Articles

Bukan Hanya Gaji. Ini 6 Keuntungan Bekerja di Luar Negeri

Banyak orang yang memutuskan untuk bekerja di luar negeri ketimbang mencari pekerjaan di dalam negeri. Alasannya beraneka ragam, misalnya ingin mendulang gaji yang lebih besar atau mencari pengalaman kerja yang mungkin tidak sama dengan bekerja di negara sendiri.

Tentunya untuk bekerja di luar negri tak semudah bekerja di tanah Air. Ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi si calon pekerja. Selain kemampuan berbahasa, Anda juga dituntut untuk mumpuni dan profesional dalam menguasai bidang pekerjaan yang Anda pilih.

Yup, karena Anda bukan saja mencari nafkah, tetapi juga membawa nama baik bangsa.

Nah, berikut ada lima keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan bekerja di mancanegara selain gaji yang lebih tinggi. Beberapa keuntungan ini juga berhubungan dengan peningkatan karir saat Anda kembali ke tanah air:



1. Lebih Mandiri

Sendirian di negeri orang memang menuntut Anda harus mandiri dan siap mengerjakan apa pun tanpa ketergantungan pada orang lain. Berbeda jika Anda di negeri sendiri di mana Anda punya banyak teman, kenalan, saudara, dan juga orangtua yang bisa dimintai bantuan.

Dengan hidup mandiri, Anda akan menjadi lebih tangguh dan bahkan mungkin kreatif. Anda juga akan mudah beradatasi dengan lingkungan yang pastinya berbeda dengan di negara sendiri.


2. Terbiasa Profesional

Keuntungan kedua yang bisa Anda dapatkan adalah terbiasa bekerja lebih profesional. Profesional dalam hal ini adalah bekerja dengan serius, tidak korupsi waktu, atau datang ke kantor dalam kondisi selalu terlambat.

Bekerja di luar negeri memang menuntut Anda untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, karena budaya masyarakat dan budaya perusahaan di sana biasanya tidak sesantai di Indonesia. Bila Anda bekerja suka-suka, percayalah, kontrak Anda tidak akan bertahan lama.


3. Makin Lancar Berbahasa Asing

Anda akan lebih percaya diri berbahasa asing karena Anda tidak punya pilihan bahasa lain dalam berkomunikasi. Seringnya berdialog dan bercakap-cakap bisa memperlancar Anda berbahasa asing. Kalau sebelumnya Anda terkesan kaku, namun lama-lama Anda akan lancar dengan sendirinya. Apalagi kalau sudah memiliki banyak teman dan sudah beradaptasi.

Lancarnya berbahasa asing akan mendukung Anda mendapatkan pekerjaan saat kembali ke tanah air.



4. Nyambi Liburan Gratis

Tidak banyak orang yang bisa berlibur ke luar negeri karena biaya yang dibutuhkan cukup besar. Nah, beruntunglah Anda yang kebetulan bekerja di luar negeri karena Anda bisa memanfaatkan waktu libur kerja dengan melakukan eksplorasi ke tempat menarik di negara tempat Anda bekerja itu, atau bahkan ke negara-negara tetangga.

Ibarat sekali tepuk mendapat dua nyamuk, selain bekerja mendapatkan uang, Anda juga bisa berlibur dan berenang-senang.


5. Menambah Jaringan

Bekerja di negara asing membuka peluang Anda memiliki jaringan yang luas. Artinya teman dan rekan Anda bukan orang Indonesia terus-terusan tetapi juga mereka yang berasal dari negeri berbeda lainnya.

Jaringan ini penting untuk kemajuan karir Anda karena siapa tahu Anda membutuhkan rekomendasi atau bantuan jika kebetulan mengunjungi negara-negara tersebut.

Hubungan baik itu perlu terus dipupuk supaya tidak putus. Beruntunglah Anda karena sekarang sudah ada sosial media yang akan selalu mendukung silaturahmi meskipun dipisahkan samudera dan benua.


6. Memahami Budaya Lain

Bekerja di negara asing tandanya Anda harus belajar dan siap dengan budaya, kebiasaan, adat istiadat, dan juga agama yang ada di tempat Anda bekerja. Belajar memahami perbedaan itu akan menjadikan Anda mengurangi sikap menghakimi sesuatu yang tidak sesuai dengan Anda.

Sikap baru ini sangat mendukung karir Anda selanjutnya jika ingin bekerja di perusahaan yang memiliki karyawan dari banyak negara.

Yang pasti bekerja di luar negeri tak hanya untuk mendapatkan uang. Anda juga akan mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan bekal menarik untuk mendukung karir Anda ke depannya.


Penulis : Tri Susanto

Sumber : http://www.qerja.com/jurnal/view/bukan-hanya-gaji-ini-6-keuntungan-bekerja-di-luar-negeri

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 19/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1090
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537642
  • Total Employer : 11780