Articles

Hal-hal yang Tidak Perlu Ada di Resume Kerja Anda


Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sedang mencari pekerjaan salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah resume. Resume yang baik tentunya akan memudahkan Anda untuk menerima panggilan kerja. Sebaliknya, terdapat beberapa hal yang akan menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan interview kerja, jika Anda nekat menuliskannya pada resume Anda. Apa saja itu yang menjadi hal-hal yang tidak harus ada pada resume Anda, berikut ulasannya, dilansir dari Toronto, (29/6/2015).


1. Usia

Mengungkapkan usia Anda secara detil pada resume akan berdampak tidak baik untuk kesempatan Anda mendapat panggilan wawancara. Meskipun lowongan pekerjaan yang Anda lamar tidak mencantumkan batasan umur, mereka akan fokus terpengaruh dengan usia yang Anda cantumkan pada resume. Jika mereka merasa Anda terlalu muda atau terlalu tua untuk mereka pekerjaan, kesempatan Anda akan hilang.


2. Alasan Berhenti Dari Pekerjaan Sebelumnya

Perbedaan pekerjaan dan sistem kerja pada pekerjaan Anda sebelumnya tidak perlu untuk Anda tuturkan pada resume Anda. karena bagian ini akan ditanyakan saat proses wawancara berlangsung nantinya, dan perusahaan biasanya akan melihat cara Anda menjawabnya. Jadi menuliskan hal ini pada resume hanya akan menjadikan CV Anda membosankan.


3. Penampakan Fisik

Keterangan seperti berat badan, tinggi, warna kulit, dan visual fisik lainnya tidak dianjurkan untuk dituliskan pada resume. Hal ini mengingat tidak ada hubungannya antara penampilan dan kinerja Anda dalam bekerja. Selain itu penerima kerja tidak perduli, dan tidak mencari pekerja berdasarkan bentuk fisiknya, kecuali Anda melamar pada perusahaan yang menuntut Anda tampil menarik, seperti Costumer Service atau pegawai di Bank. Lain dari pekerjaan ini, tidak perlu cantumkan penjelasan fisik Anda di resume.


4. Referensi

Memiliki link dan networking yang baik akan sangat membantu dalam pencarian kerja Anda, seperti referensi dari mereka yang memiliki pekerjaan yang baik dan terpandang. Namun referensi tidak harus ada di resume Anda. Karena dengan mencantumkan referensi pada resume Anda akan terlihat Anda kurang profesional, kecuali referensi itu relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika referensi itu relevan, hal ini justeru akan memberikan nilai tambah untuk kemampuan Anda pada bidang tersebut. (Mit/Ibo)


Penulis : Meita Fajriana

Sumber : http://m.liputan6.com/lifestyle/read/2215615/4-hal-yang-harus-dihindari-saat-menulis-cv#

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 21/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10928
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496927
  • Total Employer : 11774