Articles

Work From Home Tetap Produktif dengan 5 Tips Singkat Ini

Bisa bekerja dari rumah mungkin pernah jadi keinginan banyak orang. Siapa yang menyangka sudah satu bulan lebih kita semua kerja dari rumah. Awalnya mungkin terasa menyenangkan untuk berleha-leha di rumah, namun ternyata semakin lama semakin sulit untuk me-manage waktu yang terasa singkat. Sounds familiar?

Bagi yang tidak terbiasa bekerja dari rumah, pastinya situasi ini memiliki tantangan tersendiri ya. Nah, bagaimana jika sesuatu yang tadinya menyenangkan justru berbalik menjadi hal yang membosankan bahkan menurunkan produktivitas kita? Berikut tips-tips yang bisa Binusian terapkan untuk menjadi lebih produktif.

Buatlah dirimu lebih semangat di pagi hari

Bangun lebih pagi bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk memulai harimu. Mengingat himbauan kesehatan untuk melawan COVID-19, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berjemur sambil pemanasan atau olahraga singkat. Hitung-hitung meningkatkan imunitas kita selama masa work from home ini. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan membereskan tempat tidur, mandi dan sarapan. Supaya feel kerjanya lebih terasa, cobalah berpakaian dan berdandan seperti saat kamu bekerja di kantor.

Ciptakan suasana kerja yang kondusif

Bekerja sambil menonton TV tentu tidak efektif bukan? Hal yang akan terjadi justru kamu jadi salah fokus dan salah prioritas. Alangkah baiknya jika kamu memiliki spot khusus untuk bekerja. Kamu bisa menjauhkan diri dari segala macam distraksi. Ciptakan suasana ketika kamu bekerja di kantor atau saat kamu kuliah. Jangan lupa untuk membersihkan meja kerjamu, lalu siapkan barang-barang yang memang kamu butuhkan selama bekerja, seperti koneksi internet yang stabil, laptop/computer, smartphone, charger, headset, notebook, dan alat tulis. Jika ada hal-hal tambahan yang perlu kamu ingat, sticky notes bisa menjadi salah satu tools pelengkap yang menunjang produktivitas kamu.

Set target-target harian

Agar kamu lebih fokus dalam menyelesaikan tugas, cobalah untuk membuat target harian dalam bentuk to-do-list. Jabarkan hal-hal yang menjadi prioritas kamu dalam satu hari ini dan selesaikan terlebih dulu. Kamu bisa melakukan hal-hal yang tidak terlalu mendesak setelahnya. Usahakan untuk menyelesaikan to-do-list kamu hari itu juga. Cobalah untuk tidak menunda pekerjaan, namun jangan lantas memaksakan diri ya. Ingat, masih ada hari esok.

Komunikasikan jadwal kerja

Pastinya akan sangat tidak nyaman ketika ditengah meeting, ada suara vacuum yang berisik, atau bisa saja tiba-tiba mama memanggil kamu karena ingin minta diantarkan ke pasar. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, sebaiknya beritahukan kepada anggota keluarga yang lain mengenai jadwal kamu. Untuk melawan lupa, alangkah baiknya kalau kamu menuliskan informasi jadwal kamu di sticky notes, lalu ditempelkan di papan pengumuman atau di perabot yang biasa dilihat oleh anggota keluarga yang lain, misalnya: kulkas dan di depan pintu kamar mandi.

Hal ini tentunya juga berlaku untuk pekerjaan dan kuliahmu. Bukan tidak mungkin kamu mengalami koneksi internet yang labil atau bahkan mati lampu ketika bekerja atau bahkan ketika kuliah online sedang berlangsung. Atau mungkin kamu memiliki keperluan pribadi yang mengharuskan kamu untuk keluar rumah. Pastikan untuk mengomunikasikan kondisimu kepada atasan dan rekan kerjamu atau dosen dan teman kuliahmu. Di saat-saat seperti ini, kamu harus berterus terang dan menginformasikan pihak-pihak yang berkaitan sesegera mungkin agar orang lain tidak berpikiran negatif dan berasumsi.

Jangan lupa istirahat

Dikutip dari CNN, Robert Eric Robertson, Direktur Edukasi Terapi Fisik di Kaiser Permanente of Northern California dan Juru Bicara American Physical Therapy Association mengatakan bahwa tubuh manusia tidak dirancang untuk terus-menerus ada di posisi yang sama. Jika hal itu terjadi dapat menyebabkan tekanan pada jaringan tubuh. Bukan tanpa sebab kalau setelah kamu duduk berjam-jam menatap layar laptop, tubuh kamu terasa pegal, lemas, dan tidak segar. Nah, manfaatkan momen titik jenuh ini untuk beristirahat. Ada baiknya kamu keluar rumah, berjalan-jalan sebentar menghirup udara segar. Sekedar meluangkan waktu untuk makan camilan, ngobrol atau main dengan si kecil tentu juga dapat menyegarkan otak, sebelum kembali bekerja.

Nah, berikut tips-tips untuk lebih produktif selama work from home. Masa-masa ini tentunya merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orang. Temukan strategi terbaik kamu dan lakukan tips-tips di atas secara konsisten agar semakin produktif selama masa work from home. Jaga semangat kamu dalam menghadapai fase new normal.

Sumber :

8 tips to create a work or study at-home schedule. (2020, March 24). Retrieved from https://www.wgu.edu/blog/8-tips-work-study-at-home-schedule2003.html
Tips for remote working from the Student Engagement & Career Development Center. (2020, April 24). Retrieved from https://www.wildcat.arizona.edu/article/2020/04/n-tips-for-remote-working
Mathur, S. (2020, March 29). 10 Tips To Stay Productive While Studying At Home. Retrieved from https://blog.collegevine.com/tips-to-stay-productive-while-studying-at-home/
Kertopati, L. (2016, April 11). Manfaat Kesehatan Duduk Tegak. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160411143447-255-123129/manfaat-kesehatan-duduk-tegak

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/06/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10855
  • Available Position : 40782
  • Total Jobseekers : 495482
  • Total Employer : 11769