Articles

LINKEDIN What It Takes for a Young Professional to Get Hired Today


Semasa tumbuh dewasa, saya ingat saat saya bekerja keras untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Tapi di sisi lain, saya juga tetap mencemaskan apa yang sebenarnya harus saya lakukan untuk mendapatkan pekerjaan nanti. Saya mengerjakan sejumlah pekerjaan serabutan demi memiliki keterampilan yang berharga, dan meskipun pengalaman tersebut berarti, namun sebenarnya tidak berarti banyak. Mengembangkan soft skills itu sesungguhnya hal yang sama pentingnya demi karir saya di masa depan.

Tapi sebenarnya soft skills seperti apa yang dicari perusahaan dari calon karyawan baru? Pertanyaan ini terus menimbulkan kegelisahan pada setiap calon karyawan baru. Sebagai seorang researcher (peneliti) di LinkedIn, saya ingin menemukan jawabannya demi membantu para fresh graduate diterima bekerja di perusahaan. Jadi, tim kami melakukan survey kepada lebih dari 1.400 manager rekrutmen dari perusahaan-perusahaan Fortune 500 di USA untuk mengurutkan keterampilan (skills) dan sifat/kepribadian (personality traits) seperti apa yang mereka anggap paling penting dalam merekrut karyawan baru (yang memiliki pengalaman kerja 0-3 tahun).

Ternyata, dengan menampilkan keterampilan dan sifat/kepribadian yang sesuai dengan tuntutan posisi kerja ataupun perusahaan, dapat membuat kamu bertahan lebih lama dalam mengikuti proses perekrutan. Keterampilan dan sifat/kepribadian apa saja yang dimaksud?

Keterampilan

Keterampilan paling utama yang dicari seorang manager rekrutmen dari setiap calon karyawan baru adalah problem-solving (penyelesaian masalah, atau menemukan solusi saat dihadapkan dengan tantangan) dan good learner (mempelajari keterampilan baru dengan cepat)

Sifat/kepribadian

Hasil survey menunjukkan bahwa manager rekrutmen mencari karyawan baru yang collaborative (dapat bekerja sama), hard worker (pekerja keras), dan memiliki sikap positif. Sifat/kepribadian ini dianggap lebih penting daripada penuh semangat, memiliki keteraturan kerja, memiliki keuletan, atau bahkan potensi kepemimpinan. Bukan berarti keempat sifat/kepribadian yang disebutkan terakhir ini tidak penting, namun keempat sifat/kepribadian ini dipandang kurang penting daripada bekerja sama dengan orang lain, memiliki etika kerja yang baik, dan sikap yang baik. Biarpun demikian, tetap saja satu posisi kerja yang berbeda akan menuntut keterampilan dan sifat/kepribadian yang berbeda juga. Misalnya:

- Sales: Yang diutamakan adalah komunikasi verbal yang baik dan sikap positif

- Marketing/PR: Kreativitas, semangat kerja, dan komunikasi tertulis adalah hal yang dipandang sangat penting

- Konsultan: Harus memiliki keterampilan analisa dan komunikasi tertulis yang baik

Jadi ingat-ingat ya. Ketika kamu sedang mencari pekerjaan, hal yang paling penting adalah memperlihatkan keterampilan dan sifat/kepribadian yang disebutkan di atas selama proses interview. Maka kamu akan semakin mendekati pekerjaan impian kamu!

Sumber: http://blog.linkedin.com/2014/10/10/what-it-takes-for-a-young-professional-to-get-hired-today/

Penulis: Allison Schnidman (special thanks to Merry Djimin for sharing this article :-) ) Penerjemah: Dian Kartikasari Binus Career Consultant

Uploaded By : Nurlianti Auliani
Last Update : 28/07/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 1100
  • Available Position : 40779
  • Total Jobseekers : 537696
  • Total Employer : 11780