Articles

Sertifikasi: Definisi serta Manfaatnya pada Dunia Kerja

Saat ini, persaingan individu di pasar kerja berjalan dengan sengit. Banyak orang berlomba-lomba untuk mengisi 1 posisi di perusahaan secara bersamaan. Dengan mengetahui keadaan tersebut, sudah seharusnya kita meyadari bahwa sudah waktunya untuk menambah ‘nilai’ kita di pasar kerja. Adapun salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengikuti program sertifikasi. Sertifikasi adalah suatu kredensial yang seseorang dapatkan untuk menunjukkan orang tersebut memiliki skill atau pengetahuan yang spesifik. Biasanya, sertifikasi ditawarkan oleh organisasi professional atau perusahaan yang memiliki spesialisasi pada suatu bidang atau teknologi. Selain menambah ‘nilai’ diri kita saat memasuki pasar kerja, sertifikasi pun memiliki banyak manfaat lainnya. Secara lebih jelas, di bawah ini akan dijelaskan 6 manfaat dari mengikuti program sertifikasi:

Memiliki skill dasar yang dibutuhkan di dunia kerja

Menyelesaikan sertifikasi professional memberikan kesempatan untuk mengalami bagaimana kehidupan di dunia kerja saat ini. Hal ini dapat terjadi karena pada program sertifikasi, seseorang akan diberikan instruksi dan diminta untuk melakukan instruksi tersebut dengan benar sehingga dapat lulus ujian sertifikasi di akhir. Pola tersebut meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis, pemecahan masalah, serta memprioritaskan informasi yang didapatkan yang nantinya akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Pembeda dengan kompetitor di pasar kerja

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada pendahuluan, saat ini pasar kerja berjalan dengan sengit. Seringkali banyak orang memperebutkan 1 posisi dalam waktu bersamaan. Ketika kalian memiliki sertifikasi dan orang lainnya tidak, hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi kalian untuk mendapatkan posisi tersebut.

Mengantarkan individu ke career path spesifik

Sertifikasi memberikan kesempatan kalian untuk memperdalam suatu cabang dari ilmu yang kalian pelajari. Apabila kalian sudah mengetahui secara spesifik apakah goal atau posisi yang kalian inginkan di masa depan, sertifikasi dapat memberikanmu kesempatan lebih besar untuk mendapatkan posisi spesifik tersebut.

Memberikan kesempatan untuk berhubungan dengan komunitas baru

Dengan mengikuti sertifikasi, kalian akan secara bersamaan mendapatkan 2 komunitas baru, yaitu orang-orang yang juga mengikuti sertifikasi dan orang atau organisasi yang mengadakan sertifikasi. Dengan masuk ke dalam komunitasi ini, kalian akan mendapatkan rekan yang memiliki bidang dan ketertarikan yang sama, sehingga kalian bisa saling bertukar informasi mengenai bidang yang kalian dalami tersebut.

Membentuk diri sebagai continuous learner

Adapun salah satu karakteristik yang paling dicari perusahaan pada karyawannya adalah ‘continous learner’, bahwa individu tersebut terbuka akan pengalaman dan ilmu baru yang dapat membantu dirinya berkembang menjadi lebih baik. Ketika kalian mengikuti program sertifikasi, hal ini akan memberikan kesan kalian adalah individu tidak berhenti mempelajari hal baru.

Meningkatkan peluang untuk mendapat gaji yang lebih tinggi

Tidak hanya membuatmu lebih menonjol dibandingkan kandidat lain yang tidak memiliki sertifikasi. Memiliki sertifikasi pun memberikanmu peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi karena kalian dinilai sebagai seseorang yang berkomitmen tinggi dan bersedia untuk menginvestasikan waktu hingga biaya untuk masa depan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa sertifikasi adalah hal yang penting untuk dimiliki seseorang saat ini. Oleh karena itu, mulailah untuk memetakan bidang atau profesi yang ingin kalian perdalam di masa depan dan carilah sertifikasi yang akan mendukung kalian dalam mendapatkannya. Saat ini, sangat banyak organisasi, perusahaan, hingga platform yang menyediakan sertifikasi secara offline ataupun online, berbayar hingga gratis. Oleh karena itu, pergunakanlah kesempatan tersebut sehingga dapat mencapai mimpi kalian di masa depan.

Disusun Oleh: Ni Made Rai Kistyanti, M.Psi., Psikolog

Sumber:
Career Quest. (2015, May 26). GETTING CERTIFIED – 4 REASONS WHY IT’S IMPORTANT. Retrieved from Career Quest Learning Center: https://www.careerquest.edu/blog/4-reasons-to-get-certified/ diakses pada 23 Juni 2020

Careeronestop. (n.d.). Certification. Retrieved from Career One Stop: https://www.careeronestop.org/FindTraining/Types/certifications.aspx diakses pada 23 Juni 2020

Konopelko, D. (2020, March 03). The Value of Professional Certifications for Secondary Education Students. Retrieved from EdTech Focus on K-12: https://edtechmagazine.com/k12/article/2020/03/value-professional-certifications-secondary-education-students diakses pada 23 Juni 2020

Reiling, J. (n.d.). TOP 10 BENEFITS TO EARNING A CERTIFICATION. Retrieved from Project Smart: https://www.projectsmart.co.uk/top-10-benefits-to-earning-a-certification.php diakses pada 23 Juni 2020

Uploaded By : Albert Henderson
Last Update : 26/06/2020

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 10855
  • Available Position : 40782
  • Total Jobseekers : 495482
  • Total Employer : 11769