Articles

Seven Characteristics of Good Learners

Kamu sudah lulus kuliah dan telah bekerja di satu perusahaan. Hore.. Berarti otak bisa istirahat dan tidak perlu lagi belajar. Eh tunggu, benarkah demikian? Benarkah tidak perlu belajar lagi setelah bekerja?

Belajar itu sejatinya adalah proses sepanjang hidup. Setiap hari, pasti ada minimal satu hal baru yang kamu pelajari, sekecil apapun itu. Terlebih lagi setelah bekerja, akan ada banyak hal baru yang kamu pelajari. Satu hal penting yang harus kamu ingat, kuliah dan bekerja itu memang berbeda. Di bangku kuliah kamu belajar teorinya, sedangkan di dunia kerja kamu belajar bagaimana mempraktekkannya.

Di https://globaldigitalcitizen.org/seven-characteristics-good-learners, disebutkan ada tujuh karakteristik yang diperlukan agar dapat mempelajari sesuatu dengan optimal:

1. Curious (selalu ingin tahu).

Mereka penasaran akan banyak hal, termasuk di luar bidang ilmunya. Mereka suka mempelajari hal-hal baru. Dapat menguasai hal baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui, memuaskan mereka.



2. Pursue understanding diligently (rajin agar dapat mengerti).

Kebanyakan pengetahuan butuh usaha untuk dapat memahaminya, dan mereka mau berusaha. Mereka mau mencari informasi yang dibutuhkan. Mereka membaca, menganalisa, dan mengevaluasi informasi yang ditemukan. Mereka diskusi dengan orang lain, membaca lebih banyak, belajar lebih banyak, mengenai hal yang mereka tidak pahami; memikirkannya sebelum tidur, saat olahraga, di perjalanan ke kantor, dan juga mendengarkan masukan orang lain. Mereka tidak mudah menyerah dan terus berusaha hingga menemukan jawabannya.


3. Recognize that a lot of learning isnt fun (menyadari bahwa belajar itu tidak menyenangkan).

Mereka memang benar suka belajar dan ada kepuasan tersendiri setelah berhasil menemukan satu jawaban. Tapi proses menemukan jawaban itu yang melelahkan. Karena kebanyakan proses belajar itu meliputi aktivitas yang membosankan, memfokuskan pikiran, memperhatikan detail. Belum lagi punggung pegal, lelah karena terlalu banyak duduk, meja berantakan. Tapi mereka mau menjalaninya demi menemukan jawaban.



4. Failure frightens good learners, but they know its beneficial (mereka takut gagal, tapi tahu kalau gagal itu bermanfaat).

Walaupun gagal berulang kali, mereka mau terus mencoba. Mereka yakin akhirnya akan bisa dan menemukan jawabannya.



5. Make knowledge their own.

Mereka menyesuaikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang mereka miliki, bukan mengartikan pengetahuan baru sesuka hati. Mereka menggunakan pengetahuan baru ini untuk mematahkan pengetahuan sebelumnya yang belum sempurna, untuk menuntaskan ilmu yang belum tuntas, dan untuk mengembangkan pengetahuan baru.


6. Never run out of questions (tidak pernah kehabisan pertanyaan).

Mereka tidak pernah puas dan selalu ingin tahu. Mereka selalu dikelilingi pertanyaan pertanyaan yang tidak mereka ketahui jawabannya, yang jawabannya hanya mereka ketahui sebagian, dan yang menurut mereka jawabannya masih belum bagus.



7. Share what theyve learned (berbagi ilmu kepada orang lain).

Mereka tahu, jika ilmunya tidak diteruskan kepada orang lain maka ilmu tersebut bisa hilang. Jadi, mereka berkomitmen untuk berbagi ilmunya kepada orang lain. Mereka juga dapat menjelaskan ilmunya dalam bahasa yang mudah dipahami lawan bicara.


Karakter mana yang kamu miliki?


by Dian Kartikasari

BINUS Career Consultant

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 05/08/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3748
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11557