional yang dibangun melalui kepekaan, kemampuan untuk mendengarkan, partisipasi aktif, tetap sopan dan juga memperhatikan bahasa tubuh lawan bicara dengan tepat. Tujuannya adalah agar terbangun suasana yang kondusif dan produktif dalam mencapai tujuan bersama. Komunikasi di tempat kerja tidak selalu harus formal, terkadang kita bisa melakukan komunikasi non formal, seperti pembicaraan yang sifatnya bercanda. Namun perlu diingat bahwa tetap harus sopan.

Berikut terdapat beberapa tips mengenai berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja :

1. Respect

Jaga sikap dengan perhatikan intonasi dan bahasa tubuh saat berbicara. Tidak mudah menjudge dan memotong pembicaraan. Dengan saling menghormati selama berkomunikasi maka kita akan merasa nyaman dan tujuan pembicaraan yang akan dicapai dapat tersampaikan dengan baik dan tepat.

2. Use 3 magic words

Saat kita berkomunikasi jangan lupa untuk mengucapkan kata Maaf ketika kita melakukan suatu kesalahan. Menggucapkan kata Tolong ketika kita membutuhkan bantuan orang lain. Mengucapkan kata Terima kasih ketika kita selesai melakukan pembicaraan atau saat kita sudah mendapatkan pertolongan dari orang lain.

3. Mendengarkan

Dengarkan pembicaraan atau kebutuhan lawan bicara. Perlu diperhatikan proses mendengar pada komunikasi cukup penting. Tidak hanya sekedar mendengar saja tetapi ada proses memahami. Terkadang banyak orang pura-pura mendengarkan atau mendengarkan yang hanya berpusat pada diri sendiri.

4. Beri apresiasi

Berikanlah apresiasi terhadap rekan kerja. Seperti menghargai pembicaraan dan ide-ide yang disampaikan oleh rekan kita. Coba juga untuk berani mengatakan atau mengakui kalau kita tidak memahami apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Agar tidak terjadi salah paham.

5. Empati

Saat berkomunikasi perhatikan emosi atau gesture tubuh yang ditampilkan oleh lawan bicara. Agar kita dapat merespon dengan tepat inti dari pembicaraan. Ada baiknya saat rekan kita sedang berbicara atau bercerita tanyakan terlebih dahulu apakah rekan anda sedang membutuhkan solusi atau memang hanya ingin didengarkan saja.

Semoga bermanfaat


Novi Kurnia Maulidta - Binus Career Consultant


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 27/01/2017

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1157
  • Available Position : 40785
  • Total Jobseekers : 541116
  • Total Employer : 11795