Articles

6 Cara Sederhana Menghindari Pikiran Negatif


Pikiran negatif dapat muncul ketika kita memikirkan sesuatu hal yang belum kita ketahui. Seperti hal nya ketika mengirim pesan kepada teman tetapi tidak ada balasan atau hanya sekedar dibaca, kita akan berpikir yang macam macam mengapa tidak ada balasan darinya. Pemikiran negatif hanya membuat seseorang berdiam diri tidak melakukan tindakan apa apa sehingga timbul perasaan putus asa, patah semangat, khawatir, tertekan, dan cemas. Maka dari itu untuk mengindari pikiran negatif dengan memulai berpikir positif pada pola pikir kita. Selama ini apakah kamu sudah mencoba mencari cara untuk menghilangkan pikiran negatif ?

Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari pikiran yang buruk :

1. Stop berpikir hal negatif yang berlebihan

Pemikiran negatif muncul ketika seseorang memikirkan sesuatu hal hal yang buruk secara berlebihan. Bisa muncul dari dalam diri sendiri ataupun dari pengaruh orang lain yang yang membuat kita mulai berpikir yang kurang baik sehingga menimbulkan perasaan khawatir. Oleh karena itu stop untuk terus memikirkan sesuatu hal yang negatif secara berlebihan yang hanya bisa merugikan diri kita sendiri.

2. Stop untuk mengeneralisasikan semua hal kedalam pikiran negatif

Dari pemikiran negatif yang muncul, kita cenderung untuk menyamakan semua kedalam pikiran negatif sehingga aspek lain yang tidak ada hubungan dengan apa yang diri kita pikirkan turut terkena imbasnya dimana hal tersebut dapat merugikan diri sendiri jika terus menerus selalu dilakukan.

3. Tidak menduga duga atau membaca pikiran orang lain (mindreading)

Pemikiran negatif muncul dari diri sendiri yang mencurigai orang lain dengan menduga atau membaca pikiran orang lain yang belum tentu sama dengan apa yang diri kita pikirkan.

4. Stop berpikiran untuk mengambil tanggung jawab akan semuanya

Ketika kita berada dalam situasi sulit kita merasa terbebani oleh banyaknya pikiran yang ada dalam otak kita. Biasanya pikiran negatif muncul bahwa diri kita adalah korban yang harus menanggung semua resiko yang membuat kita sulit untuk merasa bahagia. Untuk itu stop berpikir negatif walaupun kita belum tahu apa yang akan terjadi didepannya.

5. Stop memaksakan diri pada aturan yang tidak memberi manfaat pada diri kita

Kita harus bijak mengikuti sebuah peraturan dengan melihat tujuan dari dibuatnya aturan tersebut. Seperti dalam keseharian sering mendapati ketika kita ingin membangun pertemanan namun kita dituntut harus memiliki atribut tertentu untuk dapat begabung ke lingkaran pertemanan mereka, ketika kita tidak memiliki hal tersebut membuat diri kita menjadi berpikir rendah diri karena ada rasa cemas dalam diri akan penolakan. Dimana aturan secara tidak langsung seperti itu tidak perlu kita lakukan jika tidak memiliki kebaikan. Karena masih banyak hal yang lebih bermanfaat dibanding mengikuti hal seperti itu.

6. Stop untuk terus membuat atau menjejali diri dengan pikiran pikiran negatif dan mempercayainya

Maksud dari point keenam ini adalah ubah cara pandang kamu dengan fokus ke hal hal positif, cobalah untuk senantiasa selalu berpikiran positif terhadap suatu hal. Ketika kita dalam keadaan sedang memikirkan hal buruk pemikiran positif harus tetap ada, karena dengan berpikir positif masalah yang datang akan terasa ringan. Dan juga selalu mensyukuri nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada diri kita. Ketika kita merasa sulit untuk menghadapi tantangan percayalah kepada Tuhan, karena setiap tantangan akan ada hikmah dibaliknya yang dapat membuat kita menjadi pribadi lebih baik lagi.


Demikian cara sederhana yang dapat anda lakukan untuk menghindari pemikiran pemikiran negatif yang muncul dalam pikiran kita. Dan yang paling penting untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi tantangan yang terjadi dalam hidup kita. Selamat mencoba, semoga bermanfaat !


oleh : Dian Wahyuni


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 31/08/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3748
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11557