Articles

Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Usaha (Part 1)

Ada beberapa yang perlu diperhatikan oleh para calon pengusaha. Karena hal ini yang akan menentukan seberapa besar usaha anda akan sukses atau tidak. Apalagi banyak sekali peluang usaha yang bisa dilaksanakan. Dan jika tidak memperhitungkan secara baik, maka kegagalan yang sering didapatkan. Inilah salah satu ujian yang pasti akan ditemui, namun banyak yang modal nekat, yang penting buat usaha. Dan inilah yang sering membuat pengusaha pemula mengalami kegagalan. Dampaknya adalah para pengusaha pemula akan trauma dan tidak mau untuk buka usaha lagi.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam berusaha, antara lain:

1. Tentukan ide dari bisnis yang akan di buat.


Tentukan bisnis apa yang akan dilaksanakan. Karena tanpa ide, susah untuk menentukan bisnis yang cocok buat dilaksanakan. Kalau tidak memiliki ide bisnis, biasanya buat bisnis karena ikut-ikutan atau hanya sekedar ikut-ikutan tren. Coba gali dari diri sendiri, bidang usaha apa yang benar-benar dikuasai. Bisa saja dari hobi, komunitas atau ilmu yang memang dimiliki.

2. Buat Business Plan


Setelah mendapatkan ide bisnis yang dianggap paling potensial untuk dijalankan. Sekarang buatlah perencanaan bisnis (Business Plan). Business Plan merupakan blueprint usaha yang akan anda dan karyawan serta pihak-pihak yang akan berkerjasama dengan anda dalam operasionalnya. Selain itu di dalam business plan terdapat unsur-unsur dalam mencari dana, promosi, dan operasional.

3. Lakukan Market Research


Setelah membuat perencanaan bisnis, untuk lebih mengetahui pasar. Maka perlu dibuat sebuah penelitian mengenai pasar yang akan dimasuki. Istilah kerennya market research. Tujuan dari market research ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kondisi pasar, sehingga diketahui siapa sih konsumennya, kompetitornya, keinginan dari konsumen, apa yang tidak diinginkan oleh konsumen. Sehingga mendapatkan hasil yang terperinci seputar hal-hal yang dapat menghambat sekaligus memajukan usaha. Dimana tujuan utama market research ini adalah agar kelak usaha kita bisa berjalan lancar.


Writer : Abdullah Umar, ST, MM

Editor : Riblita Damayanti

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 16/12/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 2544
  • Available Position : 40825
  • Total Jobseekers : 547891
  • Total Employer : 11830