Articles

Cara Menghadapi Rekan Yang Sok Tahu!!

Berbicara dengan rekan kerja yang wawasannya luas emang asyik. Kita bisa ngobrolin apa aja sekaligus bisa bertanya hal-hal yang nggak kita tahu. Tapi gimana kalo bicara dengan rekan yang sok tahu? Biasanya orang yang sok tahu gemar sekali berbicara. Dalam setiap pembicaraan dengan siapapun ia hampir selalu mendominasi. Dan parahnya banyak juga isi pembicaraannya yang ngelantur alias salah.

Biasanya pendengarnya lama-lama akan merasa gerah dan nggak betah mendengarkan obrolannya. Paling tidak, kamu juga akan gemas mendengar obrolannya, sementara kamu tahu apa yang diucapkannya bukanlah informasi yang benar. Dan ujung-ujungnya mau meralat ucapannya bahwa itu nggak bener. Tapi sebelum menyangkal ucapannya, ada yang perlu kamu ketahui, tak ada satu orang pun di dunia ini yang suka disalahkan. Sekalipun orang itu sadar bahwa dirinya salah.

Makanya jika ingin meralat atau membenarkan ucapan seseorang ada cara tersendiri. Kamu tidak bisa memvonisnya dengan mengatakan, Kamu salah..!. kamu harus bisa berkompromi dengan situasi dan kondisi yang ada. Jika masalahnya cukup sepele, tidak perlu ngotot menjadi si juru benar. Dalam obrolan yang ringan, kamu tidak usah menampakkan wajah serius untuk meralat ucapannya. Berikut ini tips meralat ucapan yang salah:

Jika rekan kamu mengucapkan informasi yang salah, jangan langsung menyalahkannya. Tarik nafas sejenak. Biarkan rekan kamu selesai bicara. Nah jika ingin meluruskan, mulailah dengan ucapan,..Setahu saya begini. Kalimat ini mengesankan kamu tidak berlagak seperti orang yang paling tahu. Berbeda jika anda mengucapkan, Kamu salah besar, seharusnya begini. Kalimat ini menandakan kamu orang yang tidak luwes dan tidak kompromis menghadapi suatu kondisi.

Jika ia berulang kali mengucapkan informasi yang salah, cukup tiga kali meralatnya. Lebih dari itu, kamu akan dicap sebagai orang sok sempurna dan tidak bisa menerima kekurangan orang lain. Batasi sikap menyalahkan anda. Selebihnya, lupakan saja obrolannya. Nggak perlu diresapi apalagi diambil hati.

Bersikaplah rileks setiap rekan kamu itu ngajak ngobrol. Jangan menampakkan wajah tidak suka dan antipati. Jika kamu selalu tampil sebagai juru benar di hadapannya, obrolan pun menjadi tegang dan sama sekali tidak menyenangkan.

Jika kamu sudah nggak tahan dengan obrolannya yang konyol dan banyak kebodohan yang ditampilkannya, nggak perlu sewot. Sudahi obrolan dengan mengambil sikap yang paling natural. Misalnya dengan mengatakan anda ada kerjaan, pengin ke kamar kecil, dll.

Pada intinya kepandaian kamu menghadapi setiap orang dengan karakter yang berbeda, merupakan modal bagi kamu untuk merentangkan networking dan memperluas pergaulan. Kondisi ini jelas akan menguntungkan kamu. Bukankah untuk sukses dalam karir juga dibutuhkan keluwesan bergaul..? Termasuk di dalamnya bisa menghadapi orang yang paling sok tahu sekalipun.

Edited by: Dwicahyo Ekagatta Citta


Sumber: https://artikelduniakerja.wordpress.com/2010/03/05/menghadapi-rekan-sok-tahu/


Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 11/07/2018

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 3599
  • Available Position : 38407
  • Total Jobseekers : 376849
  • Total Employer : 11251