Articles

Bisnis Online


Bisnis online merupakan peluang bisnis yang bisa dijalankan dengan cukup mudah tanpa harus mengeluarkan modal yang besar untuk menjalankan bisnis tersebut. Dengan kata ain bisnis yang dijalankan di dunia online merupakan peluang yang sangat tepat saat ini. Apalagi saat ini menurut APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pengguna internet di Indonesia sekitar 88,1 Juta orang dan belanja dari online sebanyak 21 juta orang dan omset transaksi pertahun sekitar 130 Trilyun rupiah. Sungguh nilai yang fantastis. Sehingga ini bisa dijadikan menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa.

Beberapa contoh peluang usaha online yang cukup menguntungkan antara lain:

1. Jadi Blogger

Anda suka menulis, kenapa tidak disalurkan menjadi hobi yang menguntungkan. Buat blog dan mulailah menulis apa saja yang bisa jadi trend. Bisa mengenai fashion, kuliner maupun tempat wisata.

2. Buka Online shop


Ini bisnis yang memang harus diperhatikan, kelihatannya sederhana. Tetapi pengaruhnya sangat besar. Apalagi persaingan di bisnis online shop sangat tinggi.

Yang perlu diperhatikan adalah produk yang akan dijual. Apakah produk itu kita buat sendiri atau kita ambil dari pihak lain atau istilahnya kita jadi seller.

Kalau kita jadi seller, tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena harus melakukan pembelian barang terlebih dahulu, dan dengan resiko jika barang tidak laku maka kita akan mengalami kerugian.

Jika memang tidak memiliki modal yang cukup. Gunakan system dropship. System ini memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan produk terlebih dahulu. Akan tetapi tetap ada kekurangan, harga produk akan sedikit lebih mahal dan keuntungan yang didapat juga sedikit.

3. Web developer


Dengan banyaknya bisnis online, tentunya makin banyak dibutuhkan website yang baik. Jika memang memiliki kemampuan dibidang ini. Jadikan ini sebagai kesempatan yang baik. Pendapatannya bisa dari pembuatan website dan perawatan dari website tersebut.

4. Konsultan Online

Bisnis ini memanfaatkan keahlian yang dimiliki. Karena sifatnya sebagai media konsultasi. Misalnya memberikan konsultasi kepada perusahaan-perusahaan mengenai perpajakan. Tentukan mereka yang memiliki ilmu ini dapatkan menerapkan ilmunya dengan baik. Bagi mereka yang pencinta fashion, tentunya bisa memberikan konsultasi yang berkaitan dengan pakaian.

5. Memanfaatkan Sosial Media


Dengan maraknya social media, tentunya ini bisa menjadikan peluang bisnis buat kita. Bisa saja di media social itu disisipkan berbagai produk yang akan di jual.


Demikianlah beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan secara online. Nah bila masih berminat mencari peluang bisnis yang menguntungkan. Lakukan mulai sekarang. Jangan pernah menunda. Jangan pernah bilang tidak bisa. Kalau tidak mencoba kapan bisanya. Kalau gagal, jadikan itu sebagai uang sekolah dan bisa menjadikan lebih baik lagi di masa mendatang. Semoga sukses !


Penulis: Abdullah Umar, ST, MM

Editor: Riblita Damayanti

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 11/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1092
  • Available Position : 40777
  • Total Jobseekers : 537482
  • Total Employer : 11780