Articles

Aktivitas yang perlu Dilakukan bagi Mahasiswa Tingkat Akhir


Setelah mengikuti jalannya perkuliahan dikampus tentunya kita tidak akan terus menerus berstatus menjadi mahasiswa selamanya . Kita akan menghadapi ujian tahap akhir yaitu menyusun laporan skripsi sebagai syarat kelulusan. Untuk memanfaatkan waktu yang ada sebelum kelulusan, berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan bagi mahasiswa tingkat akhir menurut Talia Lakritz dan Ian Phillips :

1. Saat masih menjadi mahasiswa manfaatkan peran dosen yang lebih mengerti dengan bertukar pikiran, meminta saran dan nasihat mengenai karir yang perlu diambil kedepannya ataupun jika ingin melanjutkan pendidikan minta rekomendasi kampus yang bagus untuk kita daftarkan.

2. Jika ingin berencana melanjutkan pendidikan ke luar negeri ada baiknya untuk mempelajari bahasa dari negara yang akan kita tuju.

3. Melatih diri bagaimana cara menulis laporan yang baik. Sebagai mahasiswa tingkat akhir penting untuk terus latihan cara penulisan ilmiah yang baik sehingga memudahkan diri ketika melakukan skripsi nanti.

4. Manfaatkan perpustakaan yang ada di kampus karena setelah lulus kita tidak akan bisa mengakses buku buku berkualitas lagi secara gratis.

5. Menggunakan kartu mahasiswa untuk mendapatkan diskon ketika membeli makanan, tiket nonton film, tiket masuk museum, dan potongan harga lainnya.

6. Manfaatkan waktu saat masih jadi mahasiswa karena masih fleksibel untuk melakukan travelling tidak perlu pergi jauh ke luar negeri , manfaatkan pergi ketempat tempat yang ingin dikunjungi bersama keluarga ataupun sahabat.

7. Mengikuti kegiatan yang bermanfaat seperti pelatihan atau seminar seminar yang diadakan oleh pihak kampus maupun dari luar untuk menambah wawasan, relasi dan keterampilan diri (soft skill).

8. Bagi yang pada awal semester tidak mengikuti himpunan atau kegiatan kemahasiswaan mulai sekarang cobalah untuk ikut gabung karena banyak manfaat yang didapat saat kita gabung dengan kegiatan tersebut seperti melatih soft skill yang kita miliki lebih terasah lagi.

9. Menghadiri acara event- event seperti acara musik, bazar, kerajinan, pameran - pameran dimana tujuannya adalah untuk menambah relasi dan teman baru.

10. Sebelum mengakhiri status sebagai mahasiswa nikmatilah waktu yang ada sampa kelulusan nanti dengan bersenang senang dengan sahabat dan orang orang terdekat kita karena setelah memasuki dunia kerja kita akan kesulitan untuk mencari waktu untuk kumpul bersama kembali.


Nah, bisa dicoba untuk mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir dengan tips tips yang ada diatas tadi. Memanfaatkan waktu status sebagai mahasiswa dengan mencoba hal hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selamat mencoba ..


oleh : Dian Wahyuni


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 31/08/2016

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3748
  • Available Position : 40059
  • Total Jobseekers : 458589
  • Total Employer : 11556