Articles

Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Kamu Dipanggil Wawancara Kerja

Bagi kamu yang hendak ikut wawancara kerja pada sebuah perusahaan, tentu harus mempersiapkan diri secara matang. Jangan sampai ketika hari besar itu tiba, kamu malah gak siap sehingga proses wawancara pun menjadi berantakan. Nah, agar proses wawancara  yang kamu ikuti bisa berjalan lancar, jangan abaikan 5 hal berikut ini ya.

Dilansir dari Psychology Today, stres dan penyakit memiliki kaitan. Sebab, sistem endokrin dan kekebalan saling berkaitan, gangguan pada satu sisi karena tekanan fisik atau emosional biasanya menyebabkan kerusakan pada sisi yang lain. Oleh karena itu, penting untuk menghindari stres selama Ramadhan agar daya tahan tubuh terjaga. Sebab, dengan daya tahan tubuh yang tidak baik maka aktivitas Ramadhan pun akan terganggu. Perlu upaya menghilangkan stres saat berpuasa seperti dilansir dari sumber yang sama berikut :

1. Jangan sampai terlambat datang

Jika kamu telat hadir, maka perusahaan bisa memberi nilai minus padamu lantaran tidak hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan. Sebaiknya kamu hadir 30 menit sebelum wawancara dimulai. Dengan begitu kamu masih punya waktu untuk bersiap-siap sebelum dipanggil wawancara. Ingatlah, hadir lebih awal tidak akan merugikanmu, justru kamu lebih rileks saat tiba waktu wawancara.

2. Jangan lupa bawa CV dan berkas penting dalam bentuk hardcopy

Biasanya saat wawancara kerja tiba,perusahaan akan meminta berkas Curriculum Vitae (CV) dan juga berkas-berkas penting lainnya dalam bentuk hardcopy. So, untuk jaga-jaga dan biar kamu lebih siap menghadapi wawancara, jangan lupa selalu membawa CV dan berkas penting lainnya.

3. Bawa juga sertifikat yang pernah kamu peroleh sebagai data penunjang jika diminta saat wawancara

Pada sesi wawancara, terkadang pihak perusahaan menanyakan soal kariermu sebelumnya dan apa saja prestasi yang pernah kamu peroleh. Untuk itu tidak ada salahnya membawa data pendukung agar perusahaan bisa melihatnya langsung. Misalnya, kamu melamar sebagai editor naskah novel di sebuah perusahaan penerbit, sebaiknya kamu juga membawa berkas-berkas penting seperti sertifikat bahwa kamu pernah menjadi juara penulisan karya fiksi atau sertifikat pendukung lainnya.

4. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak berbelit-belit saat wawancara

Gunakan bahasa yang sopan dan tidak berbelit-belit. Jangan lupa untuk tetap rileks dan tidak gugup. Dengan demikian, perusahaan akan menilai bahwa kamu siap untuk bekerja. Jika kamu menggunakan bahasa yang tidak sopan atau bahasa informal saat wawancara, perusahaan mungkin akan berpikir ulang untuk memberimu pekerjaan. Sebab tutur bahasa menjadi poin penting bagi perusahaan dalam mencari pekerja yang tepat.

5. Pakai pakaian yang rapi

Rasanya sudah menjadi rahasia umum bahwa pakaian ikut menentukan dirimu layak atau tidak menjadi pekerja pada sebuah perusahaan. Jangan sampai kamu mengenakan pakaian yang tidak sopan atau tidak formal saat mengikuti sesi wawancara ya. Untuk itu gunakan pakaian yang rapi dan tidak mencolok. Beri kesan terbaik bagi perusahaan yang sedang menilaimu. Demikianlah 5 hal yang jangan kamu abaikan saat wawancara kerja ya. Ingatlah, sebelum wawancara dimulai, jangan lupa berdoa pada Sang Maha Pencipta agar kamu mendapatkan kemudahan selama proses wawancara. Semoga berhasil!

Sumber : https://www.idntimes.com/life/career/anggita-rezki-a/jangan-abaikan-5-hal-ini-saat-kamu-dipanggil-wawancara-kerja-c1c2/5

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/06/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10855
  • Available Position : 40782
  • Total Jobseekers : 495482
  • Total Employer : 11769