Articles

Lima Kebiasaan Makan Yang Mengganggu Produktivitas Kerja


Produktivitas kerja tidak hanya bergantung pada kemampuan Anda mengatur waktu atauaktivitas tertentu. Faktor seperti kebiasaan makan dan minum juga memiliki pengaruh signifikan. Organisasi kesehatan PBB, WHO, menyatakan bahwa kebiasaan makan yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga sebanyak 20%.

Tenang saja, Anda tidak perlu sampai merombak gaya makan Anda besar-besaran untuk menikmati efeknya. Cukup hindari lima kebiasaan makan di artikel yang dapat mengganggu produktivitas Anda ini.


1. Tidak Makan

Kadang kala, ketika Anda nyaris telat ke kantor atau sedang dikejar deadline, Anda memilih untuk tidak sarapan atau makan siang. Keputusan kecil ini akan mempengaruhi tingkat konsentrasi Anda karena otak Anda butuh asupan glukosa untuk tetap aktif dan fokus. Lazimnya otak Anda butuh sekitar 25 gram glukosa untuk tetap berfungsi dengan baik dan jumlah itu dapat ditemui dalam satu buah pisang. Jika Anda tidak punya waktu untuk makan, siapkan sepotong buah sebagai persediaan darurat.


2. Mengkonsumsi terlalu banyak kafein

Di saat Anda sedang butuh suntikan energi untuk menyelesaikan tugas, kafein rasanya memang seperti penyelamat hidup. Kandungan kafein tinggi terutama dalam kopi memang membantu Anda langsung terbangun dan aktif dengan cepat, namun setelah efeknya hilang, Anda akan merasa jauh lebih lemas. Selain itu, konsumsi dengan jumlah besar juga memicu hormon kortisol yang meningkatkan stress level Anda dan berisiko menimbulkan sakit kepala.


3. Terlalu Banyak Makanan Yang Diproses

Makanan siap saji atau cemilan dalam bungkusan memang mudah dan cepat diraih, tapi kandungan gula dan lemak tinggi di dalamnya akan membuat Anda kesulitan untuk fokus. Seperti kafein, Anda memang akan mendapat asupan energi dengan cepat, namun efek setelahnya membuat Anda gelisah. Untuk mempertajam konsentrasi dan menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang, lebih baik konsumsi makanan yang minim zat kimia dan cemilan alami.


4. Mengonsumsi Banyak Karbohidrat Saat Makan Siang

Pernahkah Anda merasa ngantuk selepas makan siang? Makanan sarat karbohidrat cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuat gula darah melejit dan memberi efek suntikan energi instan. Namun setelahnya, energi Anda pun akan terjun bebas, mengakibatkan Anda semakin cepat lemas.


5. Kurang Minum Air

Cairan dalam tubuh berfungsi sebagai media transportasi yang menyalurkan nutrisi dan energi yang Anda konsumsi ke seluruh tubuh. Ketika Anda dehidrasi, detak jantung Anda juga akan bertambah cepat, sehingga Anda pun mudah letih dan lemas saat bekerja.


Penulis : Steffi Teowira

Sumber : http://www.qerja.com/jurnal/view/380-lima-kebiasaan-makan-yang-mengganggu-produktivitas-kerja

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 21/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10928
  • Available Position : 40791
  • Total Jobseekers : 496927
  • Total Employer : 11774