Articles

Mengenal Diri Sendiri


Setelah lulus kuliah, saatnyalah kamu mulai berkarir. Dan dalam menjalani karir, pastinya gampang-gampang susah. Pernahkah dengar quote: Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life?

Quote ini benar, lho. Dengan mengerjakan pekerjaan yang disukai, hati terasa lebih tenang dan ringan. Tugas yang berat tidak akan terasa sebagai beban. Kenapa demikian? Sebenarnya jawabannya gampang saja. Ini semua terkait persoalan hati. Sama seperti saat kamu menyukai seseorang, di mana seburuk dan sejelek apapun apa kata orang, pasti tidak akan kamu pedulikan :)

Demikian pula dengan pekerjaan. Jika kamu menyukai dan mencintai pekerjaan kamu, maka tugas yang ada tidak akan terasa berat. Tugas yang sebenarnya berat sekalipun, sehingga tetap terasa ringan.

Dengan demikian, supaya dapat merasa nyaman dan menikmati karir, maka kamu perlu tahu bidang yang kamu sukai. Dan untuk mengetahui hal ini, hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah mengenal diri sendiri. Cari tahu dan dalami mengenai diri sendiri. Kamu mungkin ada yang berpikir, Kalau tentang diri sendiri, ya pastinya sayalah yang paling tahu. jadi tidak perlu lagi yang namanya mengenal diri sendiri.

Ungkapan tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang benar seharusnya kamu yang paling tahu mengenai diri kamu sendiri. Namun ada kalanya kamu merasa bingung, tidak dapat membuat keputusan mengenai sendiri. Kamu akan membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk membuat keputusan bidang apa yang sebaiknya kamu tekuni. Bagaimana caranya untuk mengenal diri sendiri? ada beberapa cara assessment yang dapat kamu lakukan:

Number One
Ada banyak macam assessment psikologis yang bisa kamu ikuti. Di Binus Career Center ini sendiri, kami menyediakan layanan psikotes yang dinamakan Personality Assessment khusus untuk Binusian aktif dan alumni. Melalui layanan Personality Assessment ini, kamu akan mendapat gambaran mengenai kemampuan berpikir, sikap dan cara kerja, kepribadian, bidang kerja yang sesuai berdasarkan hasil psikotes dan minat, serta saran-saran pengembangan diri yang dapat kamu lakukan.

Number Two
Binus University dan Binus Career center juga mengembangkan kuesioner self-assessment yang dinamakan 6 key soft skills profiling. Seperti yang sudah diketahui khalayak ramai, untuk memasuki dunia kerja dibutuhkan perpaduan technical skills dan soft skills. Peduli terhadap kualitas soft skills lulusannya, maka Binus University merangkum sejumlah soft skills yang diutamakan di dunia kerja. Bagi yang ingin tahu gambaran 6 key soft skills profiling-nya, silahkan datang ke ruang Binus Career Center di Binus University kampus Anggrek ruang 208 untuk daftar dan mengikuti profiling.

Number Three
Ada banyak juga self-assessment-based-on-reliable-theory di internet yang bisa kamu coba. Misalnya, temubakat.com/st30/ yang dikembangkan berdasarkan teori strength typology dari Gallup. Melalui assessment ini, kamu akan mengetahui bidang apa saja yang menjadi kekuatan kamu.

Number Four
Dan masih banyak lagi.

Silahkan dicoba ya :)


BINUS Career Consultant
Dian Kartikasari

Uploaded By : Aziz Rasyidin
Last Update : 02/07/2015

Printer Friendly Version

Email this to a friend

User Login

 
 
 

Not Registered yet?

Our Services

Binuscareer Profile

  • Active JobSeekers : 4010
  • Available Position : 40325
  • Total Jobseekers : 472958
  • Total Employer : 11651