Articles

BEKALI DIRI KEMBALI BEKERJA DI MASA NEW NORMAL

Oleh : Ira Setyawati

Virus Corona atau COVID-19 memberikan dampak cukup besar baik Indonesia. Yang paling nyata, virus ini mengubah cara manusia menjalani rutinitas atau new normal. Sejak virus ini menjangkit di Indonesia, seluruh kegiatan di tempat umum ditiadakan. Seluruh aktivitas dibatasi dengan memberlakukan physical distancing seperti sekolah dan bekerja dari rumah (Work From Home). Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa implementasi new normal akan dijalankan. Bahkan beberapa perusahaan juga sudah meminta karyawannya untuk kembali ke kantor. Bagaimana dengan kantor Anda? Sudah siapkah Anda untuk kembali bekerja di kantor?

Sebelum kembali ke kantor, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam new normal atau tatanan hidup baru ini. Barang-barang ini akan melindungi dari paparan virus Corona yang masih mengintai saat harus beraktivitas di luar rumah.

1. Masker

Masker adalah alat paling vital yang perlu Anda gunakan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum dan kantor karena alat ini dapat mencegah droplet masuk ke mulut dan hidung Anda. Ada berbagai jenis masker yang dapat digunakan salah satunya adalah masker kain. Gunakanlah masker tersebut paling lama 3-4 jam, dan bawalah beberapa cadangan masker dalam tas anda.

2. Hand sanitizer

Sedia selalu hand sanitizer dalam tas Anda, jika Anda tidak bisa menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan sabun seperti di dalam bus atau kereta. Belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen untuk membersihkan tangan Anda dari virus dan bakteri secara efektif.

3. Face shield atau kacamata

Apabila menggunakan transportasi umum, bekali diri Anda dengan menggunakan Face Shield sebagai perlindungan wajah untuk melindungi mata Anda dari droplet penyebab virus corona dan partikel berbahaya lainnya. Namun, apabila Anda tidak percaya diri dapat menggunakan safety googles atau kacamata biasa.

4. Topi

Penggunaan topi juga bisa mencegah Anda menyentuh rambut saat beraktivitas di luar rumah. Sebaiknya diganti dua atau tiga kali seminggu untuk menjaga kebersihannya.

5. Tisu kering dan basah

Tisu merupakan barang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang dan permukaan di sekitar Anda. Tisu kering dapat digunakan untuk mengeringkan tangan Anda setelah mencuci tangan. Sementara tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang-barang dan permukaan tertentu, seperti meja, dudukan toilet, dan semacamnya.

6. Uang elektronik atau dompet online

Sebagai alternative pembayaran dan mengurangi perpindahan tempat virus/bakteri, Anda bisa menggunakan uang elektronik atau dompet online sebagai metode pembayaran sementara, baik itu di stasiun, halte, maupun di berbagai tempat lainnya.

7. Peralatan makan

Membawa peralatan makan sendiri dapat meminimalisir potensi penyebaran virus corona yang bisa menempel pada permukaan benda-benda tersebut selama berhari-hari.

8. Peralatan ibadah

Hindari penggunaan alat ibadah bersama yang biasa digunakan di kantor/tempat umum lainnya. Bagi Anda yang beragama Islam, bawalah peralatan ibadah sendiri, baik itu sajadah ataupun mukena.

9. Helm

Khusus Anda yang menggunakan transportasi ojek online sehari-hari, sebaiknya Anda membawa helm sendiri. Dengan membawa helm sendiri, Anda bisa memastikan kebersihan dan keamanannya tanpa perlu dihantui kekhawatiran akan helm yang digunakan.

Melalui persiapan yang maksimal, Anda bisa meminimalisir penularan virus corona saat mengarungi new normal. Jangan lupa tetap menjalankan protocol kesehatan lainnya seperti social distancing dan mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda saat kembali beraktivitas di luar rumah.

Semangat selalu ya Binusian.!!!

Sumber dari:
Rachman, A. (2020). Kembali Bekerja saat New Normal, Bekali Diri dengan Barang-barang Ini. Diambil dari https://www.sehatq.com/artikel/kembali-bekerja-saat-new-normal-bekali-diri-dengan-barang-barang-ini
Nn. (2020). Panduan Kembali Bekerja di Kantor dengan Aman saat New Normal. https://www.talenta.co/blog/administrasi-hr/panduan-kembali-bekerja-di-kantor-dengan-aman-saat-new-normal/

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/06/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10855
  • Available Position : 40782
  • Total Jobseekers : 495482
  • Total Employer : 11769